Perhatikan Hal-hal Berikut Sebelum Mengadopsi Kucing

Bagi kebanyakan pecinta binatang, tidak dapat dipungkiri kucing adalah satu diantara binatang yang sangat lucu dan menggemaskan. Meskipun dalam hal kesetiaan bila dibandingkan anjing, kucing yang dalam bahasa latinnya  Felis silvestris catus bisa dikatakan kurang setia. Namun banyak dari kita yang jatuh hati kepada perilakunya yang bak raja seperti yang digambarkan dari sifat kucing tersohor dalam komik ciptaan Jim Davis dengan tokoh pemiliknya Jon Arbuckle, Garfield yang hobinya makan lasagna sambil menonton televisi.

Banyak orang memutuskan untuk memelihara kucing. Bahkan di Amerika & Inggris, lebih banyak kucing yang dipelihara sebagai hewan kesayangan dibandingkan anjing. Sama halnya dengan membangun hubungan atau relasi dengan manusia, dibutuhkan suatu komitmen di awal dalam menjaga kucing. Jadi, jika anda juga pecinta kucing dan mempunyai keinginan untuk mengadopsinya, ada baiknya memperhatikan hal-hal berikut ini.

Kenapa Mengadopsi Kucing?

Dari sisi kesehatan, Menurut Dr. George Maqshud, ketua laboratorium di Rumah Sakit Hewan Baitharah, kucing disinyalir merupakan hewan yang sangat sedikit mengandung kuman dan jarang sekali ditemukan adanya kuman pada lidah kucing. Kalaupun kuman itu ada, maka kucing itu akan sakit.

mengadopsi kucing

sumber gambar: wikimedia.org

Secara ilmiah telah dibuktikan, bahwa kucing baik untuk kesehatan pemilik dan mengurangi kejadian penyakit tekanan darah tinggi dan penyakit lainnya. Karena dengan mengelus kucing, tingkat stres dari pemiliknya akan berkurang. Dalam pandangan agama Islam pun, kucing dianggap tidak najis karena dalam suatu hadits bahkan diperbolehkan untuk berwudhu menggunakan air bekas minum kucing karena dianggap suci.

Persiapan Mental dan Peralatannya

Persiapkan secara matang baik secara mental ataupun material. Karena bila tidak dipersiapkan dengan matang, alih-alih ingin memelihara kucing dengan baik dan mendapakan kepuasan batin, beberapa masalah baru malah menghinggapi rumah anda.

BACA JUGA  Bingung Memilih Kucing Anggora? Pilihlah yang Putih

Persiapan secara mental bisa diartikan persiapan atau kesiapan seluruh anggota keluarga di rumah dalam menerima si pus karena tidak jarang ada beberapa anggota keluarga yang kurang berkenan menerima kehadiran kucing anda. Hal ini biasanya akan membuat anda tidak leluasa dan maksimal dalam memelihara kucing karena sering terjadi percekcokan diantara anda dan anggota keluarga yang tidak suka kucing tersebut. Nah, jika sudah dipastikan semua anggota keluarga siap menerima kucing di tengah keluarga, selanjutnya adalah menyiapkan keperluan kucing itu sendiri atau kesiapan yang bersifat material.

Ada beberapa peralatan penting yang perlu dipersiapkan seperti layaknya manusia, kucing juga perlu tempat tidur sendiri. Tidak perlu mahal atau malah tidak perlu membeli untuk membuat tempat tidur kucing, anda tinggal menyiapkan sebuah box atau kotak yang bisa terbuat dari bahan plastik atau rotan atau triplek. Di dalamnya bisa dialasi sebuah kain, handuk, atau selimut kecil sebagai alas tidur kucing.

Selain tempat tidur kucing, hal penting lainnya adalah tempat makanan agar kucing tahu dimana ia harus makan dan tidak menyusahkan anda karena makananya yang berserakan di setiap sudut rumah. Tempat makan kucing sangatlah mudah didapat, anda hanya perlu menyiapkan mangkuk kecil terbuat dari plastik.

Tempat poop atau pipis dan berak kucing tidak kalah pentingnya karena akan menunjang kenyamanan rumah anda dari kotoran yang berceceran. Tempat ini biasanya terbuat dari kotak plastik rendah agar memudahkan kucing menempatinya. Jangan lupa untuk menaburi batu kerikil, pasir atau material lain yang biasa dijual di pet shop di permukaan kotak tersebut. Latihlah kucing anda untuk tidur, makan, dan poop di tempatnya karena biasanya tidak sulit membiasakan kucing untuk hidup teratur asalkan anda sabar dan rajin melatihnya.

BACA JUGA  7 Jenis Aksesoris dan Peralatan Penting untuk Si Mpus

Dimana Mendapatkan Kucing Untuk Diadopsi?

Hampir di banyak kota besar, kita sangatlah mudah menemukan kucing-kucing liar. Jika anda tidak mempunyai spesifikasi jenis kucing yang mewah seperti anggora, persia dan lainnya, anda tinggal memilih kucing jalanan tersebut untuk diadopsi. Namun anda perlu memperhatikan kesehatan kucing liar tersebut.

Indikator kesehatannya dapat dilihat dari permukaan kulit yang bebas dari jamur dan penyakit kulit lainnya, penampakan bulu, mata, hidung, mulut serta telinga yang sehat. Untuk alternatif lain, bila anda ingin kucing yang sudah dijamin kesehatannya, anda bisa mencari komunitas pencinta kucing salah satunya komunitas Indonesia Peduli Kucing (https://www.facebook.com/notes/indonesia-peduli-kucing-ipk/penawaran-hibah-kucing/196717967060892). Akan tetapi bila anda memang sudah menyiapkan dana untuk membeli kucing jenis peranakan yang lebih gemuk, unik, dan tebal bulunya seperti anggora, anda tinggal pergi ke pet shop terdekat.

Menjaga Kesehatan Kucing

Sama seperti mahluk hidup lainnya, anda harus juga memikirkan tentang kesehatannya. Pemerhati kucing menyarankan agar anda memeriksakan kucing anda di minggu pertama anda mengadopsinya. Periksakan kucing anda tersebut ke dokter hewan atau medik veteriner untuk memastikan kesehatannya.

Pemberian makanan yang sudah jelas komposisi dan kandungan nutrisinya juga sangat membantu tumbuh kembang kucing. Berilah makanan yang dijamin kesehatan dan kehigienisannya. Jika memang dibutuhkan, anda juga bisa memberikan vitamin khusus kepada kucing kesayaan anda.

Meskipun kucing dianggap binatang yang paling bersih karena rutin mandi dengan menjilati kulit dan bulunya, tidak ada salahnya jika anda rutin memandikannya minimal seminggu sekali. Peralatannya sederhana yaitu air hangat, baskom, shampo kucing, dan handuk untuk mengeringkan bulunya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *