Inilah Makanan Terbaik yang Akan Membuat Anak Kucingmu Gemuk dan Sehat

anak kucing lucu

sumber gambar: petlogue.com

Hampir semua orang suka melihat anak kucing yang gemuk dan lucu. Anak kucing yang aktif bermain dan berbulu lebat menjadi sebagian tanda pertumbuhannya berlangsung optimal. Kecukupan gizi anak kucing akan menentukan tumbuh kembangnya untuk menjadi kucing dewasa yang kuat dan sehat.

Tapi, bukan hal yang mudah untuk menjaga makanan kucing dengan asupan gizi yang tepat. Terkadang majikan hewan lupa akan menu makanan yang sesuai dengan keperluan standar pertumbuhan kucingnya. Padahal, pemeliharaan yang kurang tepat dapat menghambat pertumbuhan bahkan membahayakan jiwa anak kucing.

Lalu, apa saja yang perlu diperhatikan dalam menyiapkan makanan terbaik bagi anak kucing kamu? Silakan simak ulasan berikut ini.

Makanan untuk Anak Kucing Sebelum Berusia 4 Bulan

Sama seperti mamalia lain, anak kucing membutuhkan susu induknya. Segera setelah lahir, induk kucing biasanya langsung menyusui anak-anaknya. Dalam hal ini, pemilik kucing perlu untuk memberikan asupan makanan bergizi pula bagi sang induk. Tujuannya agar induk menghasilkan banyak susu, sehingga mencukupi kebutuhan seluruh anak kucing yang lahir.

kucing menyusuiKonsumsi susu sebaiknya terus berlangsung sampai anak kucing mencapai usia 5 minggu. Upayakan agar kamu selalu memantau perkembangan setiap anak kucing. Kadang, terdapat anak kucing yang kurang sehat yang membutuhkan perhatian lebih.

BACA JUGA  Inilah 20 Langkah Jitu Memandikan Anak Kucing

Kesehatan induk juga penting untuk kamu perhatikan. Mengingat makanan kucing di minggu-minggu awal hidupnya hanya bergantung dari sang induk. Maka, pastikan induk selalu tercukupi, baik dari sisi makanan dan minuman yang bersih.

Saat menginjak usia 6 hingga 7 minggu, anak kucing harus mulai disapih. Caranya bisa dimulai dengan memisahkan kandang, yang diikuti dengan pemberian makanan padat. Tidak perlu langsung memberikan dalam jumlah banyak. Mulailah memberikan dengan porsi sedikit per anak kucing.

Ketika pertama kali diperkenalkan dengan makanan padat, anak kucing umumnya akan menolak. Meski ada juga yang langsung tertarik. Kamu tidak boleh menyerah. Berikan dia kesempatan untuk mencoba sedikit makanan padat yang kamu berikan dengan memasukkan secuil ke tepi mulutnya.

anak kucing makanWalaupun kucing termasuk hewan pemakan daging, tapi bukan berarti dia tidak membutuhkan jenis makanan lain. Untuk perkembangan saluran pencernaan yang optimal, anak kucing perlu diberikan makanan berupa biji-bijian, seperti gandum. Berikan porsi makanan dengan kombinasi daging serta serealia secara rutin.

Jangan lupa untuk mengganti bentuk makanan basah dan kering secara bergantian. Biarkan anak kucing mengenali jenis-jenis makanan. Dalam tahap tumbuh kembang ini, kandungan nutrisi yang tinggi, baik dari porsi lemak, protein, karbohidrat, serta mineral, akan menjadikan anak kucing gemuk dan sehat.

BACA JUGA  5 Kesalahan Dalam Memelihara Kucing Ini Harus Kamu Hindari

Makanan untuk Anak Kucing Setelah Berusia 4 Bulan

Setelah berusia lebih dari 4 bulan, anak kucing lebih memerlukan asupan makanan yang dapat mendukung perkembangan imunitas. Maka, berikan menu seimbang yang mendukung sistem kekebalan tubuhnya. Jangan lupa, anak kucing kamu juga membutuhkan vitamin dan mineral.

anak kucing berusia lebih dari 4 bulanTidak lagi terlihat gembul, biasanya pada usia 5-7 bulan, kucing akan menunjukkan perkembangan otot yang kencang. Kucing akan menjadi semakin aktif. Bahkan, mulai tampak tanda pubertas.

Tentu faktor ras akan memengaruhi sikap dan perilaku kucing. Kucing lokal cenderung lebih agresif dibandingkan ras anggora. Demikian halnya dengan kucing hasil persilangan yang memiliki sifat bawaan dari induknya.

Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter hewan jika kamu kebingungan dalam menentukan menu makanan kucing. Tidak ada salahnya untuk menanyakan, apakah makanan yang kamu berikan telah sesuai dengan kebutuhan gizi kucing. Bahkan, akan jauh lebih baik jika kamu memeriksakan anak-anak kucing beserta induknya. Pemeriksaan secara rutin akan membantu menjaga kesehatan dan kebugaran kucing kesayangan kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *