Lebih Dalam Mengenal Kucing Persia Exotic

Tidak hanya kulit manusia saja yang mendapat julukan exotic, tetapi juga julukan tersebut juga ditujukan untuk hewan yaitu kucing persia exotic. Lalu mengapa kucing jenis persia ini bisa disebut sebagai kucing exotic? Ternyata karena kucing persia ini merupakan hasil perkawinan silang antara kucing persia silver dengan ASH yaitu kucing American Shorthair. Tujuan awal dari perkawinan silang ini adalah untuk keanekaragaman genetik serta melengkapi kekurangan pada tipe dan bentuk badan dan tentunya agar dapat menghasilkan warna silver.

Asal Usul Kucing Persia Exotic

Sekitar tahun 60-an, Seorang Juri dari Cat Franciers Association (CFA) yang juga seorang pemilik ASH, menyarankan ide percampuran ras antara Persia dan ASH untuk memunculkan ras yang baru. Awal mulanya, percampuran ras ini banyak mendapatkan pro dan kontra, terutama penolakan. Pemilik kucing dengan ras persia  tidak mau menjual kucingnya kepada para penyuka exotic. Hingga akhirnya, penggemar exotic berusaha untuk mempertahankan dan memperkuat gen untuk bulu yang pendek, yaitu dengan melakukan perkawinan silang antara kucing yang mereka miliki dengan kucing British Shorthair, Russian Blue, dan Burnese.

BACA JUGA  Kucing Persia Ternyata Banyak Jenisnya Lho!

Perkawinan yang dilakukan oleh para penggemar kucing exotic berhasil ditandai dengan didapatkannya kucing dengan gen bulu pendek yang dominan dan stabil. Setelah hal ini terjadi, barulah mereka mengawinkan kucing ini dengan kucing persia lagi agar didapat bentuk kepala dan badan seperti kucing persia.  Tahun 80-an CFA akhirnya memberi izin perkawinan antara kucing exotic shorthair dengan kucing ras persia.

persia exotic putihDari hasil perkawinan ini ternyata didapatkan kucing ASH dengan ciri persia. Ciri dari Kucing Persia Exotic ini terdapat pada bagian kepala yang lebih lebar dan bulat, lalu pada bagian hidung yang pesek, bagian telinga kecil. Sementara untuk bagian badannya lebih lebar dan lebat, serta memiliki bulu yang jauh lebih panjang dan tebal dari ASH. Kucing jenis ini terlihat sangat menawan namun tidak menampilkan ciri kucing ASH yang sesungguhnya. Seiring dengan berjalannya waktu, kucing ini menjadi populer.

Karakteristik Kucing Persia Exotic

Kucing Persia Exotic  memiliki sifat seperti kucing persia yang anggun dan tenang, namun kucing ini lebih aktif dan lincah, tidak seperti kucing persia pada umumnya. Kucing ini akan sering mengajak pemiliknya bermain karena memiliki rasa ingin tahu namun tidak sering mengeong. Sehingga cocok untuk para pemilik yang tinggal di apartermen karena tidak menimbulkan banyak suara. Tetapi kelincahan kucing ini juga tidak bisa diremehan karena mereka juga senang berburu tikus.

BACA JUGA  Sukses Jual Kucing Anggora Murah di Bekasi

dua kucing persia exoticKucing exotic ini merasa lebih senang jika berada didekat pemiliknya, tidak suka ditinggalkan sendirian, namun bukan bearti kucing yang manja. Hal ini terjadi karena mereka senang memperlihatkan rasa sayang dan kesetiaan mereka kepada para pemiliknya. Pemilik pun tidak perlu repot mengurus kucing ini, karena bulunya yang tidak sepanjang bulu kucing persia yang harus sering dirapikan, maka dalam hal perawatan kucing jenis ini akan lebih mudah. Kucing ini juga dapat berinteraksi baik dengan kucing lain bahkan anjing sekalipun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *