Ternyata Cara Merawat Kucing Anggora Tidaklah Sulit

Anda penyuka binatang dan ingin memelihara satu? Memelihara kucing bisa jadi salah satu pertimbangan Anda. Hal ini karena sejak zaman dahulu kala, kucing diketahui mampu bersahabat baik dengan manusia. Sekarang sudah banyak jenis kucing yang dapat dipelihara di rumah, mulai dari jenis birma, siberia, sphinx, siam, persia, hingga jenis anggora. Kucing jenis anggora merupakan salah satu jenis kucing yang populer dan sudah banyak dipelihara, terutama di Indonesia. Walau termasuk kucing yang cantik, ternyata perawatan kucing anggora tidaklah terlalu sulit. Berikut beberapa tips merawat kucing anggora yang mudah untuk diterapkan agar kucing anggora kesayangan Anda tetap sehat dan bahagia:

1. Pilihlah makanan yang kering
Kucing merupakan hewan karnivora yang tidak rewel soal makanan, terutama jika sudah dibiasakan. Apabila ingin kucing peliharaan tetap sehat dan terawat, tentu saja makanan yang dipilih tidak boleh sembarangan. Terdapat banyak sekali jenis makanan kucing yang dijual di supermarket maupun pet shop, namun jenis makanan kucing yang kering merupakan pilihan paling baik. Hal ini karena makanan kalengan, yang isinya basah, kurang baik untuk kesehatan kucing Anda. Jenis makanan yang basah tersebut dapat mengganggu pertumbuhan bulu kucing peliharaan Anda. Selain itu jenis makanan kucing yang kering tidak akan membuat Anda kerepotan dalam membersihkan tempat makannya. Pastikan jumlah makanan yang Anda berikan untuk kucing peliharaan Anda sesuai dengan petunjuk yang terdapat pada kemasan.

BACA JUGA  Perhatikan Hal-hal Berikut Sebelum Mengadopsi Kucing

2. Beri minum yang sesuai  
Seperti manusia, kucing pun butuh minum. Air putih matang dengan suhu ruangan serta jumlah yang cukup dapat menjadi pilihan yang praktis dan aman. Selain itu kucing juga butuh minum susu. Berikan susu yang sesuai, yakni susu royal canin. Susu royal canin mengandung laktosa yang cocok untuk pencernaan kucing. Apabila Anda memberi jenis susu yang salah atau mencoba-coba memberi kucing Anda susu untuk manusia, hal tersebut akan membuat kucing Anda mengalami masalah pencernaan seperti mencret. Maka perhatikanlah jenis susu yang Anda berikan. Pastikan juga jumlahnya cukup dan tidak terlalu sering.

3. Mandikan kucing Anda secara teratur
Kebersihan badan akan sangat memengaruhi kesehatan sang kucing. Bersihkan kucing Anda secara teratur, dua minggu sekali dengan shampoo khusus untuk kucing (salah menggunakan shampoo akan membuat bulu kucing Anda rontok). Namun apabila sebelum dua minggu kucing Anda sudah kotor, cukup bersihkan dengan air hangat agar bulunya dan kulitnya tetap bersih serta tidak rusak karena diberi shampoo secara berlebihan. Setelah dimandikan, pastikan kulit dan bulu kucing Anda kering dengan baik agar tak tumbuh jamur pada permukaan kulitnya. Perhatikan juga untuk sering menyisir bulu kucing Anda (baiknya setiap hari) dengan sisir khusus agar bulunya tidak kusut. Sisirlah bulu kucing Anda dengan arah yang berlawanan dari arah perkembangan bulu. Sebelum disisir ada baiknya bulu kucing dilap dengan lap lembab yang lembut.

BACA JUGA  3 Kucing Ras Terfavorit di Dunia

4. Pilih kandang yang baik dan jaga kebersihannya
Kucing peliharaan Anda tentu memiliki kandang sebagai tempatnya tidur maupun makan. Pilihlah kandang yang terbuat dari alumunium dengan jeruji yang cukup lebar jaraknya. Kandang dengan bahan alumunium tidak mudah berkarat serta jarak jeruji yang lebar akan memudahkan sirkulasi udara. Bersihkan kandang kucing Anda secara teratur minimal seminggu sekali. Hal ini agar kucing Anda terhindar dari kotoran maupun jamur yang menempel. Selain itu bersihkan juga kotak pasir yang ada di dalam kandang dan semprotkan desinfektan untuk mencegah perkembangan jamur.

5. Vaksinasi
Pemberian vaksin akan sangat membantu dalam menjaga kesehatan kucing Anda. Beri vaksin pada kucing Anda sesuai dengan saran dokter hewan kepercayaan anda.

Beberapa tips merawat kucing anggora termasuk tips yang sederhana dan mudah diterapkan. Selain itu sudah mencakup empat hal paling penting untuk diperhatikan dalam memelihara kucing, yakni makanan, minuman, kebersihan badan dan kebersihan kandang kucing. Tips-tips di atas akan sangat bermanfaat apabila diterapkan dengan baik. Kucing peliharaan Anda akan merasa nyaman dan tidak stres sehingga ia akan betah tinggal bersama Anda. Apabila kucing Anda bahagia, maka Anda pasti akan selalu merasa aman dan senang untuk bermain bersamanya.

Deskripsi: Tips merawat kucing anggora yang sederhana akan mudah diterapkan dan membuat serta menjaga kucing Anda tetap bahagia

Sumber:
http://binatang.net/cara-merawat-kucing-anggora/
http://vauzi.com/keistimewaan-dan-cara-merawat-kucing-anggora-putih/
http://gomarketonline.com/2013/06/06/beberapa-tips-cara-merawat-kucing-anggora-yang-benar.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *