Perlengkapan Penting Untuk Memelihara Kucing Persia

Memelihara kucing persia memang gampang-gampang sulit. Semua itu tergantung kepada bagaimana cara anda untuk menikmatinya. Ada beberapa perlengkapan penting untuk memelihara kucing persia. Sebagai pemilik kucing persia, tentunya anda tidak boleh mengenyampingkan perlengkapan penting untuk memelihara kucing persia yang satu ini.

Peralatan untuk memelihara kucing persia memang harus diperhatikan. Anda sebagai pemilik tentunya mengharapkan kucing persia anda dapat hidup dengan baik bukan? Berikut adalah perlengkapan penting yang harus anda sediakan untuk memelihara kucing persia anda.

1. MAKANAN & MINUMAN

Sudah menjadi ketentuan bahwa jenis makanan dan minuman kucing persia memang harus diutamakan. Makanan dan minuman yang baik akan mendukung kucing persia dapat tumbuh dengan baik pula. Sediakan makanan untuk kucing persia anda yang bisa anda pilih sesuai dengan usianya. Berikan makanan dan minuman yang bersih agar kucing anda tidak mudah terserang penyakit.

2. TEMPAT MAKAN & MINUM

Pilihlah tempat makan dan minum yang nyaman bagi kucing persia anda. Beberapa toko hewan untuk saat ini telah banyak menyediakan jenis tempat makan dan minum yang bervariasi. Anda bisa memilih jenis tempat makan dan minum yang menyatu. Anda pun bisa memilih tempat makan dan minum yang terpisah untuk menghindari tumpahnya air minum kucing persia anda ke dalam wadah makanan.

memberi makan kucing

3. TAKARAN MAKANAN

Sebenarnya ini tidak terlalu dibutuhkan bagi anda yang sudah bukan lagi pemula dalam urusan memelihara kucing persia. Takaran makanan dibutuhkan untuk menjaga asupan gizi yang diberikan pada kucing agar porsi makanan yang diberikan tidak kurang atau berlebih. Anda tidak harus selalu menggunakan takaran makanan ini jika anda sudah hafal persis porsi makanan yang biasa anda berikan untuk kucing persia anda.

4. VITAMIN

Vitamin dibutuhkan untuk mendukung kesehatan kuing persia anda selain daripada memberi asupan makanan. Vitamin sebaiknya diberikan sesuai kadar kebutuhan nutrisi. Anda dapat mengkonsultasikan kadar pemberian vitamin ini pada dokter hewan terdekat yang nantinya akan disesuaikan dengan keadaan fisik kucing persia anda.

BACA JUGA  Sayangi Kucing Anda dengan Memberinya Vaksin

5. SUSU KHUSUS KUCING

Kucing persia anda pun tentunya masih membutuhkan kandungan gizi dari susu. Berikan susu khusus kucing persia anda sesuai aturan yang dianjurkan dokter hewan. Susu khusus kucing utamanya diberikan pada kucing usia 0-1 tahun (kitten).

6. KANDANG BESI DAN TAS KANDANG

Gunakan kandang besi yang aman untuk kucing persia anda. Pastikan anda memposisikan kandang tersebut pada tempat yang sejuk, jangan biarkan kucing persia anda berada pada kandang yang panas yang bisa membuat kucing persia anda kegerahan. Gunakan tas kandang jika anda ingin membawa kucing persia anda ikut bepergian bersama anda.

7. BAK PASIR

Bak pasir disini digunakan sebagai toilet pribadi bagi kucing persia anda. Pastikan anda memposisikan satu bak pasir hanya untuk satu kucing persia (jika anda memiliki kucing persia lebih dari 1). Kucing adalah hewan yang sangat menjaga daerah teritorialnya lewat buang air. Gunakan bak pasir yang tidak terlalu tinggi dan sempit agar bak pasir tersebut tidak terjungkal saat kucing persia anda menggunakannya.

8. PASIR KHUSUS KUCING

Pasir berfungsi sebagai media penampung kotoran si kucing di dalam bak pasir. Pilihlah pasir wangi yang cocok untuk kucing persia anda. Pasir wangi dipilih karena selain memiliki aroma tertentu yang dapat meminimalisir bau kotoran kucing, pasir wangi juga dapat memudahkan anda untuk membereskan kotoran kucing agar tidak tercecer. Anda bisa menggunakan pasir wangi hanya untuk satu kali pemakaian (tidak bisa dicuci).

9. SEROKAN PASIR

Untuk membereskan kotoran kucing persia dalam bak pasirnya, anda membutuhkan serokan pasir untuk dapat mempermudah pekerjaan anda. Gunakan serokan pasir yang terbuat dari plastik yang ringan. Cuci serokan pasir jika telah banyak tergumpal oleh kotoran bekas kucing persia anda.

10. SHAMPO

Anda tidak diharuskan untuk selalu membawa kucing ke petshop untuk dimandikan. Anda dapat memandikan kucing persia anda sendiri jika memang ingin. Gunakan shampo khusus kucing dengan pH yang tidak terlalu tinggi dan air hangat saat memandikan kucing persia anda agar tidak berpengaruh pada kesehatan bulunya. Hindari penggunaan shampo berlebih pada bagian kepala dan wajah kucing agar shampo tidak mengenai mata kucing persia anda.

BACA JUGA  Kucing Persia Anda Ingin Ikut Kontes? Baca Dulu 5 Tips Ini

11. HAIR DRYER

Hair dryer digunakan untuk mengeringkan bulu kucing persia anda saat terkena basah dari air setelah mandi atau karena hal-hal lain. Hair dryer menjaga bulu kucing tetap kering dan tentunya akan mencegah pertumbuhan jamur berlebih. Gunakan hair dryer dengan panas normal saat mengeringkan bulu kucing agar bulu kucing persia anda tidak rusak akibat kepanasan.

hair dryer kucing

12. PARFUM KHUSUS KUCING

Dipakai setelah anda memandikan kucing persia. Gunakan parfum khusus kucing dengan pH normal. Semprotkan parfum secara merata pada bagian kucing anda. Parfum menjaga tubuh kucing persia anda tetap wangi dan berkilau. Beberapa parfum khusus kucing dengan kandungan bahan kimia yang rendah membolehkan kucing untuk menjilat bulunya sesaat sesudah bulu kucing disemproti parfum.

parfum kucing

13. BEDAK MANDI KERING

Bedak mandi kering dibuat dengan tujuan khusus mandi kering bagi si kucing. Bila anda memiliki kesulitan memilih waktu untuk memandikan kucing anda dengan shampo dan air hangat, anda dapat memandikan kucing dengan menaburkan bedak kering ini pada tubuh kucing anda. Bedak kering berfungsi mencegah pertumbuhan jamur berlebih pada bulu kucing. Bedak kering ini pun aman terjilat oleh kucing persia anda.

14. TISSUE BASAH, KAPAS, & COTTON BUDS

Tissue basah dan kapas digunakan untuk membersihkan daerah celah mata, hidung serta daun telinga yang kotor pada kucing. Usahakan tidak menggunakan tissue basah dengan kandungan aromatik berlebihan untuk mencegah terjadinya infeksi. Cotton buds digunakan untuk memebersihkan bagian dalam telinga kucing anda. Rawatlah kucing persia anda sebaik mungkin dengan menyediakan perlengkapan penting untuk memelihara kucing persia anda secara optimal.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *