Mengenal Kucing Persia Berbulu Pendek yang Unik

Seberapa jauh anda mengenal kucing ras jenis persia? Pernahkah anda melihat jenis kucing persia yang memiliki ciri khas berbeda dari kucing persia pada umumnya? Di artikel ini, anda akan diajak untuk mengenal kucing persia berbulu pendek yang unik. Anda yang penasaran terhadap jenis kucing persia yang satu ini akan mendapat informasi terbaik dari semua hal tentang mengenal kucing persia berbulu pendek yang unik.

Sekilas, kucing persia berbulu pendek tidak dapat dikatakan sebagai jenis dari kucing persia itu sendiri. Bila kita tidak mengingat ciri khas hidung kucing persia yang pesek, kita tidak akan mengira bahwa kucing ini merupakan jenis kucing persia juga. Kucing persia berbulu pendek, atau biasa disebut kucing exo adalah jenis kucing ras hasil persilangan kucing persia dengan ras kucing lain. Kucing exo memiliki banyak keunikan yang banyak membuat pecinta kucing penasaran, diantaranya:

HASIL PERSILANGAN DUA RAS KUCING ISTIMEWA

Kucing exo atau yang memiliki nama panjang Exotic Shorthair adalah kucing hasil persilangan (breeding) dari kucing ras jenis American Shorthair dan kucing ras persia. Awalnya, kedua kucing ini disilangkan dengan tujuan mencari kekhasan baru yang timbul dari bagian mata dan warna bulu tanpa ada maksud inovasi lain. Hasil persilangan yang juga menimbulkan inovasi baru pada tubuh dan bulu kucing pun membuat kucing exo ini menjadi kucing yang menggemaskan dan banyak digemari. Kini, para breeder pun banyak melakukan persilangan untuk menghasilkan jenis-jenis yang unik dari kedua ras kucing tersebut.

JENIS KUCING RAS YANG POPULER

Dikarenakan keunikan yang dimilikinya, kucing exo pun menjadi salah satu kucing ras populer yang banyak digemari oleh para pecinta kucing. Hal ini terbukti dari terpilihnya kucing exo sebagai peringkat satu dan dua selama tiga tahun berturut-turut (2011-2013) di ajang CFA (Cat Fanciers’ Association) yang menjadi event dari asosiasi penyayang kucing dunia yang populer di Amerika serikat. Kucing exo terbukti sukses memikat para pecinta kucing dengan karakteristik sifat dan tubuh yang unik.

BACA JUGA  Popularitas Kucing Persia Putih di Kalangan Pecinta Kucing

kucing persia bulu pendek

TIDAK SELAMANYA BERBULU PENDEK

Beberapa kucing exo yang berasal dari persilangan diketahui tidak semuanya memiliki bulu yang pendek. Jenis kucing exo yang berbulu panjang dikenal dengan sebutan Exotic Longhair yang juga merupakan cikal bakal dari hasil persilangan American Shorthair dan kucing persia. Namun, hasil persilangan dominan memang merujuk pada kucing exo berbulu pendek. Hal ini dikarenakan pada proses persilangan, gen bulu panjang pada persia berada pada posisi resesif (tidak unggul) sehingga sifat dari bulu panjang pada ras kucing persia ini tertutupi dengan sifat bulu pendek dari ras American Shorthair yang lebih dominan (unggul).

BULU TETAP MUDAH RONTOK

Walaupun berbeda, kucing exo masih merupakan keturunan dari kucing ras persia. Bulu-bulu pada kucing exo pun tetap mudah rontok seperti kucing persia pada umumnya. Berikan makanan khusus kucing persia bagi kucing exo dan rawat bulunya sedetail mungkin agar kucing exo tidak mengalami kerusakan yang parah pada problem rontok bulu.

LEBIH MANJA DAN CERDAS

Pada saat berada di dekat pemiliknya, kucing exo terbukti memiliki sifat yang lebih manja ketimbang kucing persia pada umumnya. Mereka terkenal baik dan tidak agresif juga senang bergelayut atau bahkan duduk di pangkuan anda. Kucing exo pun memiliki rasa keingintahuan yang tinggi dan berani mengeksplor hal-hal baru. Dari hal inilah kucing exo bisa dikatakan sebagai kucing yang lebih cerdas dari kucing persia pada umumnya.

BACA JUGA  Inilah Gambar Snoopy, Kucing Persia Eksotik Paling Terkenal di Instagram

LEBIH MALAS NAMUN LINCAH DI SAAT-SAAT TERTENTU

Kucing exo terkenal memiliki sifat tenang yang lebih baik dibanding kucing persia pada umumnya. Kucing exo terkenal lebih malas dari kucing persia namun lincah di saat-saat tertentu. Tingkah lincah yang satu ini dilatarbelakangi oleh rasa ingin tahunya yang besar dalam mencari jawaban dari suatu hal. Kucing exo jarang mengeong selama menunjukkan sisi aktifnya. Mereka cenderung mandiri jika berhadapan dengan hal-hal baru dan jauh dari pemiliknya.

PERAWATAN LEBIH MUDAH

Dibandingkan dengan kucing persia pada umumnya, kucing exo memiliki segi perawatan yang lebih mudah. Kucing exo yang memiliki bulu pendek cenderung lebih mudah dikeringkan bulunya setelah mandi dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Bulu kucing exo pun tidak harus disisir setiap hari karena bulu yang dimiliki kucing exo tidak sepanjang kucing persia pada umumnya.

Setelah membaca artikel diatas, tentunya anda menjadi lebih mengenal kucing persia berbulu pendek yang unik ini. Bagi anda yang berminat untuk memelihara kucing exo, pastikan bahwa anda membeli kucing exo tersebut dari tempat yang jelas dengan jenis kucing exo pet quality. Pilihlah kucing exo yang sehat. Kucing exo yang menggemaskan sudah tentu akan menjadi milik anda dengan baik.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *