Kucing Persia Anda Ingin Ikut Kontes? Baca Dulu 5 Tips Ini

Bagi Anda pecinta kucing persia yang berkeinginan mengikutkan kucing Anda pada sebuah kontes kucing persia, diharapkan memperhitungkan kelayakan kucing Anda. Anda yang merupakan pemula harus mengetahui persyaratan sebagai peserta pengikut kontes ini. Lain halnya dengan pemilik kucing yang sudah sering mengikuti kontes, mereka mungkin sudah hapal 21 pasal peraturan dan tata cara kontes. Jangankan hapal, pecinta kucing sudah melakukan mempersiapkan jauh sebelum kontes digelar. Baiklah Guys ini dia 3 peraturan dan ketentuan peserta, tentu pesertanya adalah kucing persia ya bukan Anda hehe:

  1. Kucing persia yang diperbolehkan mengikuti kontes. Guys pastikanlah kucing Anda sudah berumur 3 bulan, umur dibawah 3 bulan tidak diperbolehkan ikut. Ujung kuku persia Anda harus dipotong rapi. Selain itu, vaksin harus sudah dilakukan pada kucing Anda. Terang saja melakukan vaksinasi harus pergi ke dokter hewan ya Guys jangan ke puskesmas hehe ,dan yang terakhir kucing persia Anda harus mempunyai sertifikat silsilah terkecuali mengikuti kelas kucing
    domestik atau non pedigree. anak kucing persia
  2. Kucing persia yang tidak diperbolehkan mengikuti kontes. Kucing persia yang sedang hamil dan menyusui tidak diperkenankan mengikuti kontes ya Guys karena takut berdampak pada kesehatannya. Kucing yang mengalami kebutaan, tuli, dan matanya juling atau cross eyed juga tidak diperbolehkan mengikuti kontes. Ketika kucing persia Anda sakit dan dalam masa pengobatan, itu jelas tidak boleh mengikuti lomba. Kondisi bulu kucing yang dicat atau diberi bedak berlebihan, kukunya yang dicabut atau diamputasi, telinga kotor, banyak kutu dan parasite tidak boleh mengikuti kontes. Selain itu, kriteria kucing yang tidak boleh mengikuti ontes adalah perilaku kucing persia yang agresif atau centil.
  3. Kelainan-kelainan yang mengakibatkan pembatalan atau dikeluarkannya surat silsilah sehingga kucing tidak dapat mengikuti kontes. Pertama keadaan ekor kucing persia yang tidak memenuhi standar akan mengakibatkan pembatalan nih Guys. Kedua pada keadaan rahang yang lebih maju (overshoot) atau rahang yang lebih pendek (undershoot) dan rahang melengkung juga mengakibatkan pembatalan. Ketiga pada keadaan gigi, gigi yang dipotong atau dirapikan atau gigi yang terbuka. Keempat adalah depresi yang abnormal, depresi ini ditandai dengan terdapatnya tonjolan atau belahan di tempurung kepala  dan berakibat wajah kucing persia asimetris. Kelima, adanya kelainan atau cacat yang terdapat di tulang belakang dan kelemahan di kaki belakangnya. Cukup harus sempurna ya Guys padahal ada qoutes yang menyatakan “nobody’s perfect”.

Setelah ketentuan ini Anda pahami dan beberapa dari Anda memiliki kucing persia yang layak untuk mengikuti kontes, Saya akan membagikan harta karun kepada Anda semua. Harta karun disini bukan berupa emas tapi berupa 5 tips supaya Anda bisa menabrak kejuaraan kontes kucing persia ini. Apa sih rahasianya? Anda penasaran? Sama Saya juga, eh eh langsung saja kita gali 5 tips itu.

BACA JUGA  Inilah 3 Kucing Maine Coon Terbesar di Dunia

1. Kucing Persia Kontes adalah kucing yang sehat jasmaninya
Ingin kucing Anda juara? Ya tentu harus sehat jasmaninya dong Guys. Kesehatan, salah satunya bisa diperoleh dengan memperoleh vaksinasi yang lengkap. Biasanya panitia kontes akan meminta bukti vaksinasi dari dokter hewan. Disamping itu, perawatan menjelang kontes harus lebih detail daripada perawatan sehari-harinya supaya lebih prima, menawan juga memikat saat mengikuti kontes. Perawatan tersebut meliputi memandikan kucing, membersihkan telinganya, dan menyisir bulunya.

2. Kucing persia kontes adalah kucing yang bersih dan cantik
Terang saja kebersihan anggota kucing akan diperiksa secara detail oleh panitia kontes Guys, yaitu meliputi kebersihan di sekitar anus, telinga, mata, kuku, gigi, lidah, dan bulu. Rajin-rajinlah memandikan dan merapikan bulu kucing Persia Anda! Ingat supaya kucing persia Anda terlihat cantik tidak diperkenankan untuk mengcat bulunya, mengkriting bulunya, dan menggunakan bedak secara berlebihan. persia mata hijau

3. Kucing persia kontes adalah kucing yang bermental sehat
Mental sehat disini adalah, kucing persia Anda tidak boleh stress atau depresi, memiliki tempramen yang stabil, tidak mengigit, tidak mencakar, dan tidak keluar area lomba. Satu tips dari Sekretaris Jendral Indonesian Cat Association (ICA), Rusmiati S. Kom, MM, adalah sebaiknya Anda meletakkan Si Kucing persia di tempat yang agak tersembunyi terlebih dahulu sebelum kucing muncul di area lomba. Kemudian perlahan-lahan buat Si Kucing beradaptasi dengan suasana lomba dengan mengelu-elusnya atau memangkunya.

BACA JUGA  Mengenal Kucing Persia yang Lucu dan Menggemaskan

4. Persiapan matang itu penting
Guys… biasanya lomba tingkat regional berlangsung setahun 2 kali, sedangkan pada tingkat nasional hanya berlangsung setahun sekali. Ketahuilah jadwal kontes kucing persia supaya Anda bisa mempersiapkan Si Kucing secara lebih efektif dan efisien sebelum diikutkan kontes. Persiapan juga dilakukan selama di perjalanan menuju tempat kontes. Sebaiknya kucing Anda dibawa menggunakan travelling bag. Idealnya didalam travelling bag tersebut disediakan tempat kotoran, selimut, pakan secukupnya, dan tempat minum anti tumpah. Beberapa peralatan lain yang dibutuhkan di tempat kontes adalah sisir, sikat, alat pembersih telinga dan mata, bedak, tempat kotoran, mainan kucing, kantong tempat sampah dan kotoran, peralatan P3K, buku vaksinasi, surat silsilah, serta peralatan lain yang disyaratkan dalam kontes.

5. Memahami kriteria lomba.
Kriteria standarisasi pada kucing ras persia harus pesek, bulunya harus xx cm, bentuk kepalanya harus seperti apa, dll. Anda juga bisa mengetahui standarisasi kucing persia show dari berbagai organisasi kucing. Diharapkan Anda mencari info sebanyak-banyaknya.

Tidak mudah bukan Guys? Tapi jika Anda ingin menabrak kejuaraan kontes kucing persia ya harus melakukannya. Bagi pecinta kucing sejati ini tidak ada apa-apanya karena Cat Lovers mempunyai misi We Like, We love, and We Care.

Description:  inti dari 5 tips menjuarai kontes kucing persia ini adalah persiapan yang matang dan pemahaman terhadap tata cara peraturan kontes.

There is 1 comment for this article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *