Sudah Tahu Tentang Kucing Singapura? Seperti Apa Sih?

Hai catlovers, tahukah kamu, diantara banyaknya jumlah dan ragam ras kucing di dunia ini ada sebuah ras kucing yang diberi nama kucing singapura?

Kenapa ya diberi nama kucing singapura? Apakah karena ia berasal dari Singapura atau ada alasan lainnya? Bagaimana pula dengan deskripsi ciri fisiknya? Supaya tidak penasaran, yuk kita simak penjelasan di bawah.

Sejarah Kucing Singapura

Singkat sejarah dari kucing singapura memperoleh nama demikian disebabkan oleh hal yang sederhana. Kucing ini sempat dikirim ke Singapura dari Amerika Serikat untuk kemudian dibawa ke negara Paman Sam lagi, oleh Tommy dan Hal Meadow yang sempat bekerja di Singapura.

anak kucing singapura

kucing.biz

Setelah melalui penelitian oleh Cat Fanciers Association (CFA), kucing singapura akhirnya memperoleh pengakuan sebagai kucing ras asli. Hal ini berarti bahwa, kucing singapura memang ras yang terbentuk tanpa melalui pengembangan genetika. Perlu kamu ketahui, adalah lazim saat ini menghasilkan kucing ras baru melalui proses rekayasa genetika.

Ciri Fisik Kucing Singapura

Untuk membedakan kucing singapura dengan kucing ras lainnya ternyata sangat mudah, lho. Kucing singapura mempunyai ciri yang berbeda dengan kucing lain.

BACA JUGA  4 Hal yang Wajib Kamu Ketahui Tentang Kucing Persia

Kucing singapura dikenal memiliki ukuran tubuh yang kecil dan berat yang ringan. Bukan cuma itu, data mencatat bahwa kucing singapura termasuk ke dalam jenis kucing paling kecil sedunia, wow!

Kondisi ini tidak lain disebabkan oleh bobot tubuhnya yang juga ringan. Bayangkan saja bahkan untuk kucing singapura usia dewasa, sebagian besar beratnya tidak mencapai 3,5 kilogram. Hanya sebagian kecil yang mampu mencapai berat hingga 5 sampai 8 kilogram.

ciri kucing singapura

d1v0av1f1ipsf4.cloudfront.net

Kucing singapura juga memiliki ciri tubuh liat berotot. Bulu kucing ini pendek dan halus.

Warna bulu kucing singapura berwarna cokelat bintik-bintik. Kucing ini juga memiliki telinga yang besar dan meruncing dengan mata yang lebar.

Bentuk ekornya ramping dengan ujung yang tumpul. Jelas, jenis kucing ini segera menjadi favorit di kalangan pencinta kucing.

Kelebihan Kucing Singapura

Layaknya kucing lain dengan ukuran kecil, kucing singapura juga dikenal aktif, lucu dan penuh rasa ingin tahu. Rasa ingin tahu kucing singapura kadang ditunjukkan dengan kebiasaan ia yang senang naik ke tempat-tempat tinggi disekitarnya.

Bentuk kucing singapura yang mungil,memang menjad daya tarik yang kuat untuk memeliharanya.Karena ukuran kecil tersebut dapat memudahkan pemilik untuk membawanya kemana-mana dengan menggendong atau memasukkannya ke kandang kucing dengan ukuran yang kecil.

ciri khas dari kucing singapura

dvmedicine.files.wordpress.com

Kelebihan lain dari jenis kucing ini adalah dia suka diajak bersosialisasi. Kucing singapura bukanlah tipe kucing pemalu yang benci keramaian.

BACA JUGA  Info Harga Kucing Himalaya di Pasaran

Catatan untuk Pemilik Kucing Singapura

Selain berbagai kelebihan yang dimiliki oleh kucing singapura, ada beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan. Hal ini cukup penting, bila kamu memang menginginkan untuk bisa memelihara kucing singapura di rumah.

1. Kucing Singapura Rentan Penyakit Inersia Uteri

Inersia uteri adalah penyakit yang mengakibatkan kucing singapura tidak mampu mendorong calon anaknya untuk keluar karena otot-otot yang dimilikinya melemah.

kucing singapura yang sehat

upload.wikimedia.org

2. Kucing Singapura Cenderung Mengalami Pyruvate Kinase Defiency

Pyruvate kinase defiency nantinya bisa mengakibatkan kucing singapura mengalami anemia hemolitik. Gejala penyakit ini bisa dilihat bila kucing kamu mengalami lesu, diare, dan tidak nafsu makan yang membuat ia kehilangan berat badan, bulu mudah rontok, dan penyakit kuning.

Sebagai langkah pencegahan, akan sangat bijak untuk rutin memeriksakan kucing singapura milikmu ke dokter hewan. Bukan cuma itu, pastikan kamu selalu menjaga kebersihan kandang dan memastikan ia mengonsumsi makanan menyehatkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *