Mitos dan Fakta Seputar Kucing Hitam

Kamu sering melihat kucing hitam di sekitar rumah atau lingkunganmu? Apa yang terlintas dalam pikiran saat melihatnya? Takut, geli, atau tidak ada kesan apapun, dengan kata lain biasa-biasa saja? Hmm, percaya atau tidak, seseorang yang memiliki kesan negatif saat melihat kucing hitam, biasanya disebabkan kepercayaannya terhadap mitos seputar kucing hitam. Berbeda dengan orang yang tidak percaya, dia tidak terlalu peduli terhadap kehadiran kucing hitam di sekitarnya. Memangnya mitos itu apa sih?

Mitos berasal dari bahasa Yunani yaitu mythos. Diadaptasi ke dalam bahasa Indonesia menjadi mitos. Dalam kamus besar bahasa Indonesia, mitos berarti kisah atau cerita suatu bangsa tentang dewa dan pahlawan zaman dahulu, mengandung penafsiran tentang asal-usul semesta alam, manusia dan asal-usul bangsa tersebut. Berbeda dengan sejarah, mitos mengandung arti mendalam yang diungkapkan dengan cara gaib. Seringkali mitos ini diceritakan secara berlebih-lebihan sehingga tidak selaras dengan logika manusia. Seperti halnya mitos pada kucing hitam.

Ada banyak sekali mitos yang berhubungan dengan kucing hitam. Tidak hanya di negara kita, tetapi juga di luar negeri yang notabene sebagian besar penduduknya disebut-sebut berpikiran kritis dan logis. Meski banyak yang sudah tidak percaya pada hal-hal gaib seputar mitos, tetapi tidak sedikit yang masih memegang mitos seputar kucing hitam tersebut. Berikut ini bahasan mitos yang beredar tentang kucing hitam di beberapa negara.

Amerika Serikat

kucing hitam amerika serikat

https://www.flickr.com/photos/br1dotcom/4375594847/

Dalam sebuah survei, terdapat 13% warga Amerika Serikat yang mempercayai akan adanya hal atau nasib buruk terjadi apabila seseorang melihat kucing hitam di persimpangan jalan. Hal ini membuat kucing hitam tidak menarik untuk dipelihara oleh warga Amerika sesuai dengan hasil penelitian dari Journal of Applied Animal Welfare Scence pada tahun 2013.

Bengali

kucing hitam bengali

https://www.flickr.com/photos/ivanwalsh/14308467576/

Suku Bengali hidup di wilayah Bengala yang merupakan bagian dari Negara India dan Bangladesh. Di sini kamu akan mengenal sebuah mitos tentang kucing hitam, di mana terdapat seorang wanita yang dapat mengubah jiwa manusia menjadi seekor kucing, sehingga jika kucing hitam tersebut disakiti berarti akan menyakiti wanita itu juga.

Celts

Selain identik dengan kesialan dan kematian, suku Celts yang hidup di sebagian wilayah Eropa juga percaya bahwa kucing hitam dapat meramal masa depan.

China

Hal senada pun terjadi di China, kucing hitam di negara ini dianggap dapat menimbulkan kesialan, bahkan kemunculannya dipercaya sebagai pertanda akan datangnya penyakit atau kemiskinan.

Druids

kucing hitam druids

https://www.flickr.com/photos/navink/4287736490/

Druids adalah kasta pendeta dari suku Celts, mereka percaya bahwa adalah jelmaan manusia yang dihukum karena telah berbuat jahat di masa lalu. Kemungkinan kepercayaan terhadap mitos inilah yang menghubungkan kucing hitam dengan hantu, para penyihir atau Halloween.

Finlandia

Di negeri ini, terdapat kepercayaan bahwa kucing hitam dapat membawa jiwa seseorang ke alam baka. Di satu sisi mereka takut terhadap kucing hitam, di sisi lain mereka menghormatinya.

India

Di negara ini dipercaya bahwa jiwa yang bereinkarnasi akan dibebaskan dengan cara membakar seekor kucing hitam sebagai persembahan. Ritual ini senada dengan upacara pembakaran kucing hitam yang dilakukan pada masa Babilonia Kuno sebagai awal sejarah mitos kucing hitam. Pada masa itu, terdapat ritual pembakaran kucing hitam bersama sesaji yang lainnya. Upacara tersebut muncul karena saat itu kucing hitam dianggap bersahabat dengan ular, sedangkan ular dipercaya sebagai lambang kejahatan. Ini pula menjadi sejarah dari mitos kucing hitam yang identik dengan hal-hal negatif.

BACA JUGA  Bagaimana Membedakan Antara Kucing Persia dan Anggora?

Inggris

Di negeri Pangeran Charles ini, kucing hitam yang dihadiahkan kepada sepasang pengantin baru, dipercaya akan membawa keberuntungan.

Jerman

Seekor kucing hitam yang melompat ke atas tempat tidur orang yang sedang sakit, dipercaya sebagai pertanda bahwa orang sakit tersebut akan segera menjemput ajalnya. Hal yang sama pun menjadi kepercayaan di Italia.

Jepang

Lain Jerman, lain pula Jepang. Di negara matahari terbit ini, kucing hitam dipercaya sebagai pembawa keberuntungan, terutama sebagai pengenteng jodoh bagi para wanita lajang, di mana seorang gadis yang memiliki kucing hitam akan disukai banyak pria.

Latvia

Para petani Latvia percaya bahwa kucing hitam dapat memberi keberuntungan pada hasil panen apabila kucing tersebut bermain di ladang atau kebun mereka, sebab mereka percaya bahwa kucing hitam tersebut merupakan titisan dewa panen bernama Rungis. Kepercayaan ini juga terdapat di Skotlandia.

Mesir

Di negeri ini, kucing hitam merupakan perwujudan dari Dewi Bast, putri Ra sang dewa matahari.

Normandia

Di wilayah ini, kucing hitam dipercaya sebagai pembawa penyakit terutama jika melihatnya menyeberang jalan tepat pada saat bulan purnama.

Rusia

Warga Rusia percaya jika kucing hitam melintas di depan, maka orang yang melihatnya harus berjalan berbalik arah sambil memegangi salah satu kancing bajunya agar terhindar dari kesialan.

Indonesia

kucing hitam mata belang

https://www.flickr.com/photos/chrisyarzab/2847360874/

Bagaimana dengan Indonesia? Banyak pula mitos yang beredar seputar kucing hitam di negeri kita tercinta ini, antara lain;

  1. Jika seekor kucing hitam melangkahi tubuh mayat, maka mayat tersebut akan bangkit dan dirasuki roh jahat yang dibawa oleh kucing hitam tersebut.
  2. Jika saat berjalan terdapat kucing hitam yang sedang melintas didepan, maka usaha yang ingin dilakukan hari itu akan sia-sia.
  3. Jika menabrak seekor kucing hitam hingga mati, maka nasib sial akan menimpa penabraknya, kecuali jika kucing tersebut segera dikuburkan.
  4. Jika menabrak kucing hitam hingga terluka, maka si penabrak akan mendapat penyakit berat kecuali jika kucing hitan tersebut segera diobati.
  5. Jika seekor kucing hitam melewati badan jenazah, maka jenazah itu akan bangun dan memeluk salah seorang yang ada didekatnya, serta pelukan itu sulit untuk dilepaskan.
  6. Jika kucing hitam dipukul hingga terluka, maka rezeki si pemukul dan keluarganya akan berkurang selama dua bulan berturut-turut.
  7. Jika seekor kucing hitam tiba-tiba menjilati kaki seseorang bermakna bahwa orang tersebut akan mendapatkan rezeki dalam waktu satu bulan.
  8. Jika kucing hitam dipukuli hingga mati maka akan menyebabkan kesialan selama 3 bulan berturut-turut kecuali jika si pemukul segera mandi keramas kembang tujuh rupa sebelum lewat 6 jam dari kejadian kematiannya.
  9. Jika kucing hitam menjilat-jilat anusnya terus-menerus, disarankan menabur garam pada anusnya. Tingkah laku tersebut dimaknai sebagai penangkal agar penyakit yang akan menyerang pada salah satu anggota keluarga tidak jadi timbul.
  10. Jika melihat kucing hitam hendak menyeberang jalan, kemudian tidak jadi. Hal ini bermakna bahwa urusan yang sedang dilaksanakan akan mengalami kebuntuan atau tidak selesai.
  11. Untuk keberuntungan, terdapat saran agar memelihara kucing hitam yang terdapat pola putih dikeningnya. Ini dimaknai agar membawa pengaruh baik dalam mencari nafkah.
  12. Bulu kucing hitam yang sudah dikeringkan pun disarankan untuk disimpan sebagai jimat agar menang dalam berjudi.
  13. Jika menemukan kucing hitam beranak tujuh disekitar rumah, maknanya adalah si pemilik rumah akan menjadi orang kaya.
  14. Jika datang kucing hitam yang tidak memiliki majikan, kemudian kucing tersebut betah tinggal di rumah, ini pertanda bahwa si pemilik rumah akan beruntung.
  15. Jika seekor kucing hitam beranak empat dengan pola bulu belang-belang berada disekitar rumah, menandakan si pemilik rumah akan selamat sejahtera.
BACA JUGA  Yuk Kita Kenali Jenis-jenis Kucing di Dunia

Ternyata mitos yang ada tentang kucing hitam memiliki ragam makna yang berbeda. Adakah yang kamu percayai? Semoga saja tidak ada. Karena betapa membingungkannya jika kamu percaya akan mitos-mitos tersebut.

Nah, daripada kamu terjebak pada mitos yang membingungkan, sebaiknya kenali fakta sebenarnya tentang kucing hitam, yaitu:

1. Bersahabat

Seperti kucing lainnya, kucing hitam pun bisa menjadi teman yang menyenangkan jika dipelihara. Ia cukup bersahabat, baik dan penurut. Terlebih jika kamu memperlakukan kucing hitam dengan baik.

2. Sebagian kucing hitam memiliki warna yang tidak sepenuhnya hitam

Peranakan dari seekor kucing hitam murni belum tentu akan melahirkan anak kucing yang seluruh warna tubuhnya hitam, melainkan memiliki banyak kemungkinan warna lain pada tubuhnya seperti warna kemerahan dan putih.

3. Kucing hitam Bombay

kucing hitam bombay

https://www.flickr.com/photos/aplysia/2628477054/

Terdapat kucing hitam hasil kawin silang antara ras American Shorthair dengan ras Burmese, yang dikenal dengan nama kucing Bombay. Bermula dari keinginan seorang peternak kucing bernama Nikki Horner yang ingin membiakkan kucing dengan penampilan seperti macan kumbang, hingga menghasilkan kucing Bombay yang berwarna hitam pekat dan mengkilat, dengan bulu pendek dan halus, seperti macan kumbang.

4. Kucing hitam bukanlah ras tersendiri

Meski memiliki ciri khas berupa warna bulu yang hitam, namun menurut Cat Fancier’s Association, kucing hitam bukanlah ras, karena terdapat 22 ras kucing yang bisa memiliki warna hitam. Jadi ada kucing angora hitam, kucing persia hitam dan sebagainya. Hanya ras kucing Bombay saja yang tidak memiliki warna selain hitam.

Antara mitos dan fakta, mana yang akan kamu percaya? Tentu saja bagi seseorang yang memiliki akal dan keyakinan yang benar, menyayangi kucing hitam akan lebih utama dibanding takut atau membencinya. Setelah membaca ini, masihkah kamu percaya mitos seputar kucing hitam?

There are 12 comments for this article
  1. Niluh at 22:56

    kucing hitam selalu di takuti, kadang di bilang bawa sial. bahkan kalau liat kucing itam di bilang nasibnya bakal terus buruk. mending sih jangan terlalu percaya ya. malah rasa terlalu percaya membuat semuanya jadi kenyataan. mending biasain aja.

  2. anggrama ida bagus at 23:28

    Heii aku plihara kok kucing hitam total hitam sampek lidah dan darah nya pun hitam ,, aneh nya kucing ku ini klo (maaf) b.a.b atau pun kencing pasti slalu ke closet kamar mandi ku ,, ada mitos nya gak yg inih?

    • Adityas at 14:15

      sama kucing masa kecilku dulu juga berwarna hitam pekat sampai lidah pun kehitaman, kalau darah saya gak tau, hahaha tapi kalau mau pup selalu membangunkan ibu atau bapak untuk di bukain pintu, dan menutup kembali setelah selesai.. menurutku itu kecerdasan kucing yang sudah di biasakan..

  3. Liya at 23:49

    Bahagian “Sedang Berjalan Lalu Ada Kucing Hitam Melintasi Jalan” Apa Emang Beneran Usaha Kita Pada Hari Itu Akan Sia²? Tapi Gue Udah Berapa Kali Bertemu Kucing Hitam Yang Melintasi Jalan, Tapi Setiap Usaha Yang Aku Kerja Kan Berjalan Dengan Lancar Alhamduliallah.. Tapi Ada Yang Bilang Kalau Ada Kucing Hitam Melintasi Jalan Akan Bertemu Orang Jauh. Aku Sendiri Juga Bingung Yang Mana Satu Beneran? Bertemu Orang Jauh Atau Usaha Akan Sia²?

  4. Farell at 22:02

    aku memelihara kucing hitam yg terdampar dijalan karena tidak ada yg mempedulikannya. Kubawa pulang kerumah dan kuberi makan. Wallahualam.. keesokannya aku mendapatkan rezeki yg tidak diduga2.. keesokan harinya lg aku mendapatkan rezeki berkali2 lipat dr sebelumnya… dihari ketiga kucing hitam yg kupelihara tersebut hilang entah kmna… sekali lg ceritaku tersebut gak usah terlalu di percayai.. kebenaran hanya milik Allah… wallahualam semua terjadi atas kehendakNya.

  5. Chris at 12:27

    Waktu seminggu yg lalu gw jalan pake motor terus ada kucing hitam tiba2 nyebrang jalan trus gw lewatin tiba2 2 jam kemudian gw kesungai kaki gw jatuh luka besar,kyknya tuh makhluk memang bawa sial!!

  6. Yannie at 12:26

    Ah mitos jgn dipercaya, buktinya aku pnya kucing hitam 4, gpp tuh malah rmh ku selalu dipenuhi kebahagiaan dan rezeki

  7. Hengki at 10:57

    Aku kebetulan kedatangan kucing htm. Dulu wktu dtg msh kurus lusuh stelah bbrp minggu smpe skrg sdh gemuk dan bulunya lebat. Smpe skrg sdh kyak piaraan tuh kucing ngikut n ngajak maen kadang2. Suka mbulet di kaki. Itu artinya apa ya?

  8. Ardian at 03:07

    Saya juga plihara ni kucing hitam…mlah imut dia..penurut gak suka nglayap makanpun gak pilih”..kmna” ngikutin bab juga diluar..klau pda anggapan pmbawa sial itu mah nasip orangnya aja..jngan bawa” kucing hitam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *