Inilah 10 Fakta Kucing Persia Exotic yang Harus Kamu Ketahui

Kucing persia sudah jamak dikenal dengan bulunya yang indah, tapi tahukah kamu dalam ras kucing persia ada satu jenis kucing yang dikenal dengan istilah kucing persia exotic? Mau tahu lebih lanjut tentang kucing persia exotic? Ini dia 10 faktanya.

1. Hasil Perkawinan Silang

kucing hasil persilanganJenis Kucing Persia Exotic didapat dari hasil kawin silang antara kucing American Shorthair dengan kucing persia silver pada tahun 1966 oleh Jane Martinke. Awalnya kawin silang ini dimaksudkan untuk mendapatkan variasi warna bulu dan warna mata kucing persia, namun hasil yang didapat ternyata lebih dari itu, perubahan juga terjadi pada struktur dasar tubuh kucing hasil persilangan yang di kemudian hari disebut kucing persia Exotic.

2. Dijuluki “Sterling

Sterling berarti sebagai silver. Julukan ini diambil dari warna bulunya. Kucing persia exotic ini juga memiliki bulu yang berbeda bila dibandingkan sepasang induknya. Bulu kucing persia exotic dikenal tebal, mewah dan indah. Benar-benar exotic ya?

3. Mendorong Terjadinya Banyak Persilangan

Melihat hasil yang sangat baik dari perkawinan silang kucing Persia ini, maka perkawinan silang lainnya kian menjamur guna mengembangkan dan memperbanyak kucing dengan jenis bulu indah, seperti kucing persia exotic.

4. Ada yang Berbulu Panjang

Seperti yang sempat disebutkan di atas, bulu kucing persia exotic dikenal tebal, mewah dan indah. Selain itu, ada juga kucing persia exotic yang memiliki bulu panjang (longhair). Hal ini terjadi karena gen dari induk silangnya yakni kucing persia yang dikenal sebagai kucing berbulu panjang.

BACA JUGA  Kekayaan 5 Kucing Ini Akan Membuatmu Iri Setengah Mati

5. Ekornya Unik

ekor kucing persia exoticPada umumnya yang kita tahu, ekor pada kucing biasanya lurus atau misalnya pada persia, ekornya bisa melengkung di atas punggung. Tapi ekor kucing persia exotic sangat unik yakni berbentuk tebal bulat seperti sosis. Imutnya!!

6. Bulunya Bagus tapi Mudah Rontok

Bulu, sebagai salah satu faktor pemikat dari kucing persia exotic ini sayangnya termasuk dalam kategori mudah rontok. Like mother like daughter, seperti induknya, kucing persia juga tergolong sebagai kucing dengan bulu yang mudah rontok.

Jadi untuk kamu yang tertarik memiliki kucing persia exotic atau malah sudah memilikinya sebagai binatang peliharaan, jangan lupa untuk melakukan perawatan mingguan yang diperlukan bagi kucingmu untuk menunjang penampilannya agar tetap sehat dan indah.

7. Peringkat Satu Terpopuler!!

Wow, ternyata terhitung sejak tahun 2011, berturut-turut selama 3 tahun, kucing persia sebagai induk dan kucing persia exotic, masing-masing menduduki peringkat 1 dan 2 dalam ras kucing paling populer versi CFA (Cat Fanciers’ Association).

BACA JUGA  Lucunya Aneka Ekspresi Kucing Anggora dan Persia

8. Senang Dimanjakan

kucing persia exotic manjaSeperti kucing pada umumnya, kucing persia exotic juga hobi dimanjakan oleh pemiliknya. Duduk di pangkuan kamu sambil merasakan bulunya yang cantik dielus-elus tentu menjadi favorit dari kucing cantik ini. Hebatnya lagi, kucing persia exotic dikenal tidak agresif, meski dia menginginkan untuk dimanja.

Saat ingin dimanja, kucing ini hanya akan menunjukkan dengan cara memandang tuannya dengan mata membulat seolah sedang merayu. Setelah tuannya mengangkat dan memangkunya, barulah dia akan bebas bermanja-manja.

9. Ramah dan Cerdas

kucing persian exotic pintarSalah satu alasan dari banyaknya peminat kucing persia exotic selain dari fisik berupa warna bulu dan warna mata yang memukau, kucing ini juga dikenal cerdas dan ramah. Hmm…menyenangkan sekali pastinya ya, merawat kucing yang pintar.

10. Gampang Penasaran

Salah satu konsekuensi dari memiliki kucing cerdas, ya ini. Kamu harus sabar meladeni rasa ingin tahunya yang besar. Tidak jarang rasa ingin tahu ini membawa kucing persia exotic pada pengalaman-pengalaman yang cukup membahayakan. So, terus waspada dalam merawatnya ya.

Semoga 10 fakta ini bermanfaat membantu kamu lebih mengenal tentang kebiasaan dan uniknya kucing persia exotic. Selamat merawat kucing persia exotic ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *