Begini Cara Merawat Bulu Kucing Anggora Hitam yang Benar

Siapa yang tak tahu dengan kucing ras yang paling lucu ini. Mungkin semua cat lovers bakal suka dan gemas sama tingkah lakunya. Kucing anggora dimana-mana selalu jadi favorit banyak orang, termasuk kucing anggora hitam yang banyak diminati pecinta kucing.

Nama anggora diadaptasi dari sebuah kota bersejarah di Turki, Kota Ankara. Disebutkan bahwa kota itu menjadi tempat asal kucing anggora yang mulai dikenal semenjak tahun 1600-an.

kucing anggora hitam polos

catbreedswithpictures.com

Anggora punya ciri fisik yang mudah dikenali jika dibanding dengan kucing ras lain ataupun kucing non ras. Sayangnya banyak orang awam yang kadang tak bisa membedakan anggora dengan kucing persia.

Kucing anggora sering dianggap sebagai kucing persia karena sama-sama punya bulu yang panjang dan lebat. Untuk dapat membedakannya, kamu harus pahami dulu ciri fisik kucing anggora.

Ciri Fisik Kucing Anggora

Ciri pertama yang paling menonjol perbedaannya adalah dari kepalanya. Kucing anggora punya kepala berbentuk segitiga, hidung mancung, dan telinga yang meruncing ke atas. Jika dibandingkan, jauh berbeda dari kepala kucing persia yang bulat dan pesek. Justru bentuk kepalanya lebih mirip dengan kucing domestik di Indonesia.

Selanjutnya badan kucing anggora besarnya proporsional, tidak sekecil kucing persia. Bulu kucing anggora juga berbeda dengan kucing persia walau sama-sama lebat. Bulu kucing anggora lebih halus dan lembut, tapi bulu kepala tidak selebat bulu kepala kucing persia.

kucing anggora hitam coklat

theshokoshow.com

Ekor kucing anggora dianggap istimewa karena bentuknya yang panjang dan diselimuti bulu yang lebih tebal. Jika berjalan kucing anggora terlihat sangat anggun dengan ekornya cantiknya yang memanjang.

Diluar ciri fisik, perbedaan kucing anggora dengan kucing persia paling menonjol adalah pada tingkah lakunya. Kucing anggora lebih aktif dan suka bermain-main. Dia suka memanjat ke tempat tinggi dan lebih sering berinteraksi dengan manusia.

Keistimewaan Kucing Anggora Hitam

Kucing anggora sendiri sudah dianggap kucing ras yang istimewa, itu terlihat dari harganya yang lebih mahal dari kucing lainnya di Indonesia. Kucing anggora berbulu hitam adalah salah satu kucing anggora yang banyak disukai selain yang berwarna putih.

Walaupun masih ada yang percaya tentang mitos kucing hitam yang identik dengan hal seram dan keburukan, tapi bagi cat lovers, tentu tidak terlalu menghiraukan hal itu. Semua mitos itu tertutupi dengan kecantikan bulu anggora hitam yang sangat eksotis dan menawan.

merawat anak kucing anggora hitam

pets4homes.co.uk

Jika kamu masih percaya mitos, baiknya pilih mitos yang baik-baik saja. Contohnya mitos kucing hitam di Skotlandia yang dianggap sebagai sumber kemakmuran. Mitos di Mesir dan Jepang juga meyakini kucing hitam sebagai simbol keberuntungan. Orang Inggris juga banyak yang menghadiahkan kucing hitam kepada pengantin agar mempelai mendapat keburuntungan.

BACA JUGA  5 Cara Jitu Merawat Kucing Kampung Yang Layak Kamu Coba

Cara Merawat Bulu Kucing Anggora Hitam Agar Tetap Sehat dan Tidak Rontok

Sisi menariknya kucing anggora hitam tentu saja pada bulunya yang panjang lebat dan berwarna hitam. Jika kucing anggora hitam kesayanganmu tak dirawat dengan baik, bisa-bisa bulunya menjadi rusak dan rontok, atau berubah warna tak lagi hitam mengkilat. Kalau sudah begitu, keistimewaan kucing anggora hitam jadi hilang.

Sebetulnya tidak terlalu beda cara merawat bulu kucing anggora berwarna hitam dengan warna lainnya. Yang pasti bulu kucing anggora memang rentan mengalami kerontokan jika tak dirawat dengan baik.

Berikut ini adalah cara merawat bulu kucing anggora hitam.

1. Menggunakan Shampo Khusus untuk Kucing Berbulu Hitam

Memandikan kucing anggora secara rutin memang sudah jadi hal wajib buat para cat lovers. Dengan memandikan kucing secara rutin, si manis akan terhindar dari gangguan jamur dan kutu di tubuhnya. Cukup mandikan sekali saja dalam seminggu.

harga kucing anggora hitam

1.bp.blogspot.com

Namun, tentunya harus pilih shampo yang cocok ya. Jika asal menggunakan shampo atau bahan kimia lainnya, bulu kucing anggora malah semakin rusak. Sekarang ini sudah tersedia banyak di petshop, shampo dan sabun khusus untuk kucing berwarna hitam atau berwarna gelap.

2. Menjaga Nutrisi Makanan

Kucing anggora adalah kucing ras yang biasanya gak mau dikasih sembarang makanan. Karena itu kamu harus siap belikan makanan khusus di petshop. Dengan memilih makanan khusus di petshop, kamu bisa memperikirakan asupan nutrisi yang pas buat kucing kesayanganmu.

Nutrisi makanan yang baik untuk menjaga kesehatan bulu kucing anggora adalah protein dan lemak. Umumnya protein dan lemak lebih banyak dikandung pada makanan basah (wet food). Akan tetapi kandungan gizi yang lengkap justru ada pada makanan kering (dry food).

Karena itu dianjurkan untuk memberi makanan kering dan basah secara bergantian atau dicampurkan dalam satu makanan agar nutrisinya tercukupi. Selain memperhatikan nutrisi pada makanan utamanya, kamu juga perlu memberi nutrisi tambahan untuk membuat bulu kucing anggora hitam menjadi cantik.

makanan kucing anggora hitam

1.bp.blogspot.com

Nutrisi tambahan yang kita rekomendasikan adalah kuning telur ayam kampung. Kuning telur ayam kampung berkhasiat membuat bulu makin lebat, halus, dan mencegahnya dari kerontokan. Berikan kuning telur ayam kampung seminggu sekali, atau jika ingin hasil lebih cepat berikan maksimal tiga kali dalam seminggu.

BACA JUGA  Memakaikan Baju Pada Kucing, Bermanfaat atau Sekedar Gaya?

Nutrisi lain yakni asam lemak omega 3 dan omega 6 yang sangat baik buat kesehatan bulu kucing. Keduanya terkandung dalam minyak ikan yang sudah banyak tersedia di petshop. Jangan lupa, selain membeli minyak ikan baiknya juga membeli vitamin E agar kulit kucing anggora tetap terjaga kelembapannya.

3. Rutin Menyisir Bulunya

Jangan harap bulu kucing anggora akan terlihat cantik jika kamu malas menyisirnya secara rutin. Apalagi untuk kucing ras seperti kucing anggora hitam yang lebih riskan dengan kesehatan bulunya.

Selain membuat bulu lebih halus dan bersih, menyisir secara rutin akan membantunya untuk meregenerasi bulunya. Bulu kucing akan lebih mudah beregenerasi jika bulu matinya dirontokkan dengan sisir terlebih dahulu.

kucing anggora hitam yang sehat

i.ytimg.com

Di sisi lain merontokkan bulu mati juga akan menghindarkan kucing dari hairball. Kita tahu bahwa kebiasaan kucing menjilat bulunya sendiri akan memicu hairball saat bulu mati tertelan terlalu banyak.

Khusus untuk area muka kucing, kamu baiknya menggunakan lap khusus untuk mengangkat bulu matinya. Gunakan lap lembut yang sudah tercampur air, lalu basuh secara perlahan di area mata, hidung, dan mulutnya.

4. Membersihkan Kandangnya

Kok repot banget ya merawat kucing anggora? Memang begitulah seharusnya. Kalau kamu tak mau repot ya cari saja jasa untuk perawatan ini. Minimal kandang kucing anggora hitam kamu bersihkan 3 minggu sekali.

Membersihkan kandang berguna untuk menghindarkannya dari kotoran yang bisa memicu jamur di tubuhnya. Selain itu kandang yang kotor juga menjadi sarang penyakit yang bisa membahayakan kesehatan si manis anggora hitam.

5. Jangan Menjemur Kucing Terlalu Lama

Memang betul menjemur kucing di pagi hari akan membuatnya lebih sehat. Namun khusus untuk kucing anggora berwarna hitam, menjemur terlalu lama akan merubah warna cantiknya menjadi kecoklatan. Jika ingin menjemur kucing anggora hitam, kamu bisa melakukannya maksimal 20 menit saja.

kucing anggora hitam coklat

walldevil.com

Berikut tadi adalah hal-hal yang bisa kamu lakukan dalam merawat kucing anggora hitam agar bulunya makin cantik dan menawan. Kalau kucing kesayangan makin menarik, tentu saja kamu akan semakin betah dan senang untuk selalu bermain dengannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *