Tips Memelihara Kucing Anggora di Rumah

Dari berbagai jenis kucing yang digemari oleh pecinta kucing salah satunya adalah Kucing Anggora. Kucing Anggora merupakan jenis kucing yang berasal dari Turki. Kucing jenis ini sangat tua dan cukup langka. Kucing ini sangat popular dan terkenal di Indonesia. Ras asli kucing Anggora memiliki harga yang cukup mahal, yaitu sekitar 4-15 juta rupiah. Sedangkan, kucing Anggora yang berasal dari perkawinan ras Anggora dengan ras lain harganya dapat mencapai 200 ribu hingga 3 juta rupiah. Kucing Anggora digemari karena bulunya yang panjang dan tebal, berbadan sedang disertai warna dan corak unik yang dimilikinya, sehingga kucing terlihat lebih lucu dan menarik.

Namun, keindahan bulunya tidak akan terlihat indah apabila salah / tidak memperhatikan apa saja yang baik dan buruk untuk si kucing. Setiap orang mungkin berbeda – beda cara dalam memelihara Kucing Anggora. Namun, secara garis besar terdapat kesamaan, yaitu kebersihan si kucing beserta kandangnya, menu makanan, dan vaksinasi. Berikut ini merupakan cara memelihara Kucing Anggora :

memelihara kucing anggora rumah

1. Kebersihan Kucing

  • Menyisir bulu setiap hari. Hal ini dilakukan untuk meluruhkan bulu – bulu mati sehingga tidak menempel pada bulu yang hidup. Apabila bulu yang mati tetap menempel atau tidak diluruhkan maka dapat mengakibatkan bulu menjadi kusut bahkan gimbal. Selain itu, bulu mati juga menyebabkan hairball (gumpalan bulu didalam saluran pencernaan) hal ini terjadi karena ketika kucing melakukan self grooming (menjilat-jilati bulunya sendiri) tanpa sengaja bulu mati tersebut ikut terbawa oleh jilatan lidah si kucing. Menyisir bulu juga dimaksudkan seperti memijat untuk melancarkan peredaran darah si kucing.
  • Lap muka serta permukaan bulu si kucing menggunakan kain lap yang lembut. Hal ini dimaksudkan agar menghilangkan kotoran yang menempel pada si kucing.
  • Mandikan kucing dengan shampo khusus kucing setiap 2 minggu sekali. Namun, harus diperhatikan dulu kondisi si kucing serta cuacanya. Hal ini diperbolehkan apabila si kucing sedang dalam kondisi fit serta cuaca yang cerah, sehingga si kucing tidak kedinginan dan bulunya cepat kering. Keringkan dengan baik sehingga bulu dan kulit kucing tidak lembab. Keseringan memandikan kucing juga tidak baik, karena beresiko jelek pada tampilan bulu serta kesehatan kulit si kucing.
BACA JUGA  Pentingnya Olahraga untuk Kucing Kesayangan Anda

 2. Kandang

  • Harus diperhatikan terhadap ukuran kandang agar si kucing merasa nyaman. Pastikan ukuran kandang sesuai dengan ukuran dan berat si kucing. Kandang yang baik adalah kandang yang terbuat dari aluminium, sehingga tidak berkarat.
  • Kebersihan kandang juga harus dijaga agar terhindar dari penyakit. Sebaiknya kandang dicuci seminggu sekali, lalu semprot dengan desinfektan.

 3. Menu dan Pola Makan

  • Terdapat banyak produk makanan kucing yang diantaranya bagus untuk si kucing. Berilah makanan yang kering (dry food), karena makanan pada kaleng (wet food) tidaklah baik untuk kesehatan si kucing. Untuk kucing dewasa berikan 1 takaran full sebanyak 3x sehari atau sesuai takaran pada produk makanan tersebut. Untuk minumannya sebenarnya diberi air putih yang sudah masak tidak masalah, adapun diberi susu juga boleh namun jangan terlalu sering. Berilah susu royal canin yang mengandung lactosa, janganlah diberi susu manusia karena susu manusia mengandung lactobasilus yang dapat mengakibatkan mencret pada si kucing.
BACA JUGA  Inilah Cara Menimbang Harga Kucing Anggora dan Persia

 4. Vaksinasi

  • Untuk menjaga kesehatannya kucing perlu diberikan vaksin (vaksinasi). Proses vaksinasi dilakukan apabila usia kucing mencapai umur 8-9 minggu. Tetapi perlu diperhatikan kondisi tubuh dan kesehatan kucing, apabila kondisi si kucing lemah maka vaksinasi ditunda. Resiko yang diderita si kucing apabila tidak divaksinasi yaitu apabila si kucing terinfeksi virus dan apabila antibody kucing tidak mampu melawan virus, maka kucing tersebut akan mati. Bahkan lebih membahayakan lagi apabila si kucing terkena rabies, karena dapat menimbulkan dampak menular kepada si pemilik atau orang lain di sekitar kucing tersebut. Jenis vaksin yang wajib diberikan kepada si kucing diantaranya vaksin rabies, vaksin herpes, dan vaksin leukemia.

Dari berbagai tips diatas, cukup mudah bukan memelihara kucing anggora? Namun, pastinya membutuhkan kocek lebih agar si kucing tetap terlihat cantik dan lucu.

There is 1 comment for this article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *