Mengenal Lebih Dekat dengan Ras Kucing Persia

Kucing persia merupakan salah satu ras kucing tertua yang ada di dunia. Kucing ini berasal dari negara yang dikenal persia, yaitu Iran. Pertama kali diperkenalkan oleh Pietro della Valle pada tahun 1620 M. Kucing ini dibawa dari Turki ke Perancis oleh Nicholas Claude Fabri de Pereisc, setelah itu diperkenalkan ke Inggris. Di Inggris, jenis kucing persia ini dipopulerkan oleh Queen Victoria dan Edward VII.

Pada tahun 1800 an kucing persia menjadi sangat populer di belahan Eropa, Amerika dan dunia. Dalam artikel Harpers Weekly (terbit 27 Januari 1872) menerangkan bahwa terdapat ilustrasi perlombaan kucing persia di London Crystal Palace Show yang di ikuti oleh beberapa jenis kucing, dan persia masuk dalam perlombaan tersebut. Pada akhir abad 19 an kucing ini mulai dikenal oleh para penggemar kucing. Dipelopori oleh peternak Inggris lalu berkembang ke Amerika setelah perang dunia ke-2.

Setelah kita mengetahui sejarah kucing persia. Kali ini saya akan memberikan informasi tentang macam-macam kucing persia. Kucing ini memiliki tempramental yang tenang, pendiam dan lembut. Kucing persia memiliki beberapa tipe warna yaitu solid, bicolor, multicolor, tabby dan smoke. Berikut penjelasannya:

  1. Persia Flatnose

kucing persia flatnoseKucing persia jenis ini memiliki hidung yang agak pesek. Kepala kucing ini sedikit mebulat. Badan agak yang gemuk. Sehingga kucing ini terlihat menggemaskan. Dari segi warna, warna dari kucing ini hampir sama dengan jenis persia lainnya.

  1. Persia Peaknose

kucing persia peaknoseKucing persia jenis ini memiliki postur tubuh yang bulat, berwajah bulat dan rata, letak hidung yang sejajar dengan mata dan kaki yang pendek juga agak besar. Persia jenis ini merupakan salah satu persia yang paling diminati untuk dipelihara dan yang paling populer di Indonesia. Jenis kucing ini seringkali diikutkan dalam perlombaan. Karena bentuknya yang menggemaskan kucing ini memiliki keindahan yang tinggi bila semakin pesek.

  1. Persia Himalayan

Kucing persia jenis ini merupakan jenis kucing yang paling menonjol, karena sangat mudah membedakan kucing ini dengan kucing lainnya. Ciri khas kucing persia Himalayan adalah warna hitam yang ada pada sekitar terlinga, mata, ujung kaki, dan ekor.

  1. Persia Medium

Sesuai dengan namanya, persia jenis ini memiliki ukurang tubuh yang sedang. Berbeda dengan persia jenis peaknose atau flatnose, persia jenis ini memiliki hidung yang mancung. Jenis persia ini memiliki bulu yang relatif panjang.

  1. Persia Chinchilla

Persia jenis ini dikenal juga dengan sebutan Silver Persian. Karena bulu dari kucing ini berwaran perak atau emas. Hidung dari persia ini lebih mancung dibandingkan persia Peaknose. Hampir mirip dengan Persia Medium. Kucing ini masih dikategorikan Persia dalam Cat Show. Ciri kucing ini memiliki gradasi warna dari gelap ke terang, yang didominasi oelh warna terang. Ciri lain termudah untuk mengenali jenis ini adalah warna matanya berwarna blue-green atau green.

mengenal kucing persia

Nahh, lucu dan menggemaskan bukan? Bagaimana sekarang?? Apakah tertarik memeliharanya?

BACA JUGA  Jenis-jenis Ras kucing terpopuler di dunia

Silahkan anda pilih jenis persia kesukaan anda, lalu anda pelihara dengan baik. Kasihan kan sudah imut nan menggemaskan namun dipelihara dengan kurang perhatian. Semoga pilihan anda tepat dengan harapan anda, dan jangan lupa memberi nama untuk kucing tersebut. Referensi nama bisa dilihat di informasi ini. Semoga berbahagia dengan kucing anda. Sekian dan terima kasihh….

Sampai bertemu di artikel lainnya yaa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *