Perawatan Tepat untuk Bulu Kucing Persia Kesayangan

Dengan bulu yang panjang, hidungnya yang mungil dan pesek, kakinya yang pendek sikapnya yang manis membuat kucing Persia menjadi kucing yang paling diminati. Walaupun begitu, kucing ini memerlukan biaya yang cukup besar untuk pemeliharaannya, menurut sehatkucingku.blogspot.com anggaran dan biaya untuk pemeliharaan kucing tahun awal adalah sekitar Rp. 1.460.000 untuk peralatan dan kebutuhan sehari hari dia seperti tempat makan minum, sisir, pemotong kuku, scratch post dll, dan untuk biaya tetap bulanan berkisar Rp 420.000 hanya untuk pasir kucing, makanan, dan shampoo, dan biaya tersebut sudah menjadi standar paling rendah untuk kucing persia.

Lalu bagaimana dengan Biaya untuk Merawat Bulu Kucing Persia yang secara butuh perawatan ekstra, terlebih kalau kucing ini merupakan kucing untuk kontes? Tidak hanya peralatannya saja, tapi dari segi vitamin, makanan, aktivitas dan kejiwaan sang kucing pun ikut mempengaruhi kesehatan bulu si kucing. Apalagi kucing Persia termasuk sensitive untuk soal perawatan bulunya. Pada artikel ini akan dibahas tentang Merawat Bulu Kucing Persia. Simak terus artikel ini ya!

Alat dan Bahan untuk Perawatan Bulu Kucing

Salah satu hal penting untuk merawat dan menjaga kesehatan kucing anda adalah kebersihannya. Kebersihan kucing tergantung dari cara perawatan dan fasilitasnya, fasilitas untuk grooming seperti sisir , gunting, pemotong kuku, sikat, sikat gigi khusus kucing.lalu  biasakan lah gunakan bahan disinfektan secara rutin untuk membersihkan alat alat tersebut. Berikut alat alat yang dibutuhkan untuk grooming kucing:

  1. Sisir
  2. Sikat
  3. Pemotong Kuku
  4. Gunting Sikat gigi
  5. Handuk
  6. Hair dryer
  7. Shampo anti kutu / shampoo biasa
  8. Cat Powder (Bedak kucing)
  9. Canebo (Palm Brush)

Perawatan alami dari si kucing

Alaminya Kucing merawat sendiri bulunya untuk Menjaganya tetap bersih namun juga untuk mengatur temperature badan. Karena bulu tebalnya, Kelenjar keringat kucing tidak seefektif milik manusia. Dalam cuaca yang panas atau setelah aktifitas yang berat, Seekor kucing tidak dapat melepaskan cukup banyak panas dengan metode ini, jadi kucing mengimbangi dengan menjilatkan air luda ke bulunya: air ludah menguap dan membantu badan kucing menjadi sejuk. kucing saling menjilat membersihkanHal ini menjelaskan mengepa seekor kucing lebih sering menjilat jilat bulu nya sendiri. Walaupun demikian banyak kucing yang malas dan tidak cukup merawat bulunya. Ada juga tekhnik unik untuk membuat kucing malas merawat bulunya sendiri yaitu dengan mengoleskan mentega ke bulunya. Namun untuk kucing yang bulunya terlalu panjang untuk dirawatnya sendiri, anda perlu merawat bulu kucing itu secara reguler. Tapi tetap saja, Biasakan kucing anda untuk dimandikan secara teratur.

BACA JUGA  5 Cara Sederhana Merawat Kucing Anggora Kesayangan

Menyikat dan Menyisir

Biasakan lah menyikat dan menyisir bulu kucing Persia anda setiap hari agar bulu kucing anda terbebas dari kekusutan dan penggumpalan bulu. Akan lebih mudah apabila anda membaringkan kucing anda di permukaan yang tidak licin (di Alaskan karpet bekas untuk menampung kotoran dan bulu bulu kucing yang jatuh) di atas meja, dan mengebalikan badanya sekalian memeriksa mulut, gigi, mata, telinga, perut, dan cakarnya. Tindakan itu membantu melatih kucing anda juga terbiasa disisir, dengan rutin juga anda dapat melakukan pengecekan ada tidaknya kutu di bulu kucing anda dan juga pengecekan kesehatan bulu lainnya seperti koreng, jamur, atau mungkin luka dll. Cobalah untuk membuat setiap sesi menyisir menjadi nyaman dan menyenangkan, akan lebih baik apabila anda memberinya hadiah karena telah berperilaku baik saat sedang disisir, ini akan membuat sang kucing cepat paham dan cepat beradaptasi saat ingin disisir.

menyisir kucing

sumber: https://www.flickr.com/photos/thomissen/

Terdapat berbagai tipe sisir kucing. Beberapa sisir mempunyai gigi yang lebar dan dapat di gunakan untuk buku yang panjang seperti pada kucing Persia. Setiap sisir mempunyai gigi yang panjangnya bervariasi, dan sisir yang lain lagi mempunyai gigi halus (sisir untuk kutu). Ada juga tipe sisir khusus dengan tonjolan kawat untuk digunakan pada bulu bagian bawah yang tebal untuk menyingkirkan bulu yang kusut, ada juga sikat “penipu” untuk digunakan menyikat ekor kucing, terutama saat Persia anda sedang mengikuti kontes atau pameran kucing.

Ketika Merawat bulu kucing Persia, beri perhatian khusus pada bulu bulu yang mencuat di kaki dan ekor, bulu yang kusam mungkin ada di daerah yang tidak dapat dijangkau dengan mudah oleh kucing ketika merawat bulunya, seperti bagian dalam siku dan sepanjang perut dengan paha. Periksa juga cakar, kuku, dan telapak kaki. Pada kucing Persian bulu mungkin tumbuh lebih panjang dari telapak kaki. Bila demikian, perpendek bulu itu menggunakan gunting dengan ujung tumpul, Bersihkan debu yang melekat dan potong bulu yang terlalu panjang.

BACA JUGA  5 Kesalahan Dalam Memelihara Kucing Ini Harus Kamu Hindari

Untuk di daerah mata, gunakan kapas yang lembab untuk membersihkan “kotoran mata” dari mata kucing.

Memandikan

Bila anda melakukan perawatan bulu secara teratur, Pastikan keadaan sang kucing memang perlu dimandikan, seperti kotor, bau, warna kulit dan bulu terlihat kusam. Tetapi teratur.

Selalu sikat dulu dengan seksama kucing anda sebelum memandikannya, Gunakan air hangat yang lebih nyaman, dan shamppo khusus kucing. Gunakan lah shampoo biasa apabila kucing sudah terbebas dari kutu. Gunakan shampoo kucing anti kutu hanya saat sang kucing memiliki kutu. Jangan biarkan shampoo mengenai daerah tubuh kucing yang terbuka, cucui dengan seksama, bagi perhatian khusus pada daerah- daerah Antara kaki depan dan kaki belakang.

Kucing dapat dengan mudah menggigil kedinginan bila basa, jadi jangan lupa anda mengeringkan seluruh badannya setelah selesai. Menggunakan handuk, atau Canebo usap usapkan jari anda ke bulu kucing ketika di keringkan dengan hair dryer dengan tidak terlalu panas.

Nutrisi untuk kulit dan bulu kucing Persia

Pemilihan nutrisi untuk bulu kucing Persia  sangat penting, banyak makanan dan vitamin khusus untuk meningkatkan kualitas bulu  kucing anda, dimulai dari dry food Royal Canin Persia 32, dan suplemen Vitamin E dan B12 yang anda berikan saat menghidangkan Raw food/Vegetarian Diet food. Pada dasarnya shampo yang membuat bulu kucing Persia bagus itu mengandung wax. Dan yang sering digunakan adalah lanolin, silicon. Maka setelahnya akan tampak bulu kucing anda menunjukan dampak yang bagus sekali. Namun dalam 3 hari selanjutnya pun akan memunculkan resikonya. Lanolin itu seperti sponge yang akan mengambil kotoran dan saling menarik . sehingga gampang sekali Menjadi bulu kucing Persia anda kusut.
Itulah alasan kenapa kita disarankan sering menyisir, karena dapat menimbukal bulu gimbal pada kucing Dengan memberinya produk produk yang anda pilih sendiri, anda akan merasa senang, bangga dan puas melihat hasil akhirnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *