Tips Merawat Anak Kucing Sejak Baru Lahir

Untuk pecinta binatang, anak kucing pasti menjadi salah satu binatang favorit untuk diajak bermain. Bagi pecinta sekaligus pemelihara kucing, memiliki anak kucing yang lincah dan lucu dari induk peliharannya pasti sangat dinanti-hanti. Apalagi membantu proses melahirkan si kucing jadi pengalaman yang menegangkan sekaligus tak terlupakan.

Merawat kucing yang sudah dewasa dengan anak kucing yang baru lahir sudah pasti berbeda.  Walaupun induk kucing mempunyai naluri untuk merawat anak-anaknya, kita harus memperhatikan anak kucing yang baru lahir, sebab dalam beberapa kasus, jika sang induk mengalami tekanan/stress maka ia tidak bisa merawat anaknya (seperti menjilati anaknya, memotong tali pusar, dan menyusui anaknya). Bahkan beberapa kasus ada induk yang memakan anaknya sendiri.

kucing anakan

sumber: christiyoda.blogspot.com

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah menjaga agar suhu disekitar anak kucing yang baru lahir tetap hangat, sebab ia belum bisa beradaptasi dengan suhu dingin. Beberapa hal lain yang perlu diperhatikan berdasarkan masa-masa penting bagi anak kucing yang baru lahir, akan dibahas berikut ini.

Menjelang Kelahiran Anak Kucing

Menjelang kelahirannya, induk kucing akan membuat sebuah tempat (sarang) yang nyaman untuknya, biasanya dia mencari tempat yang tenang dan tersembunyi, hal ini dapat dimaklumi karena sudah naluriah seekor kucing betina mencari tempat yang aman untuk melahirkan, agar terhindar dari kucing atau makhluk lain yang bisa mengancam nyawa anak-anaknya.

Proses melahirkan ini akan sangat penting dan menguras banyak tenaga induk kucing, kita dapat membantunya menyiapkan tempat yang nyaman untuk melahirkan  dan menyambut anak kucing yang baru lahir, Bisa dengan boks atau kardus khusus yang diberikan alas kain lembut seperti handuk.

Saat Kelahiran

Kucing biasanya melahirkan paling sedikit 3-5 ekor anak kucing. Setelah proses melahirkan berjalan lancar, biasanya induk kucing akan segera membuka selaput plasenta yang menyelimuti anaknya dengan menjilatinya, agar anak kucing yang baru lahir ini bisa bernapas, sekaligus akan menggit tali pusar hingga lepas. Jika sang induk mengalami tekanan atau stres, biasanya ia akan mengabaikan anaknya, jika terjadi hal seperti ini, kita dapat membantu anak kucing yang baru lahir dengan segera bersihkan seluruh badannya dengan handuk atau kain yang lembut, serta memotong tali pusarnya.

BACA JUGA  Benarkah Anak Kucing Yang Baru Lahir Tidak Boleh Dipegang?

Anak kucing yang baru lahir memiliki bulu yang lembab dan basah, sekaligus belum bisa beradaptasi dengan suhu yang dingin. Sebab itu, pastikan agar suhu di sekitar anak kucing yang baru lahir ini tetap hangat. Berikan alas-alas kain pada tempat tidurnya, jika dirasa masih kurang, pasangkan lampu kecil untuk menambah kehangatan.

Masa Menyusui

  • Usia 1 hari – 2 Minggu

Setelah kita selesai membantu membersihkan si anak kucing, segera dekatkan kembali ia dengan induknya, agar sang induk menyusuinya. Dalam masa usia ini, berusahalah agar kita tidak mengganggu hubungan yang akan terjalin  antara anak kucing yang baru lahir dengan induknya. Bahkan walaupun kita hanya terlalu lama melihat atau memperhatikan anaknya, kucing akan merasa terganggu bahkan terancam.

Secara fisik, kondisi anak kucing yang baru lahir masih buta dan tuli, indra yang paling berkembang adalah penciuman dan rasa sentuhan. Untuk bisa menemukan puting susu induknya, anak kucing yang baru lahir ini akan  mengandalkan indra penciumannya dan sentuhan. Indra pendengaran pada anak kucing yang baru lahir akan aktif berfungsi sekitar hari ke-5 usianya. Dan mata mulai terbuka pada usia 7- 15 hari.

Sebenarnya merawat anak kucing yang baru lahir itu mudah selama sang induk terus berada di dekatnya. Biarkan induknya merawat anak-anaknya sepenuhnya. Jangan terlalu sering menyentuh atau memegang anak kucing, sebab akan mengurangi naluri induknya untuk menyusui anaknya.  Beberapa pecinta kucing melakukan penelitian yang memberikan kesimpulan, jika anak kucing yang baru lahir ini sering tersentuh dengan tangan manusia akan memiliki aroma atau bau yang berbeda dari induknya. Hal ini membuat induk kucing tidak mengenali anaknya sendiri, sehingga tidak mau menyusuinya. Maka disarankan  jangan terlalu sering memegang anak kucing yang baru lahir.

Untuk hal memberi makan pada anak kucing baru yang lahir,  air susu dari  induk sudah lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi, bahkan kandungannya baik sekali untuk kesehatan si bayi kucing. Sebagai pemerhati binatang yang baik, untuk tetap bisa memantau pertumbuhan anak kucing lakukan pengawasan sesekali saja untuk sekedar mengukur berat badan si anak kucing. Catat berat badan anak kucing setiap hari untuk mengetahui perkembangan berat badan kucing. Jika menemukan salah satu anak kucing yang berat badannya tidak bertambah, atau sering melihat ada anak kucing yang tidak kebagian puting susu induknya, berikan ia susu komersial yang diformulasikan khusus untuk bayi kucing.

  • Usia 2 minggu – 1 bulan
BACA JUGA  Perlengkapan Penting Untuk Memelihara Kucing Persia

Memasuki usianya di pekan kedua, anak kucing yang baru lahir akan mulai bergerak untuk merespon ke arah sumber suara, sekaligus  mulai berlatih berjalan dengan empat kakinya. Pada usia 1 bulan, ia akan bertingkah semakin lincah dan lucu, karena sudah mampu menyesuaikan diri dan memberi respon pada suara, cahaya dan bau.

  • Usia 1 bulan – 2 bulan

Semakin bertambahnya usia dan kemampuan anak kucing, ia mulai bisa mencerna makanan selain susu, bersamaan dengan semakin berkurangnya produksi susu si induk kucing.

Ketika produksi susu si induk kucing  berkurang,  dan gigi susu pertama muncul, masa transisi pola makan  dimulai.  Makanan khusus anak kucing dapat diberikan secara bertahap untuk menggantikan asupan gizi dari susu. Makanan ini harus memenuhi semua persyaratan gizi anak kucing agar tidak kekurangan energi dan tidak membuat rapuh kekebalan tubuhnya.

Cara memberikan makanan pada awal permulaan ini, biasanya direndam air hangat secukupnya, dihancurkan dan dihaluskan. Untuk pertama kali anak kucing masih perlu diperkenalkan dengan makanan barunya, kita bisa membantu meyuapi dengan pipet atau oleskan sebagian kecil makanan pada mulut, kemudian dekatkan piring makanan untuk melihat apakah sudah mau makan sendiri. Berikan makanan khusus untuk anak kucing (kitten) karena biasanya kandungan protein yang dikandung lebih tinggi dan banyak mengandung nutrisi yang diperlukan untuk pertumbuhan.

Masa Penyapihan

  • Usia 2 bulan – 1 tahun

Masa menyusui anak kucing pada induknya adalah sampai usia 2 bulan. Dalam masa transisi pola makan pengganti susu, jumlah atau proporsi air dalam makanan bisa dikurangi secara bertahap, hingga kucing bisa makan dengan makanan kering sepenuhnya dan lepas dari puting induknya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *