Tips Merawat Anak Kucing Persia yang Kamu Perlu Tahu

Anda pencinta kucing persia dan berminat untuk memilikinya sebagai binatang peliharaan? Sebaiknya anda mengetahui beberapa prosedur awal yang dilakukan untuk merawat anak kucing persia. Kebanyakan orang memilih kucing persia usia anakan karena adopsi gratis dari indukan atau sengaja membelinya. Perawatan yang diberikan kepada anak kucing persia berbeda dan dan tidak semudah merawat induknya. Anak kucing persia sebagaimana anak kucing lainnya membutuhkan perhatian lebih dari segi perawatan. Ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan untuk merawat anak kucing persia.

MERAWAT DAN MEMPERHATIKAN

Hal pertama yang perlu anda lakukan setelah memutuskan untuk memelihara anak kucing persia adalah merawat dan memperhatikan. Anak kucing persia atau biasa disebut kitten memerlukan perawatan dan perhatian lebih dari anda sebagai pemiliknya untuk terus sehat dan mampu bertahan hidup. Kucing persia usia anakan biasanya tidak bisa dilepas dari induknya sampai berumur sekitar kurang lebih 3 bulan. Untuk adopsi secara terpisah dari indukan, biasanya anda baru bisa mulai memelihara anak kucing persia dari umur 3 bulan.

USIA 0-2 BULAN

merawat anak kucing persiaSaat lahir sampai berusia 2 bulan lebih, anak kucing persia akan dirawat sepenuhnya oleh induknya. Hal yang perlu dilakukan oleh pemilik kucing persia dalam tahapan ini adalah memperhatikan asupan makan indukan dan kondisi lingkungan tempat tinggal kucing. Indukan kucing persia harus benar-benar sehat agar mampu terus memberikan asupan ASI bagi anak kucing persia di usia ini. Anak kucing persia umumnya masih harus menerima ASI induknya sampai usia kurang dari 3 bulan. Kondisi lingkungan dari kandang si kucing pun perlu diperhatikan. Usahakan kandang yang dipakai oleh indukan dan anaknya adalah kandang yang luas dan hangat juga jauh dari jangkauan virus dan bakteri kucing liar. Biasakan pula untuk mengecheck posisi menyusui anakan kucing persia agar anakan kucing persia tetap bisa menerima ASI dari induknya dengan maksimal dan tidak tertindih oleh posisi tubuh induknya atau anakan kucing persia lainnya.

BACA JUGA  Tips Merawat Kucing Persia

Anak kucing persia lahir dengan mata tertutup. Di usia 2-3 minggu, biasanya mata anak kucing persia sudah mulai membuka walau belum bisa melihat kondisi lingkungan sekitar dengan jelas. Kucing persia sudah dapat diberi asupan makanan kucing di usia 1 bulan lebih, namun tetap masih bergantung pada asupan ASI dari induknya. Makanan yang dianjurkan untuk anakan kucing persia adalah makanan kucing yang lembut untuk kucing usia ini. Tidak dianjurkan untuk memberikan makanan kucing dewasa kepada anak kucing persia karena makanan kucing dewasa yang keras dapat merusak pertumbuhan rahang anak kucing persia dan asupan gizinya juga kurang.

Kucing usia ini umumnya belum bisa secara otomatis untuk buang air besar dan kecil. Biasanya induk kucing akan menjilat kelamin anak kucing saat memandikannya agar si anak kucing persia dapat segera buang air. Pemilik kucing pun harus benar-benar memperhatikan pola buang air anak kucing persia dan bila dirasa sang indukan kucing kurang telaten dalam membersihkan, pemilik dapat berupaya mengelap bagian kelamin anak kucing agar kotoran bisa keluar secara lancar. Pada usia ini pula kucing secara aktif akan mencontoh berbagai perilaku makan, minum dan buang air dari induknya secara berangsur-angsur dengan sendirinya.

 

USIA 2-5 BULAN

anak kucing persia lucuSetelah lewat dari 2 bulan, biasanya persediaan ASI dari tubuh indukan akan mulai berkurang. Pada usia ini, sang pemilik diharuskan untuk memberikan asupan susu kucing kemasan yang sesuai untuk anak kucing. Susu yang diberikan bukanlah susu sapi yang biasa diminum oleh manusia. Susu yang digunakan adalah susu khusus kucing yang tidak mengandung laktosa agar kucing dapat mencernanya. Saat kucing telah lepas dari ASI (disapih), kucing dapat divaksinasi di dokter hewan terdekat. Tujuan dari vaksinasi ini sendiri adalah menjaga daya tahan tubuh kucing agar kucing sehat dan tidak rentan sakit setelah lepas dari ASI induknya. Pada usia ini pun kucing sudah bisa diberi asupan makanan yang berbentuk butiran agak keras yang sesuai dengan usianya.

BACA JUGA  Tips dan Trik Membeli serta Harga Kucing Anggora Anakan

Saat anak kucing memasuki usia 3 bulan, kucing dapat dipisah dari induknya dan sudah bisa diadopsi oleh pemilik kucing yang baru. Kucing usia 3 bulan ke atas umumnya sudah bisa makan dan buang air secara otomatis dan tidak perlu lagi mencontoh induknya. Saat memisah kandang kucing dengan sang induk, usahakan memposisikan kandang kucing di tempat yang hangat dan tidak terlalu terbuka. Sediakan lampu bohlam instan di atap kandang kucing untuk dapat menjaga lingkungannya tetap hangat saat malam hari. Kucing yang sudah dilepas dari indukan biasanya sudah mulai aktif bermain. Biasakan menjaga kucing agar tidak berkeliaran terlalu jauh dan bertemu dengan kucing liar. Asupan makan dan kondisi kotoran kucing pun perlu diperhatikan. Bentuk kotoran yang terlalu encer menandakan bahwa kucing kedinginan atau ada malasah dengan produk susu yang bisa saja tidak cocok untuk perut si kucing.

tiga anak kucing persiaSetelah lewat dari usia 3 bulan, kucing sudah dapat dimandikan oleh pemiliknya sesuai jadwal yang diatur. Usahakan untuk memandikan kucing sekitar 1-2 minggu sekali dan gunakan air hangat juga shampo kucing anak persia yang sesuai. Biasakan untuk memandikan kucing di rentang jam 09.00-10.00 WIB. Keringkan bulu kucing dengan dryer dan sisir dengan sisir khusus kucing. Pastikan bulu kucing benar-benar kering untuk mencegah munculnya bakteri dan jamur. Untuk mengatasi badan anak kucing yang berbau saat tidak dimandikan dalam rentang 1-2 minggu, anda dapat memandikannya dengan bedak kering khusus kucing.

Setelah lewat dari usia 5 bulan, anak kucing akan beranjak menjadi kucing dewasa. Usahakan untuk tetap telaten merawat anak kucing persia. Dengan perhatian dan perawatan yang teratur, anak kucing persia akan tumbuh menjadi kucing dewasa yang cantik dan sehat.

There are 2 comments for this article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *