Repot Gara-gara Kucing Rajin Mindahin Anak? Ini 4 Solusinya

Buat kamu yang hobi memelihara kucing lokal (kucing kampung), tentunya pernah mengalami saat induk kucing yang baru melahirkan sibuk memindahkan anak-anaknya. Terkadang hal itu bisa menjadi sangat mengganggu,terlebih bila terjadi berulang dan sang induk memindahkan anak kucing ke tempat-tempat yang agak privat, seperti misalnya kolong tempat tidur. Berbeda dengan indukan kucing persia yang cenderung kalem dan pendiam, pasca melahirkan, indukan kucing lokal bisa sangat merepotkan.

Memindahkan anak kucing secara berulang,tentunya berisiko. Di awal kelahiran, anak kucing masih belum dapat ‘mengatur’ suhu badannya sehingga suhu badannya sangat bergantung pada indukan dengan tidur berdekatan. Jika terlalu sering dipindahkan, suhu badan anak kucing sulit untuk berada pada tahap optimal dan dapat berakibat pada kematian.

Baca juga Tips Memelihara Kucing Kampung Biar Nggak Kampungan

Lalu apa sebenarnya yang membuat induk kucing sampai mau berepot-repot memindahkan anak-anaknya? Ini adalah 3 penyebab utama:

  1. Tempat yang terbuka, mudah dilihat manusia dan kurang tersembunyi, biasanya dapat mengganggu tidur dan istirahat para anak kucing, hal ini dan terutama bila manusia dapat menjangkau anak-anaknya dalam dua pekan pertama kelahiran, membuat induk kucing akan berusaha memindahkan anak-anaknya ke tempat lain.
  2. Suhu lingkungan. Suhu kamar cenderung disukai dan cocok untuk anak-anak kucing, tidak terlalu dingin atau terlalu panas dan di siang hari tidak terkena sinar matahari langsung. Itulah kenapa kucing lokal suka melahirkan di atap rumah atau gudang, bila perlu malah di bawah kolong tempat tidur. Bila kondisi ini tidak terpenuhi, induk kucing akan berusaha memindahkan anak-anaknya.
  3. Lingkungan sekitar yang bising akan sangat mengganggu bagi anak-anak kucing, dapat mengakibatkan stres dan sakit, bila lingkungan sekitar tempat tidur anak-anak kucing terlalu bising, bahkan hanya oleh suara televisi, induk kucing akan berusaha memindahkan anak-anaknya.
BACA JUGA  Makanan untuk Kucing Anggora yang Sehat Tanpa Mahal

memindahkan anak kucing

Bila sudah mengetahui penyebabnya, bagaimana sebaiknya kandang atau tempat tidur anakan kucing yang nyaman dan tidak membuat induk kucing harus bolak-balik memindahkan anak-anaknya? Berikut 4 hal yang bisa dicoba:

  1. Sediakan kotak kardus cukup tinggi, beri alas kain di dalamnya. Kotak kardus cukup tinggi berguna untuk membuat induk kucing merasa aman dari tatapan manusia, sedangkan alas kain berguna untuk menjaga suhu hangat bagi anakan kucing. Kardus bekas minuman gelas dapat digunakan, dengan bagian tutupnya dibuka ke atas. Selain murah juga mudah untuk dipindahkan.
  2. Letakkan kandang atau tempat tidur anak kucing di tempat tersembunyi, di balik sesuatu seperti lemari gudang misalnya. Tempat tersembunyi adalah tempat terbaik untuk meyakinkan induk kucing bahwa tempat itu aman.
  3. Jauhkan tempat tidur anak kucing dari sinar matahari langsung, letakkan di bawah tempat yang beratap. Ini akan menjaga suhu sekitar agar tidak terlalu panas.
  4. Jauhkan tempat tidur anak kucing dari kebisingan, bahkan jangan letakkan dekat dengan pesawat televisi  atau mesin cuci. Kebisingan dapat menyebabkan anak kucing menjadi stres.
BACA JUGA  Tips Merawat Anak Kucing Sejak Baru Lahir

Semoga dengan 4 hal tersebut, induk kucing di rumah tidak akan lagi mondar-mandir memindahkan anaknya.

Baca juga Tips Memilih Kandang Kucing Persia yang Baik dan Nyaman

induk kucing memindahkan anaknya

There is 1 comment for this article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *