5 Jenis Kucing Langka yang Terancam Punah

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa kucing ras atau dengan keturunan murni (pure breed) seperti kucing Himalaya, Persia, Anggora, dll jumlahnya hanya 1% dari jumlah seluruh kucing di muka bumi ini, 99% sisanya adalah kucing dengan darah campuran yang sering kita sebut dengan kucing kampung. Dari semua kucing ras yang berjumlah sedikit tersebut, ada beberapa jenis yang berada dalam posisi bahaya karena terancam punah, berikut ini adalah 7 jenis kucing langka yang terancam punah:

1. Andean Mountain Cat

kucing andean mountainLeopardus jacobita atau Andean Mountain Cat memiliki habitat yang terbatas di pegunungan negara-negara latin seperti Bolivia, Argentina, Chile, dan peru denga  ketinggian di atas garis pohon. Kucing jenis ini jarang terlihat dan diperkirakan populasi totalnya hanya 2500-an ekor saja. Ekor kucing ini panjang dan tebal serta tubuhnya sebesar kucing rumah, dengan posturnya yang seperti itu kucing jenis ini bisa bermanuver dengan lincah di area pegunungan.

BACA JUGA  8 Penyebab Bulu Rontok Pada Kucing Peliharaan

2. Serval

foto kucing serval

Leptailurus Serval adalah jenis kucing liar yang berasal dari Afrika, kucing yang berkaki panjang ini diyakini merupakan nenek moyang dari beberapa kucing besar masa kini yaitu singa dan cheetah. Kepalanya kecil dan kakinya panjang sehingga sangat efisien saat mengejar mangsanya, selain itu kucing Serval juga sangat cerdas, dan kucing liar jenis inilah yang paling sering dipelihara oleh manusia sebagai hewan peliharaan di rumah.

3. Palla’s Cat

pallas cat

Nama latin kucing ini adalah Otocolobus manul, atau sering juga disebut dengan Manul. Bulunya yang padat membuatnya tampak lebih berat padahal hanya seukuran kucing domestik. Perbedaan kucing ini dengan yang lain adalah matanya yang bulat dan giginya yang lebih sedikit jadi wajahnya terlihat lebih datar.

Kucing ini dianggap sebagai spesies kucing yang paling tua dan menurut penelitian kucing ini telah ada sekitar 12 juta tahun yang lalu, habitatnya berada di sekitar wilayah Eropa Timur hingga ke Siberia yang terdiri dari dataran tinggi.

BACA JUGA  6 Jenis Kucing Indonesia ini Terancam Punah

4. Margay

kucing margay

Leopardus wiedii adalah nama latinnya, kucing ini menyerupai kucing domestik namun lebih kecil ukurannya, kakinya yang relatif lebih panjang dari kucing domestik memungkinkan kucing jenis ini lebih mahir memanjat pohon, habitatnya berada di wilayah Mexico menuju ke selatan melalui Brazil. Margay mulai jarang terlihat dan terancam karena hanya bersembunyi di hutan dan berburu pada malam hari.

5. Caracal

kucing caracal

Caracal berasal dari Amerika Utara namun juga dapat tumbuh baik di Afrika dan Asia, ukuran panjang maksimal kucing jenis ini sekitar tiga meter. Kucing ini lebih memilih hidup di daerah gurun atau pegunungan dan dapat hidup lebih lama tanpa air dibanding dengan kucing jenis lainnya.

There are 2 comments for this article
  1. Mery at 05:28

    Palla’s Cat sudah ada 12 juta tahun wah lama amet ya. pantas dikatakan kucing tertua. Tapi tampang mereka juga keliatan tua, beda banget sama kucing lain. Semoga aja mereka semua gak ada yang punah. Harus dilindungi itu biar gak punah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *