Kucing Juga Butuh Vitamin Loh!

Beberapa dari pecinta atau pemilik kucing mungkin pernah bertanya “apakah kucing saya membutuhkan vitamin atau suplemen makanan?”. Jawabannya adalah tergantung kondisi kucing itu sendiri. Vitamin bagi kucing merupakan bagian dari pola makan atau dietnya yang akan membantu jangka waktu hidup kucing lebih lama dan tentu saja kualitas hidupnya yang lebih sehat.

Menurut salah seorang anggota Pet Food Institute, vitamin kucing tidak dibutuhkan oleh kucing yang keadaannya sehat. Pemberian vitamin tersebut malah akan membahayakan si kucing. Bagi kucing yang sehat, makan makanannya saja sudah lebih dari cukup. Oleh karenanya, pemberian vitamin atau suplemen tambahan hanya diperuntukkan bagi kucing yang sakit atau memiliki kondisi tertentu dimana tubuhnya tidak dapat menyerap beberapa nutrisi khusus atau bilamana terdapat kelainan pada organ pencernaannya.

Vitamin yang Dibutuhkan Kucing

Sebenarnya apa sih vitamin kucing itu? apakah sama dengan vitamin untuk kita? Kucing membutuhkannya karena penting bagi reaksi kimia dalam tubuh. Vitamin A, D, E dan K akan diserap oleh tubuh melalui lemaknya. Namun kucing ternyata tidak mampu mengubah betakaroten dari sayuran menjadi vitamin A karena itu mereka membutuhkannya. Vitamin lain yang dibutuhkan kucing adalah yang mengandung vitamin B thiamin dan niacin. Sedangkan vitamin C tidak dibutuhkan kucing karena bisa terbentuk sendiri di dalam tubuhnya.

Dosis Vitamin yang Diberikan

Ternyata sedikit saja jumlah vitamin yang dikonsumsi sangatlah penting bagi kucing agar fungsi metabolismenya normal. Akan tetapi jika terlalu banyak vitamin yang diberikan, maka tubuhnya tidak akan menyerap vitamin itu sehingga pemberiannya hanyalah sia-sia.

vitamin untuk kucing kesayangan

sumber gambar: wikimedia.org

Anda tidak perlu khawatir jika anda merasa sudah cukup dalam memberikan makanan bernutrisi bagi kucing anda. Vitamin tambahan hanya diberikan jika memang terdeteksi dan terdiagnosa oleh dokter hewan bahwa kucing anda mengalami kekurangan vitamin tertentu. Karena kebanyakan memberikan vitamin akan mengakibatkan hipervitaminosis atau keracunan kelebihan vitamin. Pada kucing rumahan, hipervitaminosis lebih sering terjadi dibandingkan kekurangan vitamin atau hipovitaminosis

BACA JUGA  Tips Memelihara Kucing Anggora di Rumah

Faktanya, kelebihan vitamin A bisa berakibat si kucing mengalami sakit di tulang dan persendian, tulang rapuh dan kulit kering. Sedangkan kelebihan vitamin D mengakibatkan tulangnya terlalu padat serta pengapuran jaringan persendian.

Produk-produk Vitamin

Jika kondisi kucing anda memang dianggap membutuhkan vitamin, ada baiknya anda mengenali dulu jenis dan produknya:

  • Vitamin dan mineral secara umum ialah jenis produk vitamin tunggal atau single vitamin dan multivitamin. Kebanyakan dari makanan kucing mengandung vitamin yang penting dan mineral yang dibutuhkan kucing.
  • Asam lemak atau fatty acids seperti asam lemak omega 3 dan omega 6 dipercaya menunjang bulu kucing yang berkilau dan menghindari kerontokkan. Asam lemak tersebut juga menjaga sistem imunitas, hati, mata, otak dan sendi kucing. Seperti halnya pada manusia, omega 3 meningkatkan kesehatan jantung dan memerangi kolesterol jahat. Makanan kucing mengandung lebih banyak omega 6 dari pada omega 3
  • Prebiotik juga menyehatkan dan merupakan bakteri baik yang membantu peningkatan kesehatan pencernaan. Prebiotik mengandung mikro organisma seperti Lactobacillus acidophilus or Lactobacillus casei, juga ditemukan pada beberapa jenis minuman yogurt, yang mengawasi kelebihan pertumbuhan bakteria jahat dalam usus besar.  

Selain jenis-jenis vitamin dan suplemen tambahan di atas, terdapat pula beberapa produk vitamin untuk kucing yang berfungsi dan kegunannya sebagai Nutriplusgel.

BACA JUGA  7 Inspirasi Nama Kucing yang Sesuai dengan Karakternya

Nutriplusgel berfungsi sebagai daya tahan tubuh, sehingga vitamin ini akan bekerja dengan baik apabila di berikan saat kucing akan sakit, maka vitamin akan berkerja secara maksimal. Vitamin ini sebaiknya tidak diberikan setiap hari karena akan terbuang percuma.

Selain itu ada Kitty Bloom Wate yang berbentuk bubuk merupakan suplement multivitamin yang beraroma keju sehingga disukai oleh kucing. Fungsinya untuk menambah berat badan dan meningkatan nafsu makan, sangat baik di gunakan untuk kucing hamil dan menyusui, karena selain meningkatkan nafsu kaman, vitamin ini juga berfungsi untuk meningkatkan produksi air susu pada kucing menyusui.

Ada lagi Kitty Bloom Super Lysin yang dapat diberikan untuk kucing dewasa dan anak-anak (kitten) mulai umur tiga bulan dan sangat bagus untuk kucing yang sering pilek. Pilek ini ditandai dengan seringnya kucing bersin-bersin. Ini merupakan hal yang sering terjadi pada kucing, jadi jangan terlalu khawatir ya karena sebenarnya jika tidak diobati pun akan sembuh dengan sendirinya. Ditambah vitamin ini baik untuk memperpanjang dan melebatkan bulu kucing karena mengandung taurine yang sangat di butuhkan oleh kucing.

Hasil yang sangat memuaskan akan terlihat setelah pemakaian satu bulan. Bulunya akan lebih lebat dan tidak mudah rontok dan tentu saja jadi lebih sehat. Produk ini sering di gunakan para pecinta kucing untuk mempersiapkan kucing kesayangannya dalam sebuah ajang pertunjukan kucing.

Terakhir ada vitamin Dermatik yang berguna untuk menjaga kesehatan bulu kucing. Vitamin ini sangat baik untuk membantu pertumbuhan bulu dan mengurangi kerontokan.

There is 1 comment for this article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *