Yuk Kita Kenali Jenis-jenis Kucing di Dunia

Apakah anda pernah memikirkan tentang sebanyak apa jenis kucing yang ada di dunia? Apabila anda sangat penasaran, kali ini saya akan membahas hal itu. Macam-macam jenis kucing di dunia sangatlah beragam. Mulai dari yang selalu kita dengar, yaitu anggora, persia, himalaya, sphynx dan siam. Terdengar banyak bukan? Tetapi, ternyata macam-macam jenis kucing lebih dari itu dan jenis-jenis kucing juga digolongkan menjadi tiga golongan. Menurut catchannel.com golongan kucing dibedakan menjadi kucing berambut panjang, ikal dan berambut pendek. Mengapa digolongkan menjadi tiga golongan? Karena untuk memudahkan kita mengenal jenis kucing tersebut.

Kucing dengan berambut panjang terdiri dari :

1. American Bobtail

american bobtailKucing yang baru berkembang sekitar akhir tahun 60-an ini memiliki ekor yang tebal dan pendek, dengan tubuh yang berukuran medium-besar dan kekar. Dia mirip seperti kucing liat di hutan-hutan Amerika. Kucing ini termasuk kucing yang mengalami masa puber pada umur 2-3 tahun. Dia juga mempunyai bentuk kepala yang berbentuk segitiga dengan rahang yang lebar, hidung yang lebar dengan sedikit cekung antara kening dan hidung. Juga telinga berukuran sedang dan lebar disertai rambut yang lebih panjang diujungnya, dan matanya berbentuk seperti almond dengan warna mata yang bervariasi sesuai warna rambutnya.
American Bobtail ini mempunyai sifat yang menyenangkan. Dia termasuk kucing aktif dan suka bermain. Dia juga sangat bersahabat dengan manusia dan mudah beradaptasi dengan lingkungan sekitar.

Baca juga Jenis-jenis Ras kucing terpopuler di dunia

2. American Curl

American curl    Kucing yang berasal dari California ini mempunyai telinga yang melengkung, tetapi tulangnya sangat lunak dan lembut sehingga kupingnya berpotensi patah apabila kita mengelusnya dengan keras. Ada waktu ketika mereka mempunyai kuping lurus, yaitu ketika dia berumur kurang dari 10 hari sampai 4 bulan. Kucing ini termasuk kucing yang tidak terlalu agresif tetapi mudah beradaptasi.

3. Balinese

balineseKucing dari ini berasal dari Bali? Tentu tidak. Kucing ini ternyata berasal dari California, Amerika. Menurut wikipedia.com kucing ini diberi nama Bali karena dia anggun seperti penari Bali, di Bali. Kucing ini mirip dengan siam ya? Yap. Sebenarnya mereka ada mutasi dari ras siam. Lalu, apa perbedaannya? Perbedaannya hanya pada rambutnya, siam berambut pendek dan balinese berambut panjang. Mereka termasuk kucing oriental, yaitu kucing dengan tubuh panjang dan langsing, mempunyai corak yang sama seperti siam. Balinese mempunyai dua jenis, yaitu tradisional yang mempunyai badan lebih tegap dan berat, kepala yang bundar dan telinga yang panjang, dan modern yang hanya mempunyai rambut panjang di bagian ekor.

BACA JUGA  Ini Dia Solusi Memiliki Kucing Anggora dengan Harga Murah

4. Birman

birmanKucing yang sangat suka bergaul dan penyayang ini mempunyai suara yang lembut, badan yang besar dan gempal juga rambut yang tebal walau tidak setebal Persia. Dia mempunyai bola mata yang bulat dan berwarna biru. Keunikannya adalah kucing ini mempunyai kaki yang terlihat seperti memakai sarung tangan. Kucing ini memiliki pertumbuhan yang lamban, pertamanya anak kucing Birman ini akan berwarna putih di seluruh tubuhnya, namun setelah melewati 18 bulan, corak pada tubuhnya pun akan terlihat.

5. Himalaya

himalayanKucing yang berasal dari Britania Raya ini adalah kucing hasil persilangan ras persia dan siam. Persilangan ini dilakukan untuk menghasilkan kucing dengan jenis baru yang mempunyai badan persia dengan corak yang dimiliki oleh siam. Himalaya mempunyai ciri dengan badan besar, gemuk, berkaki pendek seperti kucing persia, karena itu ia mempunyai kesulitan saat ingin melompat. Tetapi ada jenis himalaya dengan badan siam, yaitu mempunyai badan langsing dan anggun.
Kucing ini dibagi menjadi dua, yaitu Himalayan Doll Face yaitu himalaya dengan hidung pesek tetapi masih terlihat bentuk hidungnya jika dilihat dari samping dan Himalayan Ultra Face himalaya dengan hidung sangat pesek bahkan cenderung datar apabila dilihat dari samping

Baca juga 3 Kucing Ras Terfavorit di Dunia

6. Javanese

javaneseSama seperti balinese, javanese adalah kucing oriental yang memiliki badan langsing dan anggun. Lalu apa perbedaan mereka? Balinese cenderung memiliki corak tradisional seperti solid point, chocolate point, dan lilac point sedangkan javanese memiliki corak non tradisional yaitu lynx point, red point, cream point dan masih banyak lagi. Javanese ini mempunyai kepala berbentuk segitiga sempurna dan mempunyai kuping yang sangat lebar juga hidung yang sangat mancung. Walau rambut di tubuh dia tidak sepanjang persia dan maine coon, tetapi rambut di ekornya lebih panjang daripada di tubuhnya.
Kucing ini sangat aktif dan membutuhkan perhatian lebih dari pemiliknya. Mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi membuatnya selalu pergi ke tempat-tempat yang tinggi. Menurut saya, kucing ini adalah saingan alamnya himalaya. Lihat saja hidungnya, javanese mempunyai hidung yang sangat mancung sedangkan himalaya mempunyai hidung yang sangat pesek. Seperti sule dengan andre saja ya.

BACA JUGA  Kebiasaan Si Kucing Sebagai Hewan Peliharaan

7. Maine Coon

maine coonMempunyai rambut yang tebal, mengkilap, rambut yang lebih tebal dan panjang di sekitar kaki, leher, dan perut ini berfungsi untuk melindunginya dari suhu yang dingin dan ekstrim. Ia juga mempunyai mata dan telinga yang lebar. Maine coon ini berbadan besar, tinggi dan berotot bahkan beratnya kucing ini saat dewasa mencapai 5 – 9kg untuk kucing jantan, sedangkan kucing betina cenderung lebih kecil yaitu hanya berkisar 4 – 6 kg. Ciri khas dari kucing ini adalah rambutnya yang panjang sehingga menyerupai singa. Tetapi, dari tampangnya yang ganas ia mempunyai sifat yang lembut, ia suka berada di dekat pemiliknya, dan termasuk kucing yang aktif.

8. Norwegian Forest Cat

norwegian forest catKucing yang sering disebut sebagai kucing hutan ini memiliki tubuh yang kuat, kaki yang panjang, berbadan besar dan rambut yang tebal juga mempunyai cakar yang kuat memudahkannya untuk memanjat. Dia termasuk kucing yang pendiam, atau kucing yang jarang mengeluarkan suara tetapi dia adalah kucing yang baik. Selain itu, dia senang mencari perhatian dan berada di luar yang membuatnya mudah beradaptasi pada lingkungan sekitar.

9. Persian

persianKucing persia adalah kucing yang mempunyai wajah bulat, berambut tebal, berbadan besar dan sangat cantik. Ia mempunyai telinga yang berujung bulat tetapi telinga bawahnya melebar dan mempunyai mata yang bulat dan lebar. Kakinya yang pendek membuat ia terkadang kesulitan untuk melompat dan menjadi ciri khasnya. Kucing ini sangat populer pada para pecinta kucing karena selain memiliki rambut yang tebal, ia juga mempunyai sifat yang tenang dan ramah juga termasuk kucing yang pendiam.

Baca juga Inilah Beberapa Ras Kucing yang Paling Menggemaskan

ke halaman selanjutnya….

There is 1 comment for this article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *