Mengenal dan Merawat si Manis Persia

Siapa yang tidak kenal dengan si manis imut ini? Hampir semua orang dan cat lovers sudah mengenail kucing manis ini. Kucing Persia merupakan salah satu kucing yang populer di kalangan masyarakat pecinta kucing di Indonesia. Tentu saja sangan menarik untuk mengenal kucing ini, apa yang menyebabkan si manis ini menjadi sangat populer dan memilik nilai yang tinggi?. Sejak dulu kucing Persia merupakan kucing berharga para bangsawan, oleh sebab itu sampai sekarang kucing Persia mempunyai nilai yang tinggi dibandingkan kucing kucing yang lainnya.

Tidak hanya populer, kucing ini juga memerlukan biaya yang cukup besar, mengingat bulunya yang panjang serta matanya yang bulat dan besar memerlukan perawatan ekstra. Merawat Kucing Persia  tidak hanya memerlukan biaya yang cukup tapi juga tekhnik yang benar. Penting bagi para pemilik kucing Persia untuk mengenal dan mengetahui tips Merawat kucing Persia. Simak artikel berikut ya!

Sejarah Kucing Persia

Kucing Persia merupakan salah satu kucing yang populer di kalangan masyarakat pecinta kucing di Indonesia. Banyak yang berkata bahwa kucing Persia merupakan ras kucing tertua selain Turkish anggora. Ada beberapa versi yang mengatakan bahwa kucing Persia berasal dari seperti nama jenisnya sendiri yaitu Persia (yang sekarang berubah menjadi iran) dan versi yang lainnya  mengatakan bahwa kucing jenis persia di impor dari turki dan disebarluaskan di Negara bagian eropa, perlu dipahami bahwa di Negara turki pun jenis jenis memiliki bulu yang panjang seperti Turkish Anggora, yang pada akhirnya memungkinkan terjadinya penurunan sifat yang diwariskan ke generasi kucing Persia selanjutnya, maka dari itu umumnya kucing ras asli Persia biasanya memilki tipe bulu yang panjang (Longhaired breed).

ciri-ciri kucing persia

 

Namun banyak juga yang lebih memilih kucing Persia yang pendek (Shorthaired breed) dengan alasan keperawatannya lebih mudah dari pada yang berbulu panjang (Longhaired breed). Seperti yang terkutip di www.yudhe.com dipercaya dengan halnya Kucing Persia dikenalkan dari inggris langsun ke perancis dan karena sebelumnya kucing Persia ini dulu tidak memiliki bulu yang panjang seperti yang bisa kita lihat saat ini. Karena saat di turki mereka di kawin silangkan dengan kucing ras anggora yang berbulu panjang (Longhaired) yang ada di turki. Namun ada juga versi lain yang mengatakan kucing Persia ini ada genetic yang sama dengan kucing liar yang ada di afrika dengan tujuan mendapatkan bulu yang panjang.

BACA JUGA  Cara Merawat Bulu Kucing Persia Kesayangan Kamu

Sudah tidak diragukan lagi  bahwa Persia adalah kucing yang memilik nilai tinggi  dibandingkan dengan kucing yang lain. Mereka sejak dulu menjadi kucing langka dan menjadi favorit kucing para bangsawan, ada yang beranggapan bahwa kucing ini merupakan turunan dari Felis Libyca, yang asalnya ada di benua afrika dan asia anggapan ini didokumentasikan pada tahun 1962 keatas. anggapan ini juga mengatakan bahwa Persia saat itu memiliki nilai jual paling tinggi. Kucing Persia di kenalkan ke U.S.A dan canada pada awal tahun 1900-an, dan sejak munculnya kucing Persia, di saat itu juga kucing menjadi dipeliharaan populer.Kucing ini langsung menjadi tren kucing peliharaan paling diminati dari seluruh dunia. Pada jaman dulu sampai sekarang kucing Persia sering muncul di acara acara untuk cat show dan perlombaan kecantikan lainnya

Beberapa Tips Merawat Kucing Persia

1. Kucing Persia membutuhkan bulu yang rapih dan halus

sikatlah bulunya tiap hari. Disarankan untuk perlahan-lahan Menyikat kucing ini selama minimal 15 menit sehari dengan menggunakan sisir logam bergigi halus untuk menghilangkan kutu dan gangguan lainnya. Hal ini membuat Bulu mereka sehat serta menghemat uang dari pada ke tempat grooming salon. Sementara menyikat, pastikan untuk tetap perhatian dengan daerah yang sulit untuk diraih sang kucing sendiri, seperti tengorokan, leher, bagian ekor, dan bagian di kaki. Pastikan cek bagian bagian kusut dan menggumpal di seluruh daerah badannya

BACA JUGA  Inilah 8 Cara Mudah Merawat Kucing Persia

2. Kucing Persia Membutuhkan Mandi yang teratur

kucing Persia membutuhkan mandi mingguan atau bulanan – terutama jika mereka pernah berpetualang diluar.Jadwal Frekuensinya tergantung dari pemilik,   rekomendasi dokter hewan, dan gaya hidup si kucing. Kucing yang aktif di halaman rumah mengambil kotoran, serangga, ranting, dan yang lainnya berbahaya bagi kucing berbulu panjang ,karena itu memerlukan lebih banyak mandi daripada kucing yang menghabiskan hidup mereka di dalam ruangan. Tetapi bukan berati kucing yang tinggal di dalam ruanga tidak memiliki risiko tidak sehat bulunya yang panjang, juga dapat menyebabkan sisa kotoran mereka menjadi sengaja terjebak, bahkan tertanam, pada kaki atau ekor. Ini menimbulkan bahaya kesehatan tidak hanya untuk kucing, yang mungkin tidak sengaja menelan zat selama sesi perawatan pribadi, tapi pemiliknya juga. Mandi secara teratur dalam memandikannya mengurangi penyebaran bakteri di rumah akan membantu kesehatan lingkungannya sendiri

3. Pastikan untuk membersihkan di sekitar mata mereka.

Karena datarnya wajah mereka serta berhidung pesek yang mencirikan keturunannya, kucing Persia memiliki kecenderungan untuk menderita air mata yang berlebih pada kucing persia, lengket, atau mata berkerak. Akibatnya, wajah mereka dapat berubah warna dan terinfeksi bakteri. Kucing berwarna halus mungkin akan mendapati wajah kucingnya meninggalkan bekas yang tak enak dipandang. Tergantung pada tingkat berlebihnya air mata, mereka akan perlu dibersihkan sekali atau dua kali sehari. Kucing dengan moncong lebih jelas cenderung untuk jarang untuk menangani isu-isu ini dibandingkan dengan wajah lebih datar. Untuk mengatasinya dapat menggunakan handuk atau tisu, kertas dibasahi dengan air hangat, atau kain lap lembut dibersihkan secara perlahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *