Fakta-Fakta Tentang Kucing Persia yang Belum Banyak Diketahui Orang

Salah satu ras kucing yang banyak digemari di seluruh dunia adalah Ras Persia. Ya, kucing Persia termasuk dalam top of mind sebagai kucing populer di lima benua. Kamu salah satu penggemarnya? Kamu pasti ingin tahu fakta-fakta mengenai kucing Persia yang belum banyak diketahui orang? Simak ya dalam ulasan berikut ini!

Kucing Persia memang menarik dari segi fisik dan sifatnya. Badan yang gemuk pendek, dan wajah chubby dengan bulu-bulu yang panjang, lebat, dan cantik, membuat kucing Persia tampak sangat menggemaskan. Wajah bulat dengan hidung pesek juga menjadi ciri khas kucing Persia.

Dibandingkan ras Anggora, kucing Persia memiliki ukuran tubuh lebih gemuk. Meski badan ras Anggora lebih tinggi dan panjang dibanding jenis Persia.

kucing persia favorit

pets4homes.co.uk

Manja, tenang, tidak berisik, dan dekat dengan anak-anak, adalah sifat khas ras Persia yang membuatnya semakin banyak digemari. Kucing Persia juga lebih senang berada di dalam rumah, sehingga memudahkan sang pemilik untuk merawatnya.

Pada akhir abad 19, kucing ras Persia sudah banyak dikembangbiakkan di Inggris dan Amerika. Sebutan untuk jenis kucing ini di Inggris adalah Longhair atau Persian Longhair. Ada dua ras kucing Persia yang paling populer di Inggris, yaitu jenis chinchillaperak terang dan jenis chinchillawarna gelap.

Sejarah Kucing Persia

Ditilik dari namanya, ras kucing ini berasal dari daratan Persia, wilayah yang saat ini dikenal dengan nama Iran. Ada banyak versi tentang sejarah kucing Persia, karenanya bagaimana asal-usul ras kucing ini dianggap penuh kontroversial. Meski demikian, semua bersepakat bahwa jenis kucing ini termasuk ras kucing tertua dan memiliki nilai tinggi karena banyak dipelihara oleh golongan kelas atas.

Sejarah populer dari kucing Persia adalah pada tahun 1620 Masehi, ia diperkenalkan ke Italia oleh Pietro della Valle. Cerita yang juga populer adalah ras kucing ini dibawa dari Turki ke Perancis oleh Nicholas Claude Fabri de Peireisc. Dua versi ini dianggap paling populer karena kedua cerita ini didokumentasikan dan masuk dalam semua versi sejarah kucing Persia.

kucing dari ras persia

pets4homes.co.uk

Muncul pula keyakinan lain bahwa saat ras kucing ini diperkenalkan ke Inggris dari Perancis, ia belum memiliki bulu panjang seperti yang saat ini ada pada ras Persia. Versi cerita yang lain adalah kucing ini mendapatkan bulu panjangnya dari hasil perkawinan dengan ras Anggora di Turki. Namun ada juga versi sejarah lain yang mengatakan bahwa perkembangbiakan dengan kucing liar Afrika-lah yang membuat kucing Persia mendapatkan bulu panjangnya.

Ada pula cerita yang mengatakan bahwa kucing Persia merupakan keturunan dari perkawinan kucing Afrika dan Asia, bernama Felis Libyca.Versi ini juga berkeyakinan bahwa ras Persia telah dikenalkan pada tahun 1500-an oleh Romawi dan Fenisia.

Pada awal tahun 1900-an, ras Persia pertama kali dikenalkan ke Amerika dan Kanada. Dari sanalah kepopuleran kucing Persia di seluruh dunia, dimulai. Ia mulai banyak dipelihara oleh golongan elit. Bahkan, jenis kucing ini menjadi simbol hewan peliharaan berharga bagi mereka yang memeliharanya.

Jenis Kucing Persia

Seiring dengan semakin banyaknya orang yang menggemari kucing Persia, jenis kucing ini pun semakin banyak dikembangbiakkan. Saat ini sudah dapat kita temui ras-ras menggemaskan yang merupakan turunan dari kucing Persia.Untuk mengenalinya lebih lanjut, berikut adalah macam-macam ras kucing Persia tersebut :

1. Kucing Persia Tradisional

Ras kucing Persia Tradisional merupakan keturunan asli dari kucing Persia. Ia hasil perkawinan kucing Persia jantan original dengan kucing Persia betina original. Namun, karena merupakan keturunan dari kucing Persia original, orisinalitas jenis ini sedikit berkurang, itulah kenapa ia disebut sebagai ras Persia Tradisional.

Ciri khas dari ras Persia Tradisional adalah wajahnya yang sangat mirip dengan boneka kucing. Itulah mengapa ia sering juga disebut sebagai Persian Doll Face.Disebut mirip boneka karena wajahnya terkesan tanpa ekspresi alias datar.

kucing ras persia

s-media-cache-ak0.pinimg.com

Hidung kucing Persia Tradisional lebih mancung, seperti kucing biasa pada umumnya. Bulunya panjang dan cukup lebat. Kucing Persia Tradisional juga lebih lincah dan lebih mudah diajak bermain dibandingkan kucing Persia yang lain.

Ingin memiliki ras Persia ini? Kucing Persia Tradisional untuk peliharaan di rumah (pet quality) dibandrol dengan harga mulai 4 juta rupiah.

2. Kucing Persia Smoke

Ras Persia ini secara ciri fisik sangat mirip dengan ras Persia Tradisional. Pembedanya hanyalah warna bulu dan warna matanya.

Kucing Persia Smoke secara umum terdiri dari satu warna yang solid. Namun, warna smoke atau asap akan terlihat saat bulu kucing ini tertiup angin, atau ketika kucing ini bergerak. Ada nuansa warna putih keperakan akan muncul di bawah warna tubuhnya yang solid tadi.

kucing persia smoke

crayolacats.com

Secara umum, 50 hingga 80 persen tubuh kucing Persia Smoke berwarna solid, yaitu biru, hitam, krem, atau merah. Sedangkan sisanya adalah warna smoke.

Kucing Persia jenis Smoke juga memiliki warna mata yang berbeda dari jenis lainnya. Ia memiliki mata berwarna tembaga yang cantik memukau. Harga kucing Persia Smoke relatif lebih murah. Ia dibandrol harga mulai 500 ribu hingga 3,5 juta rupiah di pasaran.

BACA JUGA  Semua Tentang Kucing Persia Peaknose Extreme yang Kamu Perlu Tahu

3. Kucing Persia Peaknose

Ras kucing Persia yang ini termasuk paling banyak digemari. Kucing Peaknose banyak diikutkan dalam perlombaan karena bentuk tubuhnya yang lucu dan tingkahnya yang menggemaskan.

Kucing Persia jenis Peaknose ini memiliki hidung sangat pesek. Namun, semakin pesek hidungnya, harganya justru semakin mahal. Hidung peseknya juga membuat jenis Peaknose ini tampak semakin lucu.

kucing ras persia

hargakucing.com

Tubuhnya yang bulat dengan pembawaan yang tenang, adalah ciri khas lainnya dari kucing Persia Peaknose. Di pasaran, ia dibandrol dengan harga jauh lebih tinggi dari Flatnose. Harga kucing Persia Peaknose berkisar antara 3 hingga 5 juta, bahkan dapat mencapai 15 juta rupiah.

4. Kucing Persia Flatnose

Ras kucing Persia ini pertama kali dikembangbiakkan di Amerika Serikat.Bentuk tubuh dan wajah ras Flatnose ini terbilang unik dan lucu.

Sesuai namanya, kucing Flatnose memiliki bentuk hidung pesek, meski tak se-pesek jenis Peaknose. Kepalanya sedikit terlihat kotak, tidak bulat sempurna seperti Peaknose. Mata Persia Flatnose berbentuk bulat dan kecil.

Tubuh kucing ini sedikit lebih gemuk dibanding ras lain. Bulunya juga lebih panjang. Kakinya juga lebih pendek meski tidak terlalu pendek. Telinga kucing Persia Flatnose berbentuk kecil dan runcing.

Ras kucing Persia yang satu ini sangat aktif dan senang bermain. Tingkahnya juga sangat lucu dan menghibur. Tubuh kucing Persia Flatnose lebih kuat dibanding ras yang lain, sehingga ia tidak mudah sakit.

kucing ras persia

moreliketwins.com

Kucing Persia Flatnose cukup banyak penggemarnya di Indonesia. Harganya di pasaran bervariasi, tergantung bagaimana kondisi fisiknya. Namun, mayoritas kucing Persia Flatnose dijual dengan harga berkisar antara 1 hingga 2 juta rupiah.

Secara kasat mata, ras kucing Persia Peaknose dan Flatnose terlihat mirip. Namun, ada ciri fisik khas yang membantu kita dalam membedakan kedua ras tersebut. Pertama, pastilah hidungnya. Peaknose memiliki hidung lebih pesek daripada Flatnose.

Ciri fisik kedua yang memudahkan kita membedakan mana Flatnose dan mana Peaknose adalah bentuk tubuhnya. Kucing Persia Peaknose memiliki tubuh yang lebih gemuk dan bulat dibandingkan Flatnose. Itulah kenapa Peaknose tampak lebih menggemaskan.

5. Kucing Persia Himalayan

Ras kucing Persia Himalayan merupakan hasil perkawinan antara kucing Persia dengan kucing Siamese. Bentuk tubuhnya menyerupai kucing Persia, namun warna bulunya seperti kucing Siamese. Dahulu, ras kucing Persia Himalaya dikenal di Eropa dengan nama Colourpoint Persian.

Kucing Persia Himalaya yang mirip kucing Persia bentuk tubuhnya yang gemuk, besar, dan bulat, namun memiliki kaki yang pendek. Inilah kenapa ia sulit melompat. Namun, ada pula ras Persia Himalaya yang mirip dengan Kucing Siamese bentuk tubuhnya, yaitu ramping, langsing, dan anggun. Karenanya ia dapat melompat tinggi sampai 2 meter.

Kekhasan kucing Persia Himalaya adalah warna bulunya yang didominasi warna putih dan abu-abu terutama pada bagian wajah dan cakar. Bola matanya berwarna biru cantik.

membeli kucing dari ras persia

dollfacepersiankittens.com

Kucing Persia Himayala dibagi menjadi dua berdasarkan bentuk wajahnya, yaitu Himalayan Doll Face dan Himalayan Ultra-Face.Hidung yang sedikit pesek jika dilihat dari samping adalah ciri dari Himalayan Doll Face. Sedangkan pada Himalayan Ultra-Face, hidungnya terlihat seperti datar jika dilihat dari samping karena sangat pesek.

Harga kucing Persia Himalayan adalah berkisar antara 5 hingga 15 juta rupiah untuk yang berkualitas sangat bagus. Namun, untuk kualitas standar atau biasa, kucing Persia Himalayan biasa dibandrol harga di bawah 5 juta rupiah.

6. Kucing Persia Medium

Ciri fisik ras kucing Persia Medium hampir seperti kucing-kucing lokal biasa. Ini karena ia adalah hasil perkawinan antara kucing Persia dengan kucing lokal. Buat kamu pecinta kucing lokal namun dengan bulu lebat, pasti jatuh cinta dengan si Persia Medium ini.

Secara fisik, dibanding dengan ciri kucing Persia, ras Persia Medium lebih mirip dengan Anggora. Kakinya lebih panjang, sehingga tubuhnya lebih tinggi dibandingkan ras Persia umumnya. Namun ukuran tubuhnya lebih besar dibanding kucing lokal biasa.

ras persia

binatangpeliharaan.org

Bulu kucing Persia Medium tidak sepanjang dan selebat kucing Persia asli. Karena merupakan hasil perkawinan dengan kucing lokal, hidung ras Persia Medium juga lebih mancung. Bentuk kepalanya pun tidak sebulat kucing Persia umumnya. Ia lebih runcing khas kucing lokal.

BACA JUGA  Mengenal Kucing Persia Berbulu Pendek yang Unik

Kamu ingin memelihara si lucu Persia Medium ini? Tenang saja, harganya tak terlalu mahal kok. Di pasaran, kucing Persia Medium dibandrol harga antara 850 ribu hingga 1,5 juta rupiah saja.

7. Kucing Persia Peakface

Ras kucing Persia yang satu ini bisa dianggap kontroversial. Ini karena ia diragukan masuk ke dalam ras Persia oleh asosiasi kucing Persia bersertifikat dunia. Salah satu alasannya karena bentuk wajahnya.

Kucing Persia Peakface memiliki letak hidung yang tinggi, tidak berada di depan bawah mata. Namun ia terletak tepat di bawah mata, sehingga nyaris berhimpitan dengan mata. Hidungnya normal, tidak pesek.

ras kucing persia

evercats.com

Jenis kucing Persia satu ini disebut Peakface karena mukanya rata. Jika dilihat dari samping, bentuk mulut dan hidungnya tampak rata. Ekspresi kucing Persia yang satu ini cenderung unik dan terkesan nyleneh. Namun ia adalah kucing yang sangat atraktif, aktif bergerak dan suka bermain. Di pasaran, kucing Persia Peakface dibandrol harga mulai 850 ribu rupiah.

8. Kucing Persia Exotic Shorthair

Ras Persia Exotic Shorthair sering juga disebut sebagai kucing Persia American Shorthair. Ia adalah hasil perkawinan kucing Persia dengan kucing lokal.

Sesuai namanya, kucing Persia jenis ini memiliki bulu pendek khas kucing lokal. Corak bulunya juga sama seperti kucing lokal. Namun, bentuk tubuhnya masih sama dengan kucing Persia umumnya, yaitu gemuk dan pendek.

kucing persia

i.pinimg.com

Ekspresi wajah kucing Persia Exotic Shorthair cenderung temperamental alias terkesan galak. Ia memiliki mata cukup besar. Hidungnya agak pesek dengan kumis panjang namun jarang.

Kucing Persia Exotic Shorthair juga banyak diminati untuk dipelihara. Ia menempati urutan kedua paling banyak dipelihara, menurut data asosiasi kucing persia internasional. Di pasaran, kucing Persia jenis ini dihargai mulai 1,5 juta rupiah.

Cara Merawat dan Menjaga Kesehatan Kucing Persia

Kucing Persia tergolong kucing yang mudah sakit. Ditambah bulunya yang panjang dan lebat tentunya mudah kusut jika tidak terawat. Karenanya, kesehatan dan kebersihannya harus sangat diperhatikan. Namun, bukan berarti kamu harus mengeluarkan banyak uang untuk itu. Ada cara-cara mudah dan murah yang bisa kamu lakukan di rumah.

Agar kucing Persia-mu selalu sehat dan prima, sediakan makanan bernutrisi yang cocok untuknya. Kamu bisa membelinya di pet shop terdekat. Makanan bernutrisi akan membuat kucing Persia selalu energik, dengan bulu yang tumbuh indah dan mengkilat. Berikan makanan untuknya 2 kali dalam sehari.

Untuk merawat bulu kucing Persia agar tidak mudah kusut, kamu cukup menyisirnya dengan sisir logam dua kali sehari. Sebagai perawatan ekstra, kamu bisa menyeka bulu kucing Persia-mu dengan tisu bayi setiap hari. Tisu bayi ideal digunakan selain agar bulu kucing berbau harum, juga dapat menghindarkan alergi karena formula tisu bayi yang lembut.

merawat kucing persia

pets4homes.co.uk

Namun, jika bulu kucing Persia-mu sudah terlanjur kusut, sebaiknya segera konsultasikan dengan ahlinya. Ini karena bulu yang kusut akan menyakitkan untuk kucing. Kulit mereka dapat tertarik atau terluka, karena bulu yang kusut.

Siapkan tisu khusus untuk perawatan mata kucing Persia. Ini untuk membantu membersihkan mata dan hidung mereka. Kucing Persia yang memiliki masalah dengan saluran air mata akan seringkali mengeluarkan air mata. Hidungnya pun akan lebih mudah tersumbat jika tidak dibersihkan secara rutin dan teratur.

Ajak kucing Persia-mu untuk berjemur di bawah matahari pagi. Ini bagus untuk menjaga kesehatan badan dan bulunya. Tak lupa ajak juga kucingmu bermain dan bercengkrama setiap hari, meski hanya sebentar. Ini dilakukan agar kucing menjadi jinak dan penurut, juga agar ia tetap aktif.

Kucing Persia sangat suka tinggal di tempat yang bersih dan nyaman. Karena itu, bersihkan tempat pembuangan kotoran mereka setiap hari. Bersihkan juga kandang dan tempat makan minumnya setiap hari.

Kucing Persia dapat hidup lama hingga 20 tahun, namun dengan syarat ia disayangi dan dirawat dengan baik.Karenanya, komitmen untuk dapat membantu menjaga kesehatan mereka, sangat diperlukan.

grooming kucing ras persia

1.bp.blogspot.com

Tidak hanya kesehatan jasmani, namun juga kesehatan mental kucing Persia juga harus diperhatikan. Kucing ini termasuk jenis kucing yang sensitif dan tidak suka dibentak. Karenanya, perlakukan dia dengan penuh perhatian, kelembutan, dan kasih sayang.

Demikianlah, fakta-fakta mengenai kucing Persia yang belum banyak diketahui orang. Menarik bukan? Jangan lupa bahwa kucing Persia juga adalah ciptaan Tuhan. Yuk, rawat dia dengan sebaik-baiknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *