5 Hal Ini Dapat Menyebabkan Suara Kucing Anggoramu Hilang

Ketika pulang dari kegiatan luar rumah yang melelahkan lalu membuka pintu dan mendapati kucing anggora kesayangan kamu menyambut di balik pintu dengan mata bulat dan suara kucingnya yang khas, ah kamu pasti merasa seperti semua kelelahan terangkat.

Gerakan yang kemudian hampir pasti dilakukan oleh semua pecinta kucing ini tentunya adalah menggendong si kucing menggemaskan itu dan membawanya untuk bersandar di sofa sambil melepas penat.
Tapi pernahkah kamu bayangkan bila suatu hari ketika kamu pulang ke rumah dan telah menebak akan disambut seperti biasa di balik pintu oleh suara kucing anggora kesayangan, kamu malah menemukan kucingmu hanya mampu membuka mulutnya tanpa mengeluarkan suara sedikitpun?

Bila itu terjadi, jangan panik dulu. Untuk para pecinta kucing anggora yang tentu tidak menginginkan kejadian serupa terjadi pada suara kucing favorit kamu, maka kamu dapat membaca artikel ini sebagai salah satu upaya pencegahan dan penanganan apabila kucing anggora kamu kehilangan suara manjanya.
Sebenarnya apa sih yang dapat menyebabkan suara kucing anggora menghilang?
Ini dia jawabannya:

1. Terjangkit Infeksi

kucing angora sakit infeksiSalah satu virus yang dikenal mampu menjangkiti kucing anggora adalah virus Herpes. Tapi ini bukan virus yang sama dengan virus manusia ya, hanya namanya yang mirip atau bisa juga disebut feline herpes.
Salah satu gejala bila kucing anggora kamu telah terjangkiti virus ini adalah timbulnya lendir pada hidung, mata berair, batuk bahkan juga radang tenggorakan dan laryngitis yang kemudian menyebabkan suara lucunya perlahan berganti serak.

BACA JUGA  Inilah 8 Cara Mudah Merawat Kucing Persia

Jika sudah mengalami beberapa tanda tadi, coba biarkan dulu selama beberapa waktu. Tetap beri makan dan perlakukan si meong seperti biasa namun dengan pengawasan yang lebih ketat. Jika selama beberapa waktu Kucing Anggora kamu menunjukkan tanda-tanda membaik maka kamu tidak perlu khawatir, kucing anggoramu akan segera sembuh.

Tapi jika kucing anggoramu mulai menunjukan gejala tidak biasa seperti malas makan, lemas bahkan mengeluarkan cairan kuning kehijauan dari mata dan hidungnya, maka kamu harus sigap langsung membawanya ke dokter hewan langganan, untuk segera mendapat perawatan dan pengobatan terbaik.

2. Faktor Pertumbuhan

kucing dalam masa pertumbuhan
Dalam hidupnya, seperti manusia, kucing juga akan mengalami beberapa fase pertumbuhan. Fase pertumbuhan inilah yang kadang menyebabkan suara kucing anggora kamu menghilang.
Pertumbuhan pada pita suara dan area sekitar tenggorokan, dapat menyebabkan produksi suara agak terganggu. Gejalanya diawali dengan batuk, bersin dan infeksi telinga.
Walau tidak perlu terlalu khawatir, kamu tetap harus melakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter hewan guna mendapatkan petunjuk hal apa yang harus dilakukan untuk menangani gejala kehilangan suara akibat faktor pertumbuhan ini.

3. Gangguan Laryngeal Paralysis

Laryngeal ParalysisJawaban dari hilangnya suara kucing anggora yang ketiga ini termasuk yang paling serius dan tentu yang paling tidak diharapkan oleh para pemilik kucing anggora.
Laryngeal Paralysis adalah sebuah gangguan yang biasanya mengenai anjing. Gangguan ini disebabkan oleh kerusakan saraf yang menyebabkan berhenti bekerjanya kotak suara.

BACA JUGA  Kucing Anda Muntah? Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

Gejala dari gangguan Laryngeal Paralysis adalah hilangnya suara kucing anggora dengan diiringi gejala batuk yang berlebihan. Bahkan yang lebih mengerikan adalah dimungkinkan adanya gejala penurunan berat badan yang drastis karena kucing anggora kamu kehilangan nafsu makannya, juga keadaan dimana si meong bisa mengalami kesulitan bernapas.

Penanganan untuk keadaan ini tentu juga sangat serius, kamu harus segera membawanya untuk melakukan operasi sebagai penanganan gejala dan pembukaan larynx agar kucing anggora dapat kembali bernapas dengan normal dan tentu nantinya diharapkan bisa mengeluarkan suara kucing anggora yang imut seperti biasa.

4. Benda Asing

Kucing yang memiliki kebiasaan memasukkan apapun ke dalam mulutnya, kadang kehilangan suara karena adanya benda asing yang masuk ke area tenggorokan dan mengganggu produksi suara kucing anggora.

5. Perkelahian dengan Kucing Lain

Walau telah dijaga baik-baik, kadang kucing anggora dapat juga terlibat satu atau dua kali perkelahian dengan sejenisnya. Sayangnya perkelahian ini dapat menyebabkan suara kucing anggora hilang. Terganggunya pita suara itu diakibatkan dari bengkak yang timbul karena luka di area kerongkongan.
Nah, itulah sebab-sebab yang memungkinkan suara kucing anggora kamu hilang. Mulai dari sakit hingga perkelahian. Semoga penjelasan di atas bisa bermanfaat bagi kamu dan si kucing anggora kesayangan. Selamat merawat binatang peliharaan kamu dengan baik dan penuh kasih sayang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *