Popularitas Kucing Persia Putih di Kalangan Pecinta Kucing

Kucing Persia adalah jenis kucing berbulu panjang (longhair) dengan karakter wajah bulat dan moncong pendek. Jenis kucing ini merupakan ras kucing tertua. Asal muasal dari kucing Persia ini tidaklah jelas, karena banyak sumber yang bertentangan dan berbeda antara sumber yang satu dengan sumber yang lainnya. Namun banyak diyakini bahwa kucing ini berasal dari daerah Persia (Iran) dan Turki. Kucing Persia berasal dari persilangan antara kucing berbulu hitam dengan kucing berbulu putih dan panjang, dan melalui banyak persilangan para pembiak kucing memperbaiki penampilan si kucing tersebut. Kucing ini awalnya populer di wilayah Eropa pada abad ke-19.

Kucing ini sangat populer khususnya di Indonesia, Kucing Persia Putih yang paling banyak digemari dikarenakan warna putih yang terkesan elegant dan indah menambah karismatik si kucing tersebut. Namun, dalam perawatannya butuh perawatan ekstra karena warna putih sangat sensitif terhadap kotor. Kurang perhatian sedikit saja terhadap Kucing Persia Putih ini berdampak jelek terhadap keindahan tubuhnya. Kucing putih layaknya manusia sebagai makhluk hidup membutuhkan perhatian dan perawatan khusus yang cukup agar senantiasa bulunya yang putih tidak kusam dan rontok serta terjaga kesehatannya. Berikut ini merupakan kucing Persia yang banyak digemari di Indonesia :

  1. Kucing Persia Medium

Jenis kucing kategori ini memiliki ukuran tubuh, hidung, dan bulu yang relatif sedang (tidak terlalu pendek dan tidak terlalu panjang).

  1. Kucing Persia Himalayan

Kucing ini memiliki ciri khas yang unik dan mudah dikenali dari kucing yang lain. Ciri khas kucing ini memiliki warna hitam pada daerah sekitar telinga, mata dan daerah kaki-kaki kucing tersebut, sedangkan warna dominan di daerah lainnya adalah putih.

  1. Kucing Persia Flatnose

kucing persia putihKucing jenis ini memiliki karakter khusus berupa hidung yang relatif lebih pendek dibanding jenis kucing lainnya. Sedangkan pada ukuran tubuh yang relatif gemuk serta wajah berbentuk bulat.

  1. Kucing Persia Peaknose

Jenis kucing Persia ini memiliki karakter tersendiri yaitu bentuk hidung yang lebih pendek atau pesek lagi dibanding jenis kucing Persia Flatnose. Dari karakter kucing yang unik ini, kucing ini menjadi populer di kalangan masyarakat Indonesia. Dengan warna putih yang elegant ditambah bentuk hidung yang lucu menjadi daya tarik tersendiri bagi si kucing.

BACA JUGA  Memakaikan Baju Pada Kucing, Bermanfaat atau Sekedar Gaya?

Dari berbagai jenis kucing Persia di atas, ada dua macam kualitas bulu kucing tersebut diantaranya :

  • Bulu Keras : bulu yang keras dan bercahaya, bulu ini mudah disisir sehingga tidak mudah kusut.
  • Bulu Lemas : bulu ini seperti benang sutera karena apabila salah dalam perawatannya maka bulu ini akan mudah kusut.

anak kucing persia putihHarga kucing Persia terutama yang ras asli ini tergolong sangat mahal. Rata-rata harga kucing Persia yang dijual sebagai peliharaan yaitu sekitar 5 sampai 7 juta rupiah, namun bila kualitasnya rendah ada yang dijual seharga 700 ribu sampai 2 juta rupiah. Selain itu, kucing Persia yang dijual sebagai induk pembiak biasanya dijual seharga 5 sampai 12 juta rupiah. Kucing jenis ini merupakan kucing yang sering diikutsertakan dalam kontes kucing, dengan warna dan kualitas bulu sebagai acuan dalam penilaian.

BACA JUGA  5 Cara Sederhana Merawat Kucing Anggora Kesayangan

Terdapat perbedaan antara kucing jantan dan betina sehingga perlu dibedakan pula perlakuannya terhadap si kucing. Kucing jantan yang lebih agresif lebih menyukai hal-hal yang berhubungan dengan memanjat, sedangkan kucing betina lebih menyukai mainan-mainan kecil. Kucing jantan juga tidak disiplin dalam buang air, sehingga perlu dilatih untuk disiplin buang air ke toilet untuk kucing jantan. Kucing Persia Putih memang perlu perawatan ekstra dari mulai cara memandikannya, menyisirkan bulunya dan memberinya perhatian. Berikut ini cara memandikannya:

  • Bulu yang halus dan lebat harus dimandikan dengan shampoo khusus kucing bulu panjang (longhair) dan dengan air hangat, sebaiknya dimandikan menggunakan shower.
  • Garuk lembut dan gosok tubuh kucing dengan ujung jari untuk merontokkan kotoran dan telur kutu dari balik bulunya.
  • Kemudian setelah beres, lalu keringkan dengan handuk dan menggunakan hair dryer.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *