Perawatan Untuk si Manis Kucing Anggora

Bagi anda para pencinta binatang khususnya pencinta kucing, mungkin jenis yang berasal dari Ankara (dulu bernama Angora) di Turki satu ini sudah cukup dikenal dan banyak dimintai untuk dijadikan binatang peliharaan di rumah. Kucing ini memiliki bulu yang sangat lebat sehingga mengharuskan anda untuk memberikan perawatan yang baik, selain itu binatang manis yang satu ini juga termasuk kedalam jajaran peliharaan dengan harga yang cukup mahal yaitu sekitar 2-5 juta. Sebenarnya kucing jenis apa sih? Ya, benar sekali kali ini kami akan memberikan sejumlah informasi mengenai perawatan kucing anggora.

Meskipun kucing anggora membutuhkan perawatan yang lebih dibandingkan dengan kucing jenis lain, tampaknya peminat kucing Anggora tetap tinggi dan cenderung mengabaikan bilangan harga yang cukup mahal hanya untuk mendapatkan kucing anggora yang lucu dan diminati. Hal itu mungkin terjadi karena anda menganggap bahwa kucing jenis anggora adalah binatang peliharaan yang manis karena ukuran badannya yang tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar serta tingkah kucing anggora betina yang cenderung lebih manja dan jenis anggora jantan yang lebih aktif serta menggemaskan saat diajak bermain.
merawat si manis anggora
Namun, apakah selama anda memelihara seekor atau beberapa ekor kucing anggora anda sudah merasa yakin telah memberikan perawatan secara baik dan benar untuk kucing anggora milik anda tersebut? Mungkin sebagian dari anda berpikir bahwa selama ini binatang peliharaan seperti kucing anggora hanya perlu dimandikan bila ia sudah kotor, atau anda sering memberinya makanan dari sisa-sisa makanan yang ada di rumah, bahkan membiarkan tempat tinggal kucing anda kotor dan kukunya tumbuh panjang.

Bila anda masih sering melakukan hal-hal tersebut dan kurang memperhatikan perawatan kucing anggora anda selama ini, sebaiknya anda menyimak beberapa tips dari kami mengenai perawatan yang baik dan benar untuk kucing anggora peliharaan anda.

  1. Selalu memperhatikan jenis makanan untuk kucing anggora.

Bila anda memiliki kucing anggora yang dijadikan sebagai binatang peliharaan di ruman, alangkah lebih baik bila anda memperhatikan benar jenis makanan apa yang akan anda berikan kepada kucing anggora milik anda tersebut. Apakah gizinya sudah seimbang atau belum? Karena kucing anggora merupakan kucing dengan harga yang cukup mahal serta berbulu lebat dan panjang, kami menyarankan anda agar membeli makanan kucing khusus untuk kucing yang memiliki bulu panjang (long haired cat food/long coated) yang dapat anda dapatkan di swalayan besar atau di toko yang menyediakan berbagai kebutuhan binatang peliharaan. Makanan ini memiliki nutrisi yang baik dan seimbang dibandingkan dengan makanan kucing biasa, karena nutrisi tersebut akan menjaga kehalusan bulu kucing anggora dan menjaganya agar tidak rontok.

  1. Memandikan kucing anggora secara rutin.

Selain anda harus menjaga makanan untuk kucing anggora, anda juga harus memperhatikan kebersihannya. Karena kucing anggora memiliki bulu yang panjang dan lebat, anda tidak akan membiarkan bulunya tersebut kotor dan tidak halus bukan?  Bila anda berpikir bahwa memandikan kucing anggora adalah hal yang sulit dan mahal karena harus melakukan perawatan di salon kucing, itu salah.

BACA JUGA  Makanan Paling Ampuh untuk Kucing Persia

Jika anda tidak ingin mengeluarkan banyak biaya hanya untuk memandikan kucing peliharaan anda, anda cukup memandikannya di rumah namun anda tidak disarankan untuk memakai sampo yang biasa digunakan oleh kita, namun anda dapat menggunakan sampo khusus kucing berbulu panjang.

Anda dapat memandikan kucing anggora di rumah dengan cara menyikat seluruh bulu yang ada di tubuhnya agar kotoran yang menempel di sana menghilang, baru anda dapat membersihkan kukunya. Anda dapat memandikannya minimal satu kali dalam seminggu atau membawanya ke salon satu kali dalam dua minggu atau satu bulan.

  1. Mengeringkan kucing anggora yang telah dimandikan.

Bila anda memandikan kucing anggora anda sendiri di rumah, anda disarankan untuk tidak membiarkan kucing anggora anda tersebut hingga bulunya kering sendiri melaindan anda harus mengeringkan kucing anggora yang masih basah dengan handuk secara hati-hati, baru setelah itu anda dapat menggunakan alat pengering seperti hair dryer.

  1. Potong kuku kucing anda secara berkala saat sudah panjang.

Selain anda harus menjaga kebersihan badan serta bulu kucing anggora, jangan sampai anda membiarkan kuku kucing anggora tumbuh terlalu panjang, usahakan anda selalu memotongnya dengan pemotong kuku kecil secara berkala jika anda rasa kuku kucing anggora anda sudah panjang.

  1. Rajin menyisir bulu kucing anggora yang panjang.

Anda pasti tidak akan suka bila kucing anggora milik anda memiliki rambut atau bulu yang panjang itu kusut, oleh karena itu anda harus rajin untuk menyisir bulu kucing anda tersebut agar tetap lembut dan teratur. Namun, jika bulu kucing tersebut sudah terlanjur kusut jangan memaksa untuk menyisirnya karena itu dapat membuat bulunya menjadi rontok. Sebaiknya anda membawa kucing anggora anda ke salon hewan untuk perawatan sekali-kali.

  1. Dan yang paling penting, selain perawatan pada tubuh kucing anggora itu sendiri, ada baiknya jika anda selalu membersihkan kandangnya minimal satu minggu sekali.

Apakah anda sudah mendapatkan poin-poin penting dalam perawatan kucing anggora peliharaan anda? Jika sudah, saatnya anda mencoba mempraktikannya di kehidupan nyata agar kucing anggora anda selalu bersih dan sehat. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *