Kucing Anda Muntah? Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

Anda mungkin pernah melihat kucing Anda muntah, namun kurang memahami apa yang terjadi pada kucing Anda. Muntah merupakan gejala umum yang sering ditemui pada kucing. Secara alamiah, kejadian kucing muntah lebih sering terjadi dibandingkan dengan hewan lainnya.  Muntah pada kucing bisa disebabkan oleh banyak faktor, seperti memakan sesuatu yang sulit dicerna, makan terlalu cepat, atau bisa jadi muntah adalah gejala awal dari gangguan saluran pencernaan serius yang memerlukan tindakan medis lebih lanjut.

Muntah disebabkan adanya stimulasi dari pusat muntah di otak oleh reseptor-reseptor yang berhubungan dengan saluran pencernaan. Saat muntah terjadi, akan terjadi kontraksi otot perut dan dan terjadi tekanan dalam perut yang menyebabkan isi lambung keluar, dan timbul suara desakan saat isi lambung memasuki kerongkongan.

Penyebab Muntah

penyebab kucing muntah

sumber gambar : binatangpeliharaan.org

 

Penyebab faktor yang menyebabkan kucing muntah,  seperti:

  • Kucing berbulu panjang yang suka menjilati rambutnya sendiri (grooming), yang lama kelamaan akan membentuk hairballs di dalam lambung.
  • Benda-benda asing yang tidak bisa dicerna dan akan menyebabkan iritasi pada lambung, seperti rumput, tanah, dan mainan kucing.
  • Makan terlalu banyak dan cepat, seperti saat memberi makan banyak anak kucing dalam satu wadah.
  • Hal-hal yang berkaitan dengan diet makanan, seperti penggantian jenis pakan, intoleransi pakan (misalnya cokelat),
  • Parasit usus, seperti cacing.
  • Infeksi virus, seperti feline panleukopenia.
  • Penyakit liver atau ginjal akut, pankreatitis
  • Rasa mual pasca operasi
  • Toksin dan obat-obatan tertentu, seperti insektisida, bunga lili (menyebabkan gagal ginjal), obat penurun panas (aspirin, ibuprofen, acetaminofen, dan amfetamin)
Baca juga Cara Merawat Bulu Kucing Persia Kesayangan Kamu

Gejala Kucing Muntah

Anda perlu memerhatikan bila kucing Anda muntah. Jika kucing muntah hanya sekali atau dua kali, dan kucing akan tampak baik-baik saja sebelum dan sesudah muntah, maka hal itu muntah yang bersifat normal. Namun, jika kucing muntah dengan frekuensi sering, tidak mengeluarkan isi lambung, atau disertai gejala penyakit lain, maka hal itu memerlukan pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter hewan. Kucing yang muntah dengan frekuensi terus-menerus, menunjukkan gejala penyakit infeksius (disebabkan oleh infeksi bakteri dan virus) ataupun non-infeksius (gangguan sistem pencernaan, toksin, dan kerusakan organ tubuh, gangguan sistem syaraf pusat), sehingga perlu penanganan medis.

BACA JUGA  Inilah Cara Menimbang Harga Kucing Anggora dan Persia

Jika kucing muda (2-4 bulan) muntah yang disertai kondisi demam dan lemas, dicurigai kucing terkena penyakit feline panleukopenia. Penyakit panleukopenia adalah penyakit paling mematikan yang sering menyerang kucing-kucing muda.

Jika kucing menunjukkan muntah yang disertai darah, menunjukkan terjadi pendarahan antara mulut dan saluran pencernaan bagian atas, seperti lambung dan kerongkongan, yang disebabkan adanya benda asing.

Terkadang kucing juga muntah yang disertai feses (kotoran kucing), yang ditandai dengan adanya warna kehitam-hitaman di  muntahan dan bau seperti kotoran kucing. Hal itu terjadi karena terjadi kerusakan usus sehingga feses keluar dari usus dan masuk ke lambung.

Perawatan Kucing Muntah

Kucing muntah dapat menyebabkan dehidrasi dengan cepat karena kehilangan cairan tubuh dan elektrolit.  Jika kucing muntah disertai dengan diare, kemungkinan terjadi dehidrasi akan meningkat sangat besar. Jika perlu, konsultasilah dengan dokter hewan jika kucing muntah berlangsung lebih dari 24 jam, dan terjadi dehidrasi.

BACA JUGA  Tips Membersihkan Kotoran Kucing

Perawatan di rumah hanya cocok untuk kucing muntah yang bersifat normal, atau kucing dewasa sehat yang tidak menunjukkan gejala lain selain muntah. Sedangkan kucing yang tua dan kucing muda yang sering disertai gejala lain dan dehidrasi, perlu penanganan lebih lanjut. Selalu pastikan pakan diberikan sesuai porsi dan kebutuhan kucing.

Baca juga Merawat dan Memberi Kasih Sayang Kepada Kucing Anda

Jauhkan kucing dari benda-benda asing, seperti rumput dan mainan mudah tertelan. Tahan makanan dan minuman selama minimal 12 jam, jika kucing menunjukkan gejala haus, kucing mengeong dan menunjukkan kegelisahan ingin minum. Setelah 12 jam, jika muntah berhenti, tawarkan air di tempat minumnya. Jika kucing minum dengan baik, tawarkan pakan rendah lemak  atau dari pakannya sendiri sedikit demi sedikit. Anda bisa menawarkan 4-6 porsi kecil dalam dua hari, dan selanjutanya bisa dikembalikan porsi diet seperti biasa.

Tahan semua makanan dan air, dan segeralah mendapatkan bantuan medis hewan pada saat:

  • Kucing masih muntah meskipun Anda tidak memberi makanan atau air minum
  • Kucing muntah saat akan diberikan makanan dan air minum
  • Kucing muntah darah atau benda lain yang berwarna gelap. Warna gelap yang terjadi kemungkinan adalah darah yang mengalami pembekuan dan sudah terjadi lama
  • Kucing semakin lemah dan lesu atau menunjukkan gejala penyakit lainnya

There are 29 comments for this article
  1. yudha at 02:26

    min nanya, kucing saya tiap hari muntah. pernah dibawa 2x ke dokter tp tahan cuman bbrp hari trus muntah lagi. pernah juga di kasih obat cacing tp ga smp seminggu muntah2 lg. muntahnya itu tiap tengah mlm sekitar jam 2 sama siang jam 2 gitu min, bentuk jenis muntahannya sih sprt kotoran tinjanya sendiri baunya sm kyk tinjanya juga. itu gmn solusinya min mau d bawa ke dokter hewan lg ntar habis biaya min. tlg bales ya min ke email sya mksih 🙂

  2. Pingback: Benarkah Anak Kucing Yang Baru Lahir Tidak Boleh Dipegang?
  3. ferdy fernandy at 13:29

    Kucing gue kasian min muntah2 dari kemarin sampe sering bagaimna mengatasinya,dan kucing gue ga mau makan sama minum sama pendiem kucing nya kasaian liatnya udh gue kasi makan,kasih minum tapi ga mau aja dan kucing nya terus muntah2han

    • Yhuni ambar at 23:43

      Kucing saya muntah…
      Bru adopsi sehari..awalnya baik2 saya makanya lahap dan lincah.
      Apa mungkin gara2 saya kasib susu ultra yah buat mamusia.
      Umurnya 2,5bln..saya pikir smntra kasih susu dlu karena blm beli susu khusus untuk kucing…eh lah kok dia diare,,,muntaj dan lemes… sampai skrg belum mau makan..gak mau minum..k kmar mandi malah jilat2 air di lantai..tp muntahnya sih baru sehari…saya panik..saya kasih obat menceret malah muntah2…gmn yah..apa saya bawa ke dokter saja…

      • anggi adelia at 09:14

        jelas muntah. kucing jgn dikasih susu manusia apalagi obat manusia tanpa resep dokter. apalagi kucingnya masih kecil. klo gak ada susu kucing, kasih makanannya aja dulu sama minum air biasa. ada kandungan di susu untuk manusia yg kucing/anjing gak boleh minum. bisa nyebabin muntah & mencret. sy lupa apa.

      • nia at 21:33

        Kalau menurut saya segera dibawa ke dokter saja..jadi mendapatkan oenanganan yg tepat. Karena kita tdk bisa sembarang memberikan obat manusia atau obat lain untuk kucing. Takutnya justru malah membuat kondisinya menurun.

      • Iunii Marzuki at 06:59

        Kucing boleh kok minum susu manusia, asal yang low lactose (LLM) dan cari untuk yg usia paling muda. Kalokmrn dikasih susu ultra rasa coklat, jelas ajah dia muntah krn coklat itu pembunuh anjing dan kucing, shg bisa menyebabkan gagal jantung. Kucing juga GAK BOLEH MINUM AIR TOILET!! Krn kucing aku juga sempat kecolongan main di toilet, dan mungkin sempat minum juga, gak berapa lama dia muntah cacing.
        Soal pemberian obat manusia juga seharusnya gak masalah sih, asal dosisnya tepat. Misal, satu tablet itu untuk manusia dewasa yg beratnya 60kg, kalo kamu mau kasih kucing kamu obat itu, yg sebenarnya berat dia hanya 2kiloan, yaa itu obat harus kamu bagi brp tuh? Hehe agak ribet sih, tp mesti hati2.. semoga penjelasan aku membantu yaa

  4. Dian at 22:07

    Dok kucing saya muntah sudah 2 hari ini, sekali muntahan bisa 3 kali keluar cairan berwana hijau keputihan. Kira kira kenapa ya dok? Bagaimana penyembuhannya? Terimakasih.

  5. yulie at 14:01

    min,,, kucing saya muntah setelah saya kasih makan ikan yang dicampur dengan dry food, kenapa ya? apa ngga cocok makan dry food? tapi kucingnya tetep lincah tapi kesian aja liatnya kalau muntah… apa kalau masih kecil belum bisa makn dry food atau memang ngga doyan? kucing saya ini kucing mix kampung dan anggora (kayaknya) boleh dikasih soalnya, dan usianya jg belum tahu berapa… mohon pencerahannya ya min kira2 makanan apa yg cocok selain ikan, karena kalau lihat di artiket mimin kayaknya lebih suggest ke dry food. thx.

  6. diana purnamasari at 23:41

    min kucing aku muntah2 knp ya? prtma muntah nya berbentuk gtu ga cair tpi warnanya kecoklattan gtu, nah pas ke3 cair muntah nya. itu knp ya? dan cara mengatasi nya gmn min?? please bls aku bingung min soalnya bru prtma kli melihara kucing

    • Ade at 18:35

      Bantu jwab ya.
      Sudah divaksin blm kucingnya? Or sdah dikasih obat cacing?
      Klau blm dikasih obat cacing mngkin bsa cacingan,
      Klau blm divaksin bisa jdi kena panleukopania, dikandangin aja dlu.. dipisahin sma yg lain.
      Trus dikasih imunos 1 tablet dibagi 4, sehari 1/4 tablet.
      Trus dikasih mkan royal canin yg recovery atau hill’s yg urgent care a/d.

  7. aboy at 13:48

    min kucing gue muntah2 tadi pagi gara2 malemnya gue kasih vitamin gel nutri plus. warna muntahnya putih berlendir gitu. udah 3 atau 4 kali muntah. itu knp min ? gak cocok atau gimana ? cara mengatasinya gmn min ? tolong banget min pencerahanya.. thanks

  8. Khairunnisak farhana at 22:55

    Kucing saya muntah dah x lalu makan.. najis dia jugak cirit dan cair.. dia lapar tai bila bg makanan dia x nak makan..
    Kenapa jadi macan itu? Dan camna cara nak atasi nya? Tq..

  9. theoreza at 01:16

    Kucing ku masih umur 3 bulan, dia sering muntah”, warnanya bening, kadang juga bening kekuningan, trus ga mau makan sama minum, tdr trus seharian, dan 2 hari kmudian dia meninggal 😭😭😭😭😭😭😭

  10. felani at 08:25

    Kucing aku muntah kaya pup, tapi ada yg cair juga warna kuning. Itu kenapa ya?
    Padahal mau makan dan masih lincah. Aku bingung

  11. vembi vk at 02:18

    dok tolong 2dari 3kucing kecil saya udh mati dok ngga mau makan minumcuma bisa tidurn
    aja mungkin gra2 di kasi susu buat bayi tolong bantuanya

  12. Fifi at 18:17

    Kucing saya belum genap 1 bln. Belakangan ini selalu muntah setiap habis nyusu induknya. Susu yg dia isap keluar lagi lewat mulut dan hidungnya. Kenapa ya? Ada yg bisa bantu?

  13. ney at 08:16

    Kucing saya muntah warna ping, berbusa sama kentel gitu tapi dia tetep aktf dan muntah nya juga baru sekali. Tapi kasian takutnya berlanjut, kucing saya persia 7 blanan tlong pencerahan nya knpa sama solusinya gmna? terimkasih.

  14. mutia at 23:06

    Tolong bantuannya, kucing saya muntah muntah terus, kadang warna ijo kadang warna kuning, berbusa juga, gamau makan minum, lesu
    Gimana cara ngatasinya?

  15. Anggi at 23:24

    Dok.. KucingQu baru 3 bulan.. Baru adopt 1 minggu yang lalu.. Dari pemilik sebelumnya dikasih me-o lalu aku ganti pake whiskas.. Awalnya gpp puph juga biasa.. Aktif .. Lahap makannya.. Tapi setelah 1 minggu tiba2 muntahnya sisa makanannya sendiri.. Tapi masih aktif dan mau makan minum.. Kira2 kenapa yah? Solusinya gimana yah? Tolong info…

  16. Nada at 20:59

    Nggak tega utk ngediemin 12 jam, takut mati. Soalnya dia muntah terus dan lemes. Ke dokter jg gaada uang, tolong dijawab alternatifnya gimana, urgent.

    Tolong.

  17. Nazza at 20:59

    Min mau tanya nih kucing saya sudah 2 hari gak mau makan dan minum. Lalu bau mulutnya gak enak dan tiba” kucing saya muntah bulu hbis itu muntah darah merah segar ? Nah , ini kira” sakit apa ya ? Soalnya ada muntah bulu sama merah segar ??? Kasian min ngeliatnya gak tega :”(

  18. Nazza at 21:02

    Mint mau tanyak, aku punyak kucing sudah 2 hari ini sakit , dia muntah bulu sama muntah darah segar ? Itu kira” sakit apa ya ? Kasian nheliatnya gak tega :”(

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *