Tips Buat Kamu Saat Merawat Kucing

Ada berbagai cara untuk merawat kucing kita yang menggemaskan. Perawatan kucing punsebenarnya sangat mudah dikerjakan, tetapi terkadang harus ada pertengkaran antara kita dankucing karena ia yang tidak nyaman atau tidak suka akan perlakuan dari kita. Tetapi perawatankucing itu sangat diperlukan terlebih lagi bagi kucing ras seperti persia, anggora dan lain-lain. Karenaitu, kali ini kita akan membahas tips perawatan kucing.
Menurut kucingkita.com hal yang harus dilakukan adalah vaksinasi. Dengan vaksinasi kekebalantubuh kucingpun akan meningkat dan dapat bertahan dari serangan penyakit. Untuk anak kucingyang baru lahir sekitar 8-10 minggu, disarankan agar diberikan vaksinasi pertama yaitu pemeriksaanumum dan pemberian vaksin Tricat serta obat cacing. Lalu pada umur 12-14 minggu berikanpemeriksaan umum dan vaksinasi rabies untuk pencegahan alergi rabies. Sedangkan bagi kucingyang belum divaksin sama sekali, berikanlah pemeriksaan umum, obat cacing, vaksin tricat danrabies.
Pada saat pemberian vaksinasi, pastikan kucing anda dalam kondisi sehat karena apabila pemberianvaksinasi dilakukan pada kucing yang kurang sehat akan menimbulkan pembentukan kekebalantubuh pada menjadi vaksin tidak sempurna atau bisa disebut tidak bisa menerima vaksin denganbaik.
Yang kedua untuk perawatan kucing adalah pemotongan kuku. Pemotongan kuku ini dilakukan agarsi kucing menjadi lebih nyaman. Pada proses pemotongan kuku anda bisa lakukan di rumah tanpaharus pergi ke salon kucing, caranya adalah jaga jarak antara tangan kita dengan mulut kucing untukmenghindari gigitannya pada saat proses pemotongan kukunya. Lebih baik lakukan proses inidengan bantuan orang lain untuk memudahkan proses karena dalam proses ini kucing akanmemberontak. Setelah itu peganglah kaki dan tangan yang akan di potong kukunya, lalu tekanpermukaan tangan atau kakinya sampai terlihat kuku panjangnya. Setelah itu potong kukunyadengan jarak 1mm dari quick. Bila terlalu dekat akan memberikan rasa sakit pada kucing.
Ketiga adalah memandikan kucing dengan shampoo obat, tergantung jenis shampoo apa yang andapakai, apakah itu shampoo untuk kutu atau membuat rambutnya menjadi lebih bagus. Sebenarnyamemandikan kucing cukup mudah, tetapi apabila anda termasuk pemula dalam pemeliharaan kucingdan bingung bagaimana cara melakukannya, tips berikut akan membuatmu tidak akan kebingungandan ini mudah dilakukan di rumah. Hal yang harus dipersiapkan terlebih dahulu adalah hairdryeratau pengering rambut, shampoo, handuk, air hangat, sikat gigi dan sisir kucing tipe sikat.
Hal yang pertama dilakukan adalah basahi seluruh tubuh kucing dengan air hangat. Air hangat akanmenghangatkan tubuh kucing dan tidak membuat ia gemetar ketika dimandikan. Apabila kucinganda termasuk kucing dengan rambut panjang, lebih baik gunakan metode penyemprotan dengantekanan tinggi. Setelah itu ratakan shampoo pada seluruh tubuh, sambil dipijat atau disisir dengantangan, hindair pemberian shampoo pada daerah mata dan hidung. Apabila kucing anda termasukkucing yang terkena scabies, sikatlah bagian sakit tersebut dengan sikat gigi dan bagian itu harusterkena shampoo. Berhati-hatilah saat menyikat bagian sakit tersebut agar tidak menimbulkan lukabaru. Pastikan shampoo berada dalam tubuhnya sekitar 5-7 menit agar kutu, jamur dan bakteri matikarena efek shampoonya.
Setelah itu bilas seluruh tubuh kucing dengan air hangat dan periksa kembali apakah jamurnya masihada atau tidak. Shampoo diberikan ulang sambil membersihkan bagian yang sakit kembali. Setelah 5-7 menit bilas sampai bersih dan tidak ada sisa shampoo di badannya.
Setelah dibilas, keringkan dengan handuk dan gunakan hairdryer untuk mempercepat pengeringantubuh. Pastikan bagian-bagian perut, kaki belakang, pangkal ekor, dan telapak kaki kering karenabagian tersebut cukup sulit untuk dikeringkan. Jamur akan tumbuh pada tubuh yang lembab, jadisebaiknya keringkan tubuh kucing anda dengan sempurna.
Perawatan kucing juga dapat anda dapatkan di salon khusus hewan apabila anda sedang sibuk dantidak sempat merawatnya, alternatif ini sangat berguna bagi anda. Jagalah kebersihan diri anda jugalingkungan tempat tinggal anda untuk menjaga kebersihannya, tidak hanya untuk kucing kesayangananda tetapi juga untuk kebersihan diri anda. Seperti jangan pernah menimbun kotak sampah karenakucing terkadang selalu mempunyai kebiasaan tersebut, membersihkan tempat tidur mereka, danselalu jaga kebersihan tempat makan mereka. Hal-hal kecil seperti ini terkadang terlihat kecil dansering kita abaikan. Namun, resiko tersebarnya penyakit atau datangnya penyakit kemungkinanmuncul dari kebiasaan itu. Jadi selain perawatan kucing yang sudah disebutkan tadi jangan lupa lakukan pembersihan pada lingkungan anda. Anda akan merasakan sendiri manfaatnya.
Begitulah perawatan kucing yang sebaiknya dilakukan untuk menjaga kesehatan mereka dankebersihan diri mereka. perawatan seperti vaksinasi, memandikan dan pemotongan kuku harusdilakukan demi kebersihan dan kesehatan kucing kita sendiri sehingga dapat menghindarinya darikemungkinan terkena penyakit dan virus. Jangan lupakan kebersihan di lingkungan rumah andakarena hal itu juga dapat mempengaruhi kebersihan dan kesehatannya.
Kebersihan pada kucingtidak hanya bergantung pada perawatan saja, tetapi dari lingkungannya pun mendukungkebersihannya. Jadi percuma saja anda menghabiskan waktu anda untuk melakukan perawatantersebut atau bahkan mengeluarkan uang yang banyak untuk kesehatannya tetapi lingkungantempat tinggal anda tidak bersih. Jadi apabila ingin kucing anda sehat, jangan lupa lakukanperawatan kucing secara rutin dan ciptakan lingukungan yang sehat dan asri.

BACA JUGA  Cara  Sukses Mengawinkan Kucing Persia Kesayangan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *