Perlukah Sisir Khusus untuk Menyisir Bulu Kucing Persia?

Sebagai pecinta binatang peliharaan, kamu tentunya menginginkan perawatan dan perhatian terbaik untuk hewan kesayangan kamu. Kucing misalnya, sebagai binatang peliharaan favorit orang Indonesia adalah salah satu binatang yang memerlukan beberapa perawatan khusus selain makanan dan tempat tinggal yang terjaga kebersihan dan kenyamanannya.

Perawatan bulu juga harus diperhatikan, apalagi jika kamu adalah pecinta kucing jenis persia yang merupakan salah satu jenis kucing yang dikenal memiliki bulu panjang (long hair) memenuhi tubuhnya. Hal ini tentu menimbulkan permasalahan sendiri dalam perawatannya yang kemudian menimbulkan pertanyaan, perlukah catlovers memiliki sisir khusus bagi kucing persia demi menjaga kebersihan dan keindahan bulu binatang kesayangannya?

Untuk itu kali ini akan dibahas mengenai perawatan khusus kucing persia sekaligus menjawab pertanyaan apakah perlu pemilik kucing jenis ini juga memiliki sisir khusus kucing persia, demi menjaga bulu-bulu terbaik dari kucing lucu ini.

Fakta dari perawatan bulu yang harus diketahui, setidaknya kamu harus memiliki minimal 2 jenis sisir untuk perawatan keindahan dan kebersihan kucing persia.

Pertama, Sisir Jarum

sisir jarum untuk kucing

sumber gambar: alibaba

Sisir Kucing Persia jenis ini penting untuk dimiliki karena sangat dibutuhkan untuk membersihkan bulu bagian dalam kucing persia yang tipis dan halus.

BACA JUGA  Jenis-jenis Makanan Kucing Pilihan

Hal yang harus kamu lakukan pertama-tama dengan sisir jarum adalah menyisir bulu kucing persia yang rontok di permukaan tubuh atau yang berada di bagian dekat kulit, namun yang harus diperhatikan adalah tekanan saat menyisir bulu kucing persia jangan terlalu keras atau kasar, usahakan sisir menyentuh kulitnya tanpa menyakiti.

Pahami juga cara menyisir yang baik, kamu harus memegang sisir jarum ini dengan agak vertikal (menyamping) jangan tegak lurus dengan kulit kucing. Dikhawatirkan jika sisir jarum digunakan secara tegak lurus akan menyakiti kulit kucing karena ujung sisir jarum yang lancip.

Kedua, Sisir Kayu

sisir kayu untuk kucing

sumber gambar: aliexpress

Sisir jenis ini bisa dan biasa digunakan untuk menyisir kucing persia dalam hal memudahkan meluruskan bulu kucing yang kusut bahkan bisa juga digunakan untuk menghilangkan kutu-kutu kecil yang ada di tubuh kucing persia kesayangan kamu.

Karena berguna untuk mengurai bulu kusut maka sisir kucing persia jenis ini cocok digunakan untuk menyisir bulu kucing dari bagian kepala hingga ekor, juga yang berada di bagian lipatan seperti bawah ketiak, yang dikenal sebagai tempat-tempat tumbuh bulu kucing persia yang lebat dan mudah kusut.

BACA JUGA  Apa Makanan Terbaik Bagi Kucing Persia? Ini Jawabannya

Sisir kayu bisa juga digunakan untuk menyisir bulu kucing persia kamu setelah dibersihkan dan ditaburi bedak, sisir dengan perlahan di bagian luar bulu agar terlihat rapi secara sempurna.

Namun tetap perlu berhati-hati, selain harus menyisir dengan lembut seperti yang sudah disinggung di atas, juga jangan menggunakan kedua jenis sisir kucing persia ini untuk menyisir bagian wajah kucing.

Gunakanlah sikat gigi untuk menyisir wajahnya, jangan coba-coba menggunakan sisir jarum atau kayu yang malah akhirnya hanya akan menyakiti kucing persia kesayangan kamu. Bahkan ketika kamu telah menggunakan sikat gigi untuk bagian wajah kucing tetaplah berhati-hati, jangan menyikatnya terlalu dekat ke mata agar tidak melukai mata kucing.

Silahkan mencoba tips ini di rumah bersama dengan kucing kesayanganmu setiap hari agar kucing persia kamu selalu terjaga kebersihan dan keindahannya. Ingat, gunakan kedua jenis sisir kucing persia, sisir jarum dan sisir kayu juga sikat gigi dengan mengikuti petunjuk di atas dan tentunya dengan penuh rasa sayang juga kehati-hatian.

So here we go, kucing persia dengan kamu dengan bulu-bulunya yang bersih dan indah, sudah siap menunggu untuk diajak jalan-jalan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *