Merawat dan Memberi Kasih Sayang Kepada Kucing Anda

Sudah sewajarnya setiap kucing hidup di dalam rumah pemiliknya yang mempunyai pengetahuan cukup tentang kucing, namun sering sekali terjadi ketidak tanggung jawaban pemilik terhadap sang kucing. Seperti contoh banyak kucing yang dibiarkan untuk mempertahankan diri sendiri atau diperlakukan sebagai barang yang dapat dibuang kapan saja dan sesuka hati.

Bila anda memiliki kucing untuk dijadikan teman hidup anda bukan sebagai barang antic untuk pajangan rumah anda, maka anda akan mendapatkan dan menciptakan hubungan yang menyenangkan dan saling memuaskan. Mendapatkan perhatian, kasih sayang, keceriaan seperti layaknya yang anda dapatkan dari manusia.

Perlu Juga diingat bahwa sifat kucing anda, kesenangan hidup, kesenangan dan kesejahteraannya dipengaruhi dengan cara anda dan orang orang sekitar anda memperlakukannya, dan juga dapat terlihat dengan Bagaimana cara anda merawat kucing anda.

Apabila anda dipelihara dengan tepat, kucing anda dapat mendatangkan kebahagiaan bagi Anda dan dia akan menyayangi serta terus loyal kepada anda. Anda akan mendapatkan kucing anda dengan tidak sabar menunggu anda untu pulang di sore hari, beberapa akan menunggu anda didepan pintu, bisa saja dia menunjukan penghargaan untuk anda dengan membawa pulang mangsa dan mempersembahkannya kepada manusia tersayangnya. Percaya atau tidak, kucing merupakan binatang yang dapat loyal kepada pemiliknya. Pada artikel ini akan dijelaskan point point Bagaimana cara merawat kucing. Simak artikel ini untuk selengkapnya.

 

A. Bagaimana Persiapan Kebutuhan untuk kucing?

Dengan memberikannya fasilitas dan alat kebutuhan lainya, anda dapat membuat sang kucing merasa nyaman. Membuatnya merasa nyaman merupakan suatu bentuk peduli dan kasih sayang anda kepada kucing anda. Ada beberapa Kebutuhan – kebutuhan penting  untuk merawat kucing anda

  1. Tempat Tidur Kucing dan Alasnya

Kucing biasanya merasanya nyaman untuk tidur di tempat yang empuk, ada juga yang memilih ditempat yang gelap. Beraneka ragam tempat tidur dapat di peroleh di pet shop, seperti yang berbentuk keranjang atau pun yang beratap. Bahannya pun beragam, ada yang terbuat dari dari fiberglass, plastic dan rotan. tempat tidur kucingDengan adanya tempat tidur khusus untuk kucing anda akan meminamalisir kan Kasur dan sofa anda penuh dengan bulunya yang rontok. Usahakanlah menaruh tempat tidur kucing ini di daerah yang sejuk dan nyaman bagi sang kucing.

  1. Kandang Kucing

Setiap pemilik kucing disarankan untuk memiliki kandang indoor dan Pet Cargo. Kandang indoor merupakan alternatif untuk “Rumah” atau pun tempat tinggal, dapat di gunakan untuk isolasi kucing yang sedang sakit ataupun bisa juga digunakan untuk menkawinkan kucing. Pet Cargo adalah kandang yang dapat dibawa bawa (Carry-able). Terdapat berbagai macam bentuk dan kualitasnya umumnya semakin mahal harganya, semakin bagus dan baik kualitasnya.

  1. Peralatan Memberi Makan dan Minum

Tempat untuk makan dan minum kucing biasanya terbuat dari plastik atau keramik, dengan kepraktisannya tempat makan dan minum kucing dibagi menjadi dua, biasa dan otomatis. memberi makan kucing kesayanganTempat makan otomatis sangat sesuai bagi para pemilik kucing yang sibuk bekerja, tempat makan dan minum otomatis ini akan mengisi ulang makanan atau minuman yang sudah habis. Tempat makan dan minum otomatis sering disebut juga Food Dispenser dan Water dispenser sudah banyak terjual di pet shop pet shop terdekat yang ada di indonesia.

  1. Alat Kebersihan

Salah satu hal penting untuk merawat dan menjaga kesehatan kucing anda adalah kebersihannya. Kebersihan kucing tergantung dari cara perawatan dan fasilitasnya, fasilitas untuk grooming seperti sisir , gunting, pemotong kuku, sikat, sikat gigi khusus kucing.lalu  biasakan lah gunakan bahan disinfektan secara rutin untuk membersihkan alat alat tersebut.selain memfasilitasi peralatan dan aksesoris untuk grooming, berikan lah litter box untuk tempat pembuangan kotoranya. Litter box biasanya berisi passir zeolite, karena praktis dan mudah dibersihkan.

  1. Tempat Menggaruk 

Kebiasaan alami kucing untuk menggaruk adalah hal yang wajar, mereka memilik sifat alama untuk mengasah kuku nya yang tumpul menjadi tajam. namun seringkali perabotan rumahlah yang menjadi sasaran. Berilah kucing scratching post sebagai fasiltias tempat mengasah kuku si manis.Dapat di beli di pet shop terdekat.

  1. Mainan

Kucing merupakan salah satu binatang peliharaan yang aktif dan senang bermain, maka sebab itu merekapun juga butuh hiburan. Sebagai pemelihara yang baik anda harus meberikan mainan yang menjadi kegemarannya seperti boneka tikus, bola, mainan yang menggantung, laser.mainan kucing lucu

BACA JUGA  Inilah Alasan Mengapa Kucing Sphynx jadi Kucing Termahal di Dunia

 

B. Bagaimana cara Pelatihan Membuang Kotoran?

Kucing secara alami adalah binatang yang bersih dan bila anda menyediakan tempat kotoran yang diletakan di tempat yang jauh dari makanan, seekor kucing dewasa dengan cepat akan belajar menggunakannya.Walaupun demikian, kucing perlu diajari menggunakan tempat buang kotoran, dan Anda dapat melakukan itu dengan meletakannya ke daerah itu di saat dia menunjukan tanda tanda akan membuang Kotoran paling sering dilakukan tidak lama sesudah bangun dan setelah makan.

Apabila anda meletakan kucing itu di dalam tempat membuang kotorannya secara tidak langsung dia akan segera belajar untuk melalkukannya sesuai dengan keinginan pemiliknya. Apabila kucing anda buang kotoran sembarangan, tegasilah kucing anda dengan agak meninggikan suara anda katakana bahwa anda tidak ingin dia buang kotoran disini. Perlu diingat bahwa jangan lah memarahi kucing namun cukup dengan menegasinya. Kucing belajar pun dengan proses, bersabarlah demi mendapatkan hasil yang baik.

1. Bagaimana cara Merawat Kebersihan Kucing?

Kucing merawat sendiri bulunya untuk Menjaganya tetap bersih namun juga untuk mengatur temperature badan. Karena bulu tebalnya, Kelenjar keringat kucing tidak seefektif milik manusia. Dalam cuaca yang panas atau setelah aktifitas yang berat, Seekor kucing tidak dapatmelepaskan cukup banyak panas dengan metode ini, jadi kucing mengimbangi dengan menjilatkan air luda ke bulunya: air ludah menguao dan membantu badan kucing menjadi sejuk.

BACA JUGA  Makanan untuk Kucing Anggora yang Sehat Tanpa Mahal

Hal ini menjelaskan mengepa seekor kucing lebih sering menjilat jilat bulu nya sendiri. Walaupun demikian banyak kucing yang malas dan tidak cukup merawat bulunya. Ada juga tekhnik unik untuk membuat kucing malas merawat bulunya sendiri yaitu dengan mengoleskan mentega ke bulunya. Namun untuk kucing yang bulunya terlalu panjang untuk dirawatnya sendiri , anda perlu merawat bulu kucing itu secara reguler. Biasakan kucing anda untuk dimandikan secara teratur. Kuku kucing juga dapat membuat kucing anda gampang kotor jadi gunting dan bersihkan lah kukunya.

2. Bagaimana Kebutuhan Nutrisi si Kucing?

Sama halnya dengan manusia, kucing pun butuh kecukupan nutrisi dan gizi yang baik untuk tubuhnya.Apapun makanan yang dimakan si manis akan mempengaruhi kesehatan tubuhnya, Seperti bulu, kekuatan tulang, pencernaan yang baik, keaktifan serta tingkah lakunya. Berbagai macam jenis makanan untuk kucing yang dapat anda beli untuk kucing anda,Makanan kucing bisa berupa basah dan kering. Makanan basah biasanya terkemas dalam kemasan kaleng dan saset, Makanan untuk kucing yang kering, terkemas dalam kemasan plastik dengan berbagai macam berat bersih, namun dalam hal ini terkadang sang pemilik sering memilih makanan kucing yang tidak baik dengan alasan lebih murah atau pun tidak mengenali makanan bagaimana yang baik untuk si meong.

Pemilik kucing butuh wawasan yang cukup untuk dapat menyaring kriteria makanan untuk kucing apa saja yang baik untuk kucing, Seperti pentinjauan kandungan nutrisi dan angka kecukupan gizi makanan tersebut. Tak hanya itu pemilik juga harus mengetahui makanan apa saja yang tidak boleh dimakan untuk kucing, sepeti nasi, susu, coklat,almond dll. beberapa acuan nutrisi yang perlu bagi kucing Acuan ini penting saat pemilik meninjau nutrisi yang ada di Cat food lainya.

  • kandungan protein tinggi, minimal 25 %. Semakin tinggi kandungannya biasanya lebih baik.
  • Rendah lemak, efisiensi pencernaan lemak pada kucing sangat rendah.
  • pH rendah (derajat asam tinggi).
  • Magnesium rendah. Kandungan magnesium tinggi dapat menyebabkan gangguan pada saluran kencing.
  • Taurin
  • Asam arakidonat (arachidonic acid)
  • Vitamin & mineral ( Vit A, B12, Niacin, Thiamin)

Ingatlah untuk sesuaikan dengan gizi yang dibutuhkan oleh kucing, selain soal kenyang, si kucing tidak boleh kekurangan gizi ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *