Tips Memilih Kandang Kucing Persia yang Baik dan Nyaman

Kucing adalah salah satu hewan yang dicintai oleh banyak kalangan, mulai dari anak-anak hingga dewasa bisa merasa senang jika kucing menjadi hewan peliharaannya. Memeliharakucing dapat memberikan manfaat bagi pemiliknya. Fakta ilmiah membuktikan bahwa memelihara kucing dapat membantu meredakan dan mengurangi stress. Hal itu menjadi salah satu alasan banyaknya kalangan yang memilih untuk memelihara kucing.

Di negara kita ini, kucing-kucing peliharaan sudah mulai beragam jenisnya. Mulai darikucing ras anggora, exotic, maine coon, himalaya, persia, sampai kucing kampung dan di antarajenis kucing tersebut, salah satu yang paling populer di Indonesia adalah kucing persia. Kucingberbulu panjang dengan hidung ‘pesek’ ini menjadi kucing yang banyak diperjual belikan untukhewan peliharaan. Namun, kucing persia yang dipelihara juga membutuhkan kondisi yangnyaman dan baik bagi tempat tinggalnya.

Kandang kucing terkadang luput dari perhatian pemiliknya sehingga menyebabkan kucing tidak betah berada di dalam kandang. Padahal, kandang merupakan tempat kucing agartidak terlalu banyak bergerak saat sakit. Fungsi kandang kucing lainnya antara lain sebagaitempat bagi anak-anak kucing yang baru dilahirkan, tempat menetap sampai kucing yang barudipelihara bisa beradaptasi, dan lain-lain. Walaupun kandang boleh dimiliki maupun tidak, tetapipemilik harus tetap memperhitungkan kenyamanan dan kelayakannya.

Untuk itu, berikut adalah tips bagi pecinta kucing persia dalam memilih kandang kucingpersia yang baik dan nyaman agar kucing persia anda bebas beraktivitas di dalam kandang:
Pastikan Ukuran Kandang Sesuai dengan Berat Badan Kucing
Di petshop, kandang-kandang yang dijual banyak ragam ukurannya. Dalam memilihkandang kucing, pastikan bahwa ukurannya sesuai dengan berat badan kucing. Hal pertama yangharus dilakukan adalah menghitung berat badan kucing persia anda serta panjangnya. Lalu,tentukan jumlah kucing yang akan menempati kandang tersebut.

Baca juga Merawat dan Memberi Kasih Sayang Kepada Kucing Anda

Setelah itu, barulah memilih ukuran yang tepat agar kucing persia anda tetap bisaberaktivitas dan bergerak walaupun di dalam kandang. Sebagai contoh, untuk berat badan kucingyang lebih dari 3 kg, maka luas minimal kandang kucing yaitu 65 cm dengan panjang 90 cm dantinggi kurang lebih 65 cm. Jika kucing yang akan ditempatkan di satu kandang lebih dari seekor,maka pilih ukuran kandang yang lebih luas yang memungkinkan kucing-kucing persia anda tetapbisa bergerak bebas.

BACA JUGA  Tips Membersihkan Kotoran Kucing

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah perlengkapan kucing yang akan ditempatkan didalam kandang, seperti tempat makan, tempat minum, dan tempat pasir. Pilihlah ukuran kandangyang bisa memuat keseluruhan perlengkapan tersebut dengan tetap menyisakan ruang gerak bagi kucing persia anda. Jangan lupa untuk memilih kandang yang memiliki ukuran pintu cukup besaragar mudah memasukkan dan mengeluarkan kucing persia anda beserta perlengkapannya.

 

Pilih Alas Kandang yang Nyaman dan Aman

Alas kandang menjadi salah satu hal yang krusial dan yang perlu anda perhatikan dalammemilih kandang bagi kucing anda. Alas kandang yang digunakan haruslah nyaman bagi kucinguntuk bergerak. Pilihlah alas kandang yang memiliki celah sempit dan tidak terlalu lebar agarkaki kucing persia anda tidak sakit atau terjepit saat berjalan. Selain itu, pilihlah bahan yangnyaman dan aman bagi kesehatan kucing persia anda.Dikarenakan kandang kucing anda nantinya akan sering dicuci untuk membersihkankuman, maka pilihlah kandang dengan bahan anti karat, tahan air, dan yang mudah dibersihkan.Contoh bahan yang aman adalah aluminium dengan kaca sebagai penutupnya atau besi yangdibalut plastik dan sebagainya.

Baca juga Bikin Tempat Tidur Kucing Sendiri Yuk

Alas kandang yang aman dapat memberikan kebebasan dankenyamanan bagi kucing persia anda. Kandang kucing juga harus selalu dibersihkan untukmeminimalisir adanya virus dan bakteri.Kandang kucing persia tidak berbeda dengan kandang kucing lainnya. Jika inginmemiliki kucing persia yang sehat, maka kandang menjadi salah satu item yang harus andaperhitungkan. Tips diatas merupakan beberapa pertimbangan sebelum anda menempatkan kucingdi dalam kandang. Dengan langkah-langkah yang tepat khususnya dalam pemilihan kandang,maka anda telah memberikan perhatian yang baik bagi kucing peliharaan anda. Selamat memilihkandang yang terbaik bagi kucing persia anda!

There is 1 comment for this article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *