Mengetahui Cara Perawatan Kucing Anggora yang Tepat

Kegemaran pada kucing anggora tentunya juga sangat memperhatikan cara perawatan kucing anggora. Kucing anggora merupakan kucing yang sangat populer di kalangan pebisnis dan pecinta kucing karena tampilannya yang anggun. Di samping itu kucing anggora memiliki bentuk wajah seperti segitiga dengan tubuh berotot, mata tajam, serta ekor yang memanjang. Hal ini yang menjadi kekhasan kucing anggora`di kalangan komunitas penggemar kucing anggora dengan bulu panjang dan permukaan kulitnya yang halus.

Kucing anggora dengan memiliki bulu yang panjang tentunya memerlukan perawatan rutin untuk mempertahankan penampilan. Namun, kucing anggora memilik tekstur halus sehingga cara perawatan kucing anggora menjadi lebih mudah. Mengenai bulu kucing yang sangat rentan terhadap kerontokan, maka pada bulu kucing anggora saat terjadi kusut pada dasarnya mesti disikat minimal 2 hingga 3 kali dalam seminggu. Cara perawatan ini akan membantu memudahkan pemilik kucing memastikan kucing anggora akan merasa nyaman saat disikat.

Selain itu, kucing anggora membutuhkan perawatan secara teratur seperti memperhatikan semua rambut longgar yang dapat terjadi penggumpalan dengan cara menghilangkannya. Di samping itu cara perawatan ini sebenarnya sekaligus membantu kucing membersihkan kotoran yang menempel pada kulitnya karena kebiasaan kucing yang senang menjulurkan lidahnya pada bagian kulit atau bulunya sendiri. Mengapa harus dicegah sedini mungkin sebelum bulu rontok masuk ke saluran pencernaan kucing? Bulu yang rontok jika masuk ke saluran pencernaan kucing dapat mengakibatkan bahaya, karena bila dicerna dapat berubah menjadi hairballs yang dapat menyebabkan masalah pada kesehatan kucing anggora

kucing anggora putih bersihHal-hal demikian sangat penting bagi pebisnis maupun pecinta kucing anggora dengan memperhatikan secara seksama cara perawatan kucing anggora saat menghadapi masalah sehingga menjaga kucing anggora tetap hidup sehat. Di samping itu, cara perawatan kucing anggora lainnya dapat melihat dari daya geraknya. Kucing anggora juga sama dengan kucing pada umumnya yang membutuhkan elastisitas gerak tubuh, sehingga penting bagi pemilik kucing untuk menyediakan fasilitas untuk melatih kucing anggora terbiasa berlari.

BACA JUGA  Toko Kucing Anggora Terlengkap dan Terkece

Perawatan kucing anggora bukan hanya dilihat dari luarnya dalam hal ini menyangkut fisik, namun harus dilihat juga dalam tubuhnya seperti asupan gizi, vitamin, nutrisi atau pun makanan yang cocok untuk diberikan. Dibutuhkan cara cerdas untuk menangani kucing anggora agar tetap terlihat sehat dan indah dengan mencari informasi di internet atau dapat langsung menanyakan kepada ahlinya. Nah, berikut secara umum cara perawatan kucing anggora dilihat dari asupan yang masuk ke dalam tubuhnya diantarnya adalah :

  • Memperhatikan jumlah gizi, jenis tingkatan umur pada kucing anggora tentunya membutuhkan porsi gizi yang berbeda beda. Pada anak kucing anggora tentu membutuhkan dua kali lipat dari gizi yang diperlukan oleh kucing anggora dewasa. Pemberian asupan gizi juga perlu dikontrol dengan baik, seperti tidak memberikan makanan secara berlebihan karena sangat tidak baik bagi kucing anggora. Sebaiknya pemberian makanan kepada kucing anggora secara rutin diberikan 4 kali dalam sehari. Jika memasuki umur 8 hingga 10 minggu, akan lebih baik jika memberikan makanan seperti nasi, daging, ataupun susu
  • Kadang kucing dimandikan setiap hari dengan anggapan akan semakin tampak bersih dan indah dipandang mata. Namun, hal itu juga sangat berpotensi bagi bulu kucing sehingga tidak perlu memandikan kucing secara teratur. Sebaiknya memandikan kucing diperlukan saat terasa kucing bulu kasar dan tercium aroma bau tidak sedap. Di samping itu, suhu derajat air juga perlu divariasikan dan juga tergantung pada kondisi kulit kucing. Jika kulit kucing terkena iritasi dianjurkan memandikannya menggunakan air dingin, air panas digunakan saat kucing mengalami kedinginan atau dalam kondisi kulit yang prima. Setelah dimandikan perlu diperhatikan sikat yang digunakan untuk menyisir bulu kucing yaitu menggunakan sisir khusus. Hal tersebut berfungsi untuk menghilangkan kuman, bakteri serta rambut mati.
  • Setiap jenis kucing tentu akan mengalami kerentanan terhadap penyakit termasuk kucing anggora. Upaya yang perlu diberikan adalah dengan memberikan vaksinasi yang tepat kepada kucing anggora agar mencegah virus penyakit menyerang sehingga kucing bisa terhindar dari hal itu. Di samping itu, perlu juga memperhatikan dengan mengetahui bagian mana saja yang rentan terhadap bakteri seperti bagian teling, kuku dan gigi. Saat mendapati kondisi seperti itu, maka segera bersihkan area tersebut agar terhindar secara dini dari hal-hal yang menyebabkan penyakit
  • Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa kucing anggora memerlukan aktivitas lainnya untuk melatih otot-ototnya seperti halnya manusia. Seperti dengan mengajak kucing anggora ke lokasi-lokasi yang dapat membantu mempertahankan kelincahan, gerak tubuh dinamis, serta tetap menjaga kondisi sehat. Kebiasaan sehari-hari lainnya juga sangat perlu dijaga dengan tetap melatih kucing anggora ke tempat-tempat pada umumnya seperti ke rumah makan, ke toilet, ke tempat tidur, dan lain sebagainya. Ini pula yang membantu pemilik kucing menjaga kebersihan rumah dari kotoran kucing anggora sehingga potensi penyakit menjadi berkurang.
BACA JUGA  Makanan untuk Kucing Anggora yang Sehat Tanpa Mahal

hello anggora

Memiliki kucing atau memelihara kucing anggora bukan hanya sebatas menjaga luar tubuhnya, melainkan memerhatikan pula asupan atau makanan apa yang masuk ke dalam sistem pencernaannya. Di atas hanya sekelumit cara perawatan kucing anggora yang sederhana dan mudah dilakukan bagi semua pemilik kucing anggora. Hal utama yang perlu diperhatikan adalah membentuk karakter kucing anggora kearah yang positif menyangkut sikap, perilaku serta kebiasaan rutin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *