Kucing Persia, Peliharaan Rumah yang Menggemaskan

YUK, KENALAN DENGAN KUCING !

Siapa sih yang tidak ingin memiliki peliharaan lucu, menggemaskan, yang akan selalu menyambut kita dari penatnya kuliah atau pekerjaan dan akan bertingkah manja untuk meminta sedikit perhatian dengan mengelus kepala mereka serta mata bulat yang imut? Yap! Sebagian besar banyak yang memilih kucing untuk dijadikan peliharaan. Rata-rata pemilik dan penggemar kucing, memiliki alasan khusus mengapa memilih binatang imut ini. Ada yang mengatakan karena aksi manjanya yang lucu, ada yang berkata karena bulunya lembut untuk jenis-jenis Kucing Persia atau Anggora, ada yang mengatakan juga karena kasihan jika melihat kucing-kucing ditelantarkan begitu saja di jalanan tanpa dirawat dan diberi makan.

Menjamurnya salon-salon binatang dan pet shop di kota-kota besar, menjadi ciri bahwa banyaknya penghuni rumah yang memiliki binatang peliharaan. Selain itu, masyarakat mulai mengenal jenis-jenis kucing dari yang kelas rendah hingga kelas termahal sekalipun. Masyarakat dapat membedakan dengan mudah jenis satu dan lainnya. Salah satunya adalah Kucing Persia yang biasanya paling mudah dibedakan dengan jenis-jenis kucing lainnya yang sering dilihat orang banyak.

Secara umum, jenis-jenis Kucing Persia dapat dibedakan dengan mudah dari bulu, bentuk kepala, wajah, hidung dan sosok tubuh. Nah, karena banyak sekali perbedaannya, wajar saja masyarakat lebih mudah membedakan jenis ini dengan kucing-kucing biasa lainnya, dan tentu saja biasanya harganya lebih meraup kantong, hehe.

PERBEDAAN KUCING PERSIA DENGAN KUCING LAINNYA

Penulis belum menemukan peringkat 10 besar atau 5 besar negara-negara dengan populasi kucing terbanyak, akan tetapi sepertinya kita boleh mengatakan kalau negara Indonesia cukup banyak jumlah kucing yang berkeliaran. Dari kucing kampung yang doyannya (maaf) buang air dimana saja, makan dari tempat sampah, hingga kucing yang setiap minggu grooming di salon mahal. Dan tentu saja pembaca pasti lebih tahu bahwa jarang melihat Kucing Persia berkeliaran dimana-mana (ya iyalah, yang lihat kucing ini langsung cepat-cepat ambil keburu diambil orang kali ya, lumayan nambah duit, eh). Nah, sebenarnya apa aja sih ciri-ciri tepatnya dari kucing ini? Yuk kita simak

  • Bulu

Kucing Persia adalah tipe kucing yang berbulu panjang atau biasa disebut tipe longhair. Kucing tipe ini memang bulunya sangat halus selembut sutra, bercahaya dan berkilau, sangat mengembang dan membuat tubuhnya seakan-akan gemuk sekali padahal biasa saja badannya. Panjangnya antara 5-15 cm. Seluruh tubuhnya ditutupi oleh bulunya. Kalau penulis juga sangat jatuh cinta dengan bulunya persia ini, duh

  • Mata

Kucing tipe ini memiliki mata yang bulat, besar, sangat lebar, warnanya cerah (brilian) dan tajam. Biasanya, warna mata bergantung pada warna bulu kucing persia ini. Sebagai contoh warna mata yang berbeda (odd eyed atau heterocromatic) terdapat pada Kucing Persia berbulu putih.

  • Hidung

Nah bagian inilah yang sangat bisa dibedakan antara jenis-jenis Kucing Persia dengan kucing lainnya, hidung! Hidung kucing ini sangat pesek, berukuran kecil melebar dan mendongak keatas.

  • Telinga

Jika pemilik kucing jeli, telinga dari kucing tipe Persia memiliki ujung yang agak membulat dan jaraknya relatif berjauhan satu sama lain.

  • Kepala

Kepala kucing ini berukuran relatif besar atau padat. Kalau penulis melihat kucing ini memang gemuk dan tembem di wajahnya, makanya sangat lucu! Rahangnya yang besar dan kuat ditopang oleh leher yang kuat, pendek dan tebal.

  • Kaki

Kaki kucing ini juga sangat menggemaskan. Mereka memiliki kaki yang gempal atau bisa dikatakan pendek dan gemuk. Diantara kaki-kakinya terdapat bulu-bulu panjang. Unik bukan?

  • Ekor

Jika melihat ekor kucing ini, Persia memiliki ekor yang pendek, tebal dan lurus.

  • Tubuh

Kucing Persia rata-rata memiliki bentuk tubuh bulat, pendek dan gempal. Biasanya Kucing Persia disebut tipe cobby yang memiliki pengertian berkaki pendek dan besar.

BACA JUGA  Yuk Kita Kenali Jenis-jenis Kucing di Dunia

LUCU JUGA KUCING PERSIA INI, TAPI JENISNYA APA SAJA ?

Tentu saja banyak persiapan yang harus disiapkan dari segi biaya pemeliharaan, biaya makan, biaya grooming, vitamin dan tentunya kesabaran mengajarkan binatang kecil ini untuk memahami dimana tempat ia buang air. Nah, kalau sudah merasa mampu atau dapat mengusahakan hal-hal diatas, ada baiknya untuk melihat ada jenis apa saja kucing persia ini. Berikut ini adalah jenis-jenis Kucing Persia yang popular lho di kalangan masyarakat Indonesia! Yuk, kita simak lagi agar tidak kebingungan saat membeli di pet shop kelak.

  • Kucing Persia Medium

kucing persia mediumDiberi nama “medium” karena ukuran tubuhnya ya sedang-sedang saja. Segalanya ‘sedang-sedang’ saja. Dari bentuk tubuh, bentuk hidung yang tidak terlalu panjang dan bulu yang tidak terlalu panjang. Akan tetapi ada juga kucing persia yang memiliki bulu relatif panjang tetapi masih dikategorikan kucing persia medium. Nah, kalau seperti itu, lebih baik kritis bertanya pada penjaga pet shop.

  • Kucing Persia Himalayan

kucing persia himalayanKucing ini adalah the best category ever bagi penulis. Sumpah, ini lucu banget dan penulis yakin pembaca yang membeli kucing ini gak akan bosen lihat uniknya kucing ini. Bagaimana tidak? Kucing ini memiliki warna yang agak gelap (cenderung hitam) pada daerah sekitar telinga, daerah mata dan pada kaki-kaki kucing sedangkan tempat lainnya putih. Duh, lucunya…

  • Kucing Persia Flatnose

kucing persia flatnoseDari kata “flatnose” dapat diketahui bahwa kucing ini hidungnya benar-benar flat atau pesek. Untuk pecinta kucing yang suka kucing gemuk dan menggemaskan, kucing ini sangat cocok karena bentuk tubuhnya yang gemuk dan wajah relatif bulat

  • Kucing Persia Peaknose

kucing persia peaknoseSetelah kucing pesek berjenis “flatnose”, terdapat pula kucing “peaknose” yang sangat pesek hidungnya dan ternyata kucing ini paling popular di Indonesia berdasarkan salah satu sumber. Khas kucing ini adalah bentuk tubuh yang gembul dan hidung yang pesek dibanding tipe flatnose.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *