Tips Merawat Kucing Persia

Kucing persia adalah satu jenis kucing yang banyak diminati oleh para penggemar kucing, komitmen untuk merawat kucing persia di rumah tentu saja tidak mudah karena kucing ini membutuhkan perawatan khusus. Dalam merawat kucing persia dibutuhkan kecakapan dan kesabaran, tentu saja cara perawatan kita terhadap kucing persia akan berdampak terhadap kucing tersebut, apabila perawatan kucing persia dilakukan dengan baik, maka kita pun akan memperoleh tampilan kucing yang cantik dan tentunya sehat.

Kucing persia identik dengan bulu yang panjang, kebanyakan penggemar kucing kemungkinan memilih kucing persia sebagai hewan peliharaan adalah karena bulunya yang panjang dan berpotensi menjadi indah ketika dirawat dengan baik. Merawat bulu kucing persia bisa jadi merupakan perawatan yang harus difahami oleh semua penggemar kucing ini, cara merawat bulu kucing ini juga lumayan mudah, hanya dengan mencegah bulu tetap kusut dengat menyisir bulunya paling efektif dua kali sehari, jenis sisir yang digunakan juga tidak sembarangan, biasanya diperoleh di petshop atau menggunakan sisir yang terbuat dari logam.

Selain bulu, kucing persia juga dikenal memiliki bagian tubuh lain yang sangat perlu perawatan khusus, bagian-bagian tersebut adalah mata, kuku, gigi, dan telinga. Bagian-bagian pada tubuh kucing persia ini membutuhkan perawatan khusus karena akan berpengaruh terhadap penampilan dan kesehatan si kucing.

mata kucing persiaMata kucing persia cenderung mengeluarkan air mata terus menerus, air mata tersebut dapat mempengaruhi bulu kucing, sehingga bulu kucing persia sering terlihat lepek dan basah. Untuk mengatasi masalah air mata kucing ini, tips nya sangat mudah, yakni sediakan tisu untuk membersihkan air mata kucing ketika keluar. Membersihkan air mata kucing persia perlu dilakukan setiap hari agar tidak menimbulkan iritasi dan mengganggu bulu.

Merawat kuku kucing persia juga penting dilakukan, hal ini untuk menjaga kecantikan si kucing dan menghindari kucing dapat mencakar anggota keluarga ataupun merusak barang-barang rumah dengan cakarannya, cara merawat kuku kucing ini juga relatif mudah, hanya dengan memotong dengan alat pemotong kuku kucing jika kukunya sudah terlihat panjang dan meruncing.

BACA JUGA  Tips Buat Kamu Saat Merawat Kucing

Gigi kucing persia juga kerap kali bermasalah, tanda ketika bermasalah adalah adanya karang gigi yang berwarna kecoklatan dan gusi memerah. Oleh karena itu, gigi kucing ini juga perlu dibersihkan secara rutin, terutama apabila pakan kucing adalah pakan yang basah, pakan ini akan berpengaruh terhadap kebersihan gigi kucing. Telinga kucing persia juga merupakan bagian yang tidak luput dari perawatan, membersihkan telinga kucing ini mesti dilakukan setiap hari, untuk menjaga kesehatan telinga kucing.

Merawat kucing persia memang membutuhkan tenaga dan kesabaran yang ekstra, namun perawatan yang baik juga akan menghasilkan kucing yang cantik dan sehat. Selain perawatan pada bagian tubuh, merawat kucing persia juga perlu memperhatikan bagian lain seperti kandang kucing, makanan, minuman, bahkan soal vaksin kucing pun harus diperhatikan.

Kandang kucing persia harus dibersihkan setiap hari, kebiasaan kucing ini adalah membuang air secara rutin dan teratur, sehingga perlu disiapkan tempat pembuangan air khusus untuk kucing ini di kandang atau di salah satu bagian rumah, agar tidak mengotori kandang dan rumah.

persian cat big

Kandang kucing persia juga harus dijaga suhu dan kelembabannya, suhu yang dingin akan mempengaruhi pertumbuhan bulu kucing persia, sehingga tumbuh lebat. Sedangkan untuk kelembaban ruangan atau kandang akan berpengaruh terhadap kuman-kuman penyakit yang ada pada bulu kucing ini.

Hal yang paling urgent diperhatikan selain bagian tubuh kucing ini adalah makanan dan minuman, sebab apa yang dikonsumsi oleh kucing akan membawa pengaruh yang sangat besar terhadap pertumbuhan dan kesehatan kucing.

BACA JUGA  Inilah 20 Langkah Jitu Memandikan Anak Kucing

Kucing persia sering kali bermasalah dengan pencernaan seperti mencret dan muntah, oleh karena itu kita perlu berhati-hati dalam memilih makanan dan minuman untuk kucing ini serta menjaga kebersihan tempat makannya. Pada umumnya, makanan yang digemari kucing persia adalah jenis makanan yang kerinh, segar, dan harum. Sedangkan untuk minuman, diupayakan minumannya adalah air matang untuk mencegah diare pada kucing persia peliharaan kita.

Kucing persia tergolong kucing yang butuh kasih sayang, bahkan dalam hal vaksin pun perlu diperhatikan. Vaksin untuk kucing mesti dilakukan untuk mencegah datangnya penyakit, penyakit ini bukan hanya berdampak terhadap kesehatan kucing bahkan bisa jadi berdampak terhadap kesehatan si pemelihara dan keluarganya.

Oleh karena itu, vaksin untuk kucing persia kita dilakukan sejak umur 2 bulan kemudian dilakukan setelah sebulan vaksin pertama, untuk vaksin selanjutnya dilakukan setiap tahun untuk menjaga kesehatan kucing persia kesayangan kita. Selain vaksin, kucing juga memerlukan obat cacing, karena kucing juga rawan terhadap penyakit cacingan. Pemberian obat cacing biasanya dilakukan setiap tiga bulan sekali.

memandikan kucing persiaBagaimana cara memandikan kucing persia juga perlu diperhatikan dalam merawat kucing persia, sama halnya dengan manusia, untuk menjaga kesegaran dan penampilannya, kucing perlu mandi. Kucing persia biasanya tidak sembarangan cara memandikannya, umunya kucing ini mandi dua minggu sekali, juga perlu diperhatikan cuaca saat memandikan kucing harus pada saat cuaca cerah.

Hal yang perlu diperhatikan dalam memandikan kucing ini adalah air yang digunakan usahakan adalah air hangat, menjaga telinga, hidung dan mata agar air tidak masuk. Penggunaan shampo untuk kucing ini juga diusahakan shampo anti bakteri dan anti kutu. Jangan memandikan kucing kesayangan kita saat sakit, akan akan mempengaruhi kesehatannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *