Pentingnya Olahraga untuk Kucing Kesayangan Anda

Ketika sebagian besar kucing tidak akan pernah mau belajar untuk berlari diatas tridmil meskipun diimingi banyak snack kucing, tapi hampir semua kucing mendapat manfaat yang besar dari beberapa bentuk gerakan aktifitas fisik biasa. Olahraga kucing ini tidak hanya dapat membakar kalori yang terdapat pada tubuh kucing anda, meningkan masa otot, dan juga mengurangi nafsu makan kucing anda, tetapi juga olahraga yang sehat mampu ikut menjaga kucing anda dari bahaya obesitas atau kelebihan beban, memperpanjang rentang masa hidup, dan juga meningkatkan mutu hidup nya. Dengan bertahan pada menu olahraga yang umum, anda akan memperoleh sebuah efek besar yang positif pada kesehatan kucing anda secara keseluruhan.

    1. Berkonsultasi kepada dokter hewan langganan anda

Seperti biasa, berkonsultasi secara rutin ke dokter hewan yang anda percaya sangatlah penting sebelum mengenalkan kucing peliharaan anda pada menu latihannya yang baru. Jika kucing peliharaan and memiliki riwayat penyakit tertentu, mintalah dokter hewan anda untuk merekomendasikan kegiatan-kegiatan latihan yang cocok dengan kebutuhan individual kucing peliharaan anda.

BACA JUGA  Cara Memberi Makan Kucing Kesayangan

 

    2. Ayo Bergerak!

olahraga kucing

Beberapa jenis kucing tertentu sudah telahir dengan membawa sifatnya yang aktif. Namun beberapa jenis kucing lainnya bisa saja membutuhkan perlakuan khusus atau mainan kucing untuk membangkitkan nafsu bermainnya. Berikut adalah beberapa saran untuk membuat kucing anda bergerak.

  1. Keluarkan tas kertas, kertas tissue, dan kotak kardus untuk menginspirasi kucing anda untuk bermain.
  2. Sediakan camilan kucing yang segar.
  3. Ajak kucing anda untuk mau mengejar mainan, bola, tongkat kecil dengan bulu yang terikat pada ujungnya, atau penunjuk laser. Berhati-hatilah untuk tidak mengarahkan laser penunjuk tersebut kearah mata kucing peliharaan anda ataupun orang lain.
  4. Inspirasikan kucing anda untuk memanjat dengan menyediakan pohon untuk kucing atau Condo untuk kucing peliharaan anda.
  5. Sediakan alas garuk untuk kucing anda.
  6. Ajak kucing anda untuk bermain dengan kucing lain. Atur jadwal untuk kucing anda bermain dengan kucing peliharaan milik teman atau kenalan anda. Atau anda juga bisa mengadopsi kucing peliharaan lain.
  7. Latih kucing peliharaan anda untuk membiasakannya melakukan trik-trik dengan memberikan snack kucing yang rendah kalori sebagai imbalannya. Sebagai contoh, ajari kucing peliharaan anda untuk berlalri kearah anda dari seberang rumah atau ajari kucing peliharaan anda untuk memanjat pohon nya ketika anda mengocok kotak snack kucing anda.
  8. Berikan kucing peliharaan anda sebuah mainan puzzle yang berisi makan kucing. Mainan tersebut telah didesain khusus melatih gerakan kucing peliharaan anda untuk mengeluarkan makanan yang ada didalam mainan tersebut.
BACA JUGA  Tips Memilih Kandang Kucing Persia yang Baik dan Nyaman

Berhati-hatilah dalam memilih mainan untuk kucing anda. Hindari mainan dengan benang atau bagian-bagian kecial yang dapat ditelan oleh kucing anda, dan jangan tinggalkan kucing anda dengan mainan-mainannya begitu saja tanpa pengawasan.

Sumber: www.vetstreet.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *