Mau Kucing Kampung Kamu Berbulu Lebat Seperti Anggora? Ikuti Cara Ini

Kucing kampung bulu lebat seperti kucing anggora? Pasti banyak yang menganggapnya sesuatu yang mustahil. Tapi sebenarnya itu bisa dilakukan dengan melakukan beberapa cara.

Walau tak bisa menyerupai kucing anggora secara penuh, tapi kucing kampung kesayanganmu tetap bisa mempunyai bulu yang lebat dan indahnya tak kalah dari kucing anggora. Caranya adalah dengan melakukan 4 perawatan bulu kucing seperti berikut ini.

Memperhatikan Nutrisi pada Makanan Utamanya

Nutrisi makanan adalah poin terpenting jika ingin melebatkan dan menyehatkan bulu kucing kampung kesayanganmu. Terutama yang perlu diperhatikan kandungan protein dan lemak pada makanan utama kucing.

kucing kampung bulu lebat karena makanan bernutrisi

footage.framepool.com

Protein selain berguna untuk menumbuhkan dan membentuk jaringan tubuh kucing, juga berkhasiat menjaga kesehatan bulunya. Sedangkan lemak juga tak kalah pentingnya. Selain sebagai sumber energi utama buat kucing, kandungan lemak berupa asam omega 3 dan 6 juga membantu dalam merawat bulu kucing.

Tapi yang perlu diingat, memberi makanan dengan kandungan lemak berlebihan juga tak baik. Ditengarai dapat menimbulkan timbunan lemak di bawah kulitnya. Lemak berlebihan juga akan menyebabkan obesitas yang rentan akan penyakit.

Beri Nutrisi Tambahan untuk Melebatkan Bulu

Ada beberapa nutrisi tambahan yang bisa kamu berikan kepada kucing kampung agar bulunya makin lebat. Yang pertama ini adalah yang paling kita sarankan, yaitu kuning telur ayam kampung.

BACA JUGA  Kucing Muntah? Jangan Panik, Begini Mengatasinya

Kuning telur ayam kampung sangat ampuh buat memperindah bulu kucing agar semakin halus, juga mencegahnya dari kerontokan. Berikan maksimal 3 kali seminggu, jangan terlalu sering karena tidak baik juga buat kesehatannya.

Ingat! Kuning telurnya saja, jangan sertakan putih telurnya. Putih telur mengandung senyawa avidin yang bisa membuang zat penting pada tubuh kucing, yaitu vitamin B Biotin. Kuning telur akan lebih baik jika diberikan dalam keadaan mentah, agar khasiatnya tak hilang.

merawat kucing kampung bulu lebat

the-cat-guide.com

Nutrisi kedua adalah minyak ikan yang mengandung asam lemak omega 3. Kita telah ketahui sebelumnya bahwa asam omega 3 sangat penting bagi kesehatan kulit dan bulu kucing, termasuk juga melebatkan bulu dan mencegahnya dari kerontokan.

Nutrisi yang ketiga adalah vitamin E. Kamu bisa mendapatkan dengan mudah di petshop dalam bentuk tablet dan sachet. Vitamin E berguna untuk menjaga kelembapan kulit, dan yang terpenting menghindarkan kucing dari bahaya paparan sinar ultraviolet yang dapat mengeringkan kulit dan bulunya.

Rutin Menyisir Bulunya

Perawatan ini pasti sering kamu jumpai, khususnya buat kucing anggora dan persia. Jangan ragu dan malu untuk menyisir bulu kucing kampung. Aktivitas ini banyak manfaatnya buat si manis.

BACA JUGA  Waspadai Bulu Rontok pada Kucing Anda

Yang pertama berguna untuk merontokkan bulu yang sudah mati, agar regenerasi bulunya lebih cepat. Merontokkan bulu kucing juga menghindarkannya dari hairball, yakni bulu rontok yang tertelan saat kucing menjilat tubuhnya sendiri.

melakukan perawatan agar memiliki kucing kampung bulu lebat

vetopia.com.hk

Menyisir bulu kucing juga bermanfaat untuk menyebarkan minyak natural yang diproduksi oleh organ kucing ke seluruh tubuhnya. Selain untuk kesehatan, menyisir rambut juga akan membuat bulu lebih bersih dan tidak terlihat kusut.

Mandikan Secara Teratur

Memang ini bukan perkara gampang, apalagi buat kucing kampung yang tidak dirawat semenjak lahir. Walaupun mereka agak susah, tapi kamu tetap harus berusaha untuk memandikannya secara teratur, minimal dua minggu sekali.

kucing kampung bulu lebat mandi teratur karena

media.mercola.com

Dengan memandikan kucing, akan menghindarkannya dari kotoran yang menempel saat mereka bermain. Kotoran itu bisa memicu tumbuhnya jamur, dan jika sudah berjamur tentu saja bulunya akan rusak dan mudah rontok. Gunakan juga shampo khusus yang bisa merangsang pertumbuhan rambut saat memandikannya.

Berikut tadi adalah empat hal utama yang bisa kamu terapkan kepada kucing kampung kesayanganmu. Jika kamu melakukan hal di atas dengan benar, memiliki kucing kampung bulu lebat tak lagi menjadi sesuatu yang mustahil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *