Tips Memandikan Kucing Persia dengan Nyaman Tanpa Melukainya

Memandikan kucing Persia? Kucing Persia merupakan salah satu kucing mahal yang sangat disukai para penggemar kucing atau sebut saja “Meongers”. Mengingat harganya yang sangat mahal dan bentuk bulunya yang halus namun tebal membuat kucing ini semakin menarik dimata pecintanya. Namun tentunya ada tantangan untuk anda dalam merawat kucing ini, salah satunya adalah cara memandikannya.

Menagapa kita perlu memandikan kucing? Karena memandikan dan membersihkan seluruh badan kucing adalah salah satu dari perawatan kucing agar tetap sehat dan terawat. Karena kucing tidak seperti manusia yang setiap hari mandi minimal 2 hari sekali. Oleh sebab itu memandikan kucing itu sangat penting agar terhindar dari berbagai penyakit dan parasit seperti kutu, tungau, dan jamur yang dapat mengganggung kesehatan kucing dan menjadikannya kurang menarik.

Cara memandikan kucing tentu ada trik dan tipsnya agar kucing anda tetap sehat tanpa ribet dan menyenangkan. Kucing Persia dengan bulu halus, panjang  dan tebalnya tentu anda merasa kerepotan kan ketika memandikannya.

Belum perasaan khawatir tentang bagaimana kalau bulunya rontok kan sayang kucing mahal. Sekarang anda tidak usah khawatir untuk hal itu karena saya akan berbagi tips memandikan kucing Persia. Berikut ulasan tips memandikan kucing persia dengan nyaman tanpa melukainya.

BACA JUGA  5 Hal Ini Dapat Menyebabkan Suara Kucing Anggoramu Hilang

Namun sebelum kita membahas tips dan cara memandikan kucing dengan aman dan nyaman kita perlu menyiapkan terlebih dahulu peralatan yang dibutuhkan untuk memandikan kucing Persia. Peralatannya apa saja?

Peralatannya adalah sisir khusus untuk kucing, Shampo husus kucing, handuk berbahan halus, gunting, sikat gigi, perlengkapan membersihkan telinga kucing, hair dryer atau pengering rambut, ember atau bak air, dan sikat karet untuk membersihkan kotoran dibulu kucing.

Namun jika anda tidak memiliki peralatan seperti yang tercantum di atas anda dapat menggunakan peralatan yang lain. Yang terpenting adalah fungsinya sama dan tidak melukai kucing Persia kesayangan anda.

Mau tahu cara memandikan kucing Persia tanpa melukai dan tetap aman dan nyaman? Berikut langkah-langkahnya:

Pertama anda harus meletakkan kucing Persia anda dalam bak atau ember dengan posisi yang nyaman. Kemudian anda mulai membersihkan telinga kucing terlebih dahulu. Kenapa membersihkan telinga terlebih dahulu? Karena jika kita memandikan kucing terlebih dahulu maka akan terkena kotoran lagi yang berasal dari telinga kucing.

kucing persia mandi

kucing baru saja selesai mandi via: https://www.flickr.com/photos/albaraa/

Kemudian menyisir bulu halus kucing persia dengan menggunakan sisir khusus. Setelah rapih perlahan anda siram kucing kesayangan anda dengan air panas menggunakan gayung atau shower. Kemudian berikan shampo secukupnya pada seluruh bulu dan bada kucing persia anda. Setelah itu siram kembali sampai bersih tetap dengan penuh kehati-hatian ya para “Meongers”.

BACA JUGA  Ternyata Cara Merawat Kucing Anggora Tidaklah Sulit

Kalau anda sudah yakin kucing anda sudah bersih maka saatnya memberikan kehangatan untuknya. Keringkan kucing persia anda menggunakan handuk yang lembut agar nyaman untuknya. Jika anda mempunyai hair dryer anda dapat  menggunakannya untuk mengeringkan bulu halus kucing persia kesayangan anda. Jangan lupa periksa kuku-kuku tangan dan kakinya jika sudah panjang anda dapat menggunting dan membersihkannya.

Para “meongers” agar kucing Persia kesayangan anda tetap sehat dan terawat mandingan kucing secara teratur dan rutin minimal seminggu dua kali. Karena jika kucing sehat dan terawat maka akan terbebas dari berbagai penyakit. Dengan demikian kucing anda akan tetap menjadi primadona dan tetap bertahan dengan eksistensinya sebagai kucing lucu dan mahal. Selamat mencoba memandikan kucing kesayangan anda di rumah. Mudah bukan cara memandikan kucing Persia.

There is 1 comment for this article
  1. Pingback: 10 Cara Merawat Kucing yang Sakit dan Terluka

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *