Yuk Kenali Jenis Makanan Sehat untuk Kucing Persia

Ada banyak jenis makanan kucing persia yang dijual di pet shop. Makanan ini tentu saja sudah lolos uji kelayakan dan mengandung nutrisi yang baik untuk tumbuh kembang kucing anda. Seperti halnya kucing peranakan jenis lain, kucing persia memiliki beberapa pilihan makanan yang dapat anda coba suguhkan. Memilih makanan untuk kucing kesayangan anda bisa dikatakan cukup mudah. Terdapat banyak merek ternama yang memproduksi berbagai jenis makanan bagi kucing spesial ini.

Jadwal makan kucing sebaiknya rutin dilakukan setiap hari pada jam yang sama agar menjadi suatu kebiasaan. Anda bisa memberikan makan dua kali sehari pada pagi dan sore hari. Meskipun terdapat banyak makanan kemasan bagi kucing anda, jika memungkinkan ada baiknya anda membuat makanan sendiri di rumah untuknya. Hal ini ditujukan agar anda tidak khawatir dengan kandungan makanan serta nutrisi di dalamnya.

Pastikan anda memakai bahan baku dari daging-dagingan, gandum-ganduman dan tentu saja sayuran. Layaknya mempersiapkan makanan untuk manusia, cara memasaknya juga perlu diperhatikan. Jangan sampai anda memasaknya terlalu lama karena akan merusak kandungan nutrisi dalam makanan.

Tidak lupa pula untuk memperhatikan kandungan nutrisi pada makanannya sebab ada nutrisi khusus yang dibutuhkan oleh kucing. Nutrisi tersebut biasanya mengandung protein tinggi minimum 25%. Bila lebih dari itu maka lebih baik. Dari segi kandungan lemak dan magnesium harus rendah. Begitu pun dengan kandungan ph atau kelembapan sebab pencernaan kucing memiliki derajat asam tinggi. Taurin, asam arakidonat dan serta vitamin mineral seperti vitamin A, B 12, Niacin dan Tiamin juga sangat dibutuhkan oleh kucing.

kucing makan di dalam kalengJika anda tidak sempat membuat makanan sendiri bagi kucing anda, belilah makanan kalengan atau kemasan yang sesuai budget. Tidak ada salahnya juga bila dikonsultasikan terlebih dahulu kepada dokter hewan, atau berdiskusi kepada peternak kucing tentang jenis makanan apa yang terbaik untuk kucing anda. Hal tersebut lumayan penting karena setiap makanan berbeda variasinya yang dapat menunjang tingkat keaktifan si kucing; jadi kucing yang aktif akan lebih banyak membutuhkan makanan dibandingkan kucing yang kurang aktif. Jangan lupa juga untuk selalu menyediakan air minum agar kucing tidak dehidrasi.

BACA JUGA  Cara Merawat Anakan Kucing Anggora dengan Mudah

Jenis Makanan

Makanan mentah banyak disarankan oleh pemerhati kucing ataupn dokter hewan karena merupakan makanan alami. Makanan ini sangat mudah disiapkan dengan memilih daging segar dan sedikit sayuran, caranya dengan mengukusnya sampai matang. Lalu cincang kecil-kecil agar mudah masuk dan dikunyah. Banyak yang meyakini cara ini baik untuk kucing karena lebih alami terlebih mengingat kucing adalah binatang karnivora.

Selain makanan mentah alami yang dibuat sendiri, ada juga makanan kering. Makanan ini sering dipilih oleh pemilik kucing yang merupakan makanan kucing jenis sereal. Anda akan sangat mudah menemukannya di pet shop. Sebelum membeli jangan lupa untuk meneliti kandungan nutrisi yang diperlukan kucing biasanya tertera di kemasannya.

Jenis makanan kucing selanjutnya adalah makanan basah. Makanan ini biasanya dalam berbentuk kornet dan sangat disukai anak kucing atau kitten yang belum bisa makan makanan kering karena giginya yang masih belum kuat. Ini juga biasa digunakan untuk memancing nafsu makan kucing agar mau makan dengan cara mencampur makanan kering dan basah.

Makanan Kaleng

makanan kucing kalengBeberapa alternatif makanan kaleng untuk kucing anda bisa ditemui juga di pet shop. Bila anda masih bingung menentukan pilihannya, yuk kita simak ada apa saja jenisnya.

Ada makanan kaleng super yang mengandung lebih banyak grain atau butir padi dan gandum. Lain halnya dengan makanan kering super premium bebas butir padi yangmengandung daging dan sama sekali tidak mengandung grain. Kandungan lemak dalam makanan ini terhitung sedang tetapi yang terpenting mengandung rendah karbohidrat dan memiliki protein tinggi.

BACA JUGA  Tips Mencari Makanan Kucing yang Bagus dan Murah

Lain lagi dengan makanan kaleng ultra premium memiliki sedikit sekali butir padi, tidak menggunakan pengawet, rendah karbohidrat dan bahan utamanya adalah daging dengan kualitas daging yang setara dengan kualitas daging untuk dikonsumsi manusia.

Makanan kaleng premium juga menggunakan produk daging yang digunakan sebagai sumber protein. Makanan ini memiliki jumlah grain yang banyak dari daging. Namun anda perlu mempertimbangkan penggunaan makanan jenis ini karena makanan jenis ini mengandung pengawet kimiawi.

Rekomendasi Produk

Ada beberapa produk makanan kucing yang terkenal di kalangan pemelihara kucing persia. Yang pertama adalah merek Friskies. Dari segi harga, produk ini lumayan terjangkau. Meski terjangkau kandungannya tetap bergizi seimbang. Namun anda perlu waspada ya karena selidik  punya selidik ada sedikit kontroversi dari kandungan bahannya ditandai dengan ada beberapa kucing yang merasa tidak cocok dengan produk makanan ini.

Berikutnya ada produk Whiskas yang hampir sama dengan Frieskies. Dari segi ukuran Whiskas bentuknya lebih  kecil dari Friskies sehingga si kucing yang sedang bermasalah dengan pencernaan bisa langsung menelan. Whiskas punya kelebihan lain yakni memiliki kelembapan yang lebih bila dibandingkan dengan Frieskies yang agak kering .

Jika dibandingkan dua produk sebelumnya, produk Royal Canin sering direkomendasikan oleh banyak dokter hewan karena diyakini dapan mencegah kerontokan bulu kucing. Mengingat kucing peranakan jenis persia ini bulunya memang mudah rontok disebabkan suhu Indonesia yang tropis.

Yang terakhir adalah produk Pro Plan. Seperti halnya Royal Canin, produk ini juga sangat direkomendasikan oleh dokter hewan. Meskipun harganya tidak semahal Royal Canin, produk ini unggul dalam menggemukan kucing yang terlalu kurus, kurang gizi atau mungkin malnutrisi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *