Kisah di Balik Nama Anggora yang Belum Kamu Ketahui

Semua pecinta kucing pasti tahu dengan jenis kucing yang satu ini. Kucing yang selalu didambakan para pencinta kucing karena keindahannya dan selalu menjadi favorit mereka. Siapapun yang tidak tahu dia pasti akan menyesal. Banyak yang menyebut kucing ini Anggora atau angora, bahkan Ankara.

Lalu, mengapa mereka bisa menyebut panggilan kucing ini dengan nama yang berbeda? Apakah itu hanya dari pemberian namanya saja? Atau ada sejarah dibalik panggilan itu? Dan, apakah ada jenis-jenis kucing Anggora? Atau ia hanya satu ras yang tidak mempunyai jenis?

Berdasarkan situs wikipedia.com dan kucingkita.com Angora, Anggora atau Ankara, itulah sebutan orang-orang pada kucing dengan nama asli Turkish Angora. Sesuai namanya, ia berasal dari Turki di kota Ankara atau dulu disebut kota Anggora. Jenis kucing ini berawal dari kucing liar di Afrika dan melalui proses perkawinan dengan kucing yang lain, lahirlah dia, Turkish Angora. Ada juga yang mengatakan bahwa Anggora berasal dari kucing Asia, yaitu kucing Pallas.

Ia mulai terkenal ketika pada abad ke 16 seorang bangsawan Italia membawanya ke Eropa. Ia membawanya ke sebuah istana di Italia yang membuat raja di Italia, Louis XV memeliharanya. Karena hal itu, maka kegiatan impor ke Eropa pun meningkat. Penjualan Anggora pun pertama kali dijual pada orang-orang kaya di Perancis dan Inggris oleh sultan Turki. Jadi Anggora pertama kali sampai ke Eropa sekitar tahun 1600 dan sampai pada Amerika dengan dijual pertama kalinya kucing ini adalah pada tahun 1954 disusul dengan dilakukannya impor ke Swedia dan Belanda pada tahun 1996.

Kembali pada negara Turki, para pemerintah Turki menjalin kerja sama dengan kebun binatang Ankara untuk melakukan perkembangbiakan kucing Anggora. Tujuan dari kerja sama ini adalah untuk melestarikan dan melindungi ras ini agar tidak punah suatu saat nanti.

Warga Turki sangat menghargai dan menyayangi dia, sehingga pihak kebun binatang sangat sulit menemukan kucing ini yang kemungkinan dipelihara oleh warga Turki sebagai peliharaannya. Namun kesulitannya semakin bertambah ketika seorang istri dari Kolonel Angkatan Darat, Walter Hibah yang sedang tinggal di Turki bernama Liesa F. Grant mengimpor sepasang kucing Anggora dari kebun binatang ke Amerika.

Lalu pada tahun 1968 Anggora dengan warna rambut putih mendapat pengakuan oleh Cat Fancier’s Association (FCA) dan dua tahun kemudian yaitu tahun 1970 diselenggarakanlah kontes kucing Anggora setiap tahun.

BACA JUGA  Harga Anakan Kucing Anggora Terbaru 2015

Orang-orang menyukai anggora karena keanggunannya dan kecantikannya yang tidak bisa dibandingi dengan kucing ras lain. Anggora murni, atau bukan hasil perkawinan dengan kucing lain berciri rambut polos berwarna putih, telinga yang lebar dibagian bawah dan lancip pada telinga atas dan harus tegak.

Matanya harus sedikit miring ke arah atas seperti Almond dan harus berwarna kuning atau dengan pola dua warna yang berbeda pada bagian mata, seperti bagian kiri biru dan bagian kanan kuning. Bagian tubuh bagian belakang harus panjang dan bagian depan harus tinggi. Rambutnya harus halus dan berukuran sedang dengan kecenderungan meringkuk. Rambutnya juga harus panjang dan lebar pada bagian leher. Dan terakhir, struktur tulang mereka harus baik. Ribet ya? Tapi itulah ras asli Anggora.

Tetapi walaupun begitu kucing Anggora tetap mempunyai berbagai motif warna, seperti warna cokelat, warna tabby, hitam, dan lain-lain. Jenis kucing Anggora pun dapat digolongkan berdasarkan warna rambutnya, yaitu :

  1. Solid

anggora warna solidAnggora berwarna solid adalah kucing yang hanya memiliki satu macam warna. Sangat mudah membedakan kucing berwarna solid dengan kucing yang memiliki warna lain. Warna-warna solid biasanya adalah  warna dasar, seperti hitam, putih coklat, cream, abu-abu (disebut blue dalam dunia perkucingan), dan lain-lain. Warna-warna dasar ini bukan satu patokan yang mutlak. Beberapa orang berpendapat  warna dasar hanya ada empat, yaitu : hitam, cokelat, merah dan putih sedangkan warna lainnya merupakan variasi dari ke empat warna tersebut.

  1. Tortieseshell

anggora warna tortoiseshellNama aslinya adalah Tortoiseshell, tapi nama dia sering disebut   Tortie. Tortie adalah kependekan dari  tTortoiseshell. Dia hasil dari  kombinasi antara dua warna solid merah dan hitam dengan batas-batas yang tidak jelas. Hampir semua kucing Tortie berjenis kelamin betina. Warna utama Tortie adalah hitam. Luas daerah yang berwarna merah sangat bervariasi. Beberapa Tortie mempunyai warna merah lebih  banyak daripada hitam atau sebaliknya. Warna ini disebut juga Reverse tortie.

  1. Tortoiseshell-tabby

anggora warna torbieTorbie adalah kependekan dari Tortoiseshell-tabby. Torbie adalah kombinasi dua warna Tortie dan Tabby. Bagi para pemula mungkin cukup susah untuk membedakan Tortie dengan Torbie. Cara termudah mengenali torbie adalah dengan mengenali bentuk seperti huruf  “M” yang terletak di atas hidung atau pola Tabby pada daerah helai rambut yang berwarna hitam.

  1. Tabby

anggora warna tabbyPola rambut dari jenis kucing Anggora ini membentuk pola dengan alur dan kontras warna yang jelas dan teratur, tidak seperti tortie dan torbie yang acak-acakan. Tabby mempunyai pola yang sama seperti pola pada harimau. Pola warna ini berkombinasi dengan berbagai warna dasar.

BACA JUGA  Panduan Memilih Makanan Kucing Anggora Anakan

 

 

 

  1. Color Point

anggora warna color pointPola warna color point adalah pola yang terbentuk dari warna Solid atau Tabby yang terdapat pada daerah sekitar telinga, hidung, ujung kaki, dan ekor. Contoh paling mudah pada kucing ini adalah pada kucing Siam. Seperti warna tabby yang terdapat pada Tortie, warna Tabby juga bisa dimiliki padanya. Warna ini disebut Lynx point. Pola tabby dapat dikenali denga mudah bila terdapat tanda seperti huruf M di daerah atas matanya.

Pada saat mereka masih menjadi anak kucing, semuanya mempunyai warna yang sama yaitu putih. Baru beberapa hari sampai beberapa minggu warna point mulai muncul. Warna point akan semakin terlihat bila kucing hidup di daerah dingin. Sebaliknya warna point akan menjadi pucat bila kucing hidup di daerah bercuaca panas.

Lalu, dibalik rambut dan motif rambut yang bagus pasti ada perawatan yang bagus juga. Anggora menyukai kebersihan, sehingga mereka harus dimandikan secara rutin agar mereka selalu merasa bersih. Tidak hanya rambutnya, tetapi kandangnya pun harus kita bersihkan. Kebersihan yang selalu kita lakukan ini akan membuatnya nyaman pada diri mereka sendiri dan lingkungannya. Selain itu, hal tersebut dapat membuat Anggora terhindar dari bahaya penyakit.

Jadi, dibalik nama Anggora ternyata terdapat sejarah yang tidak terduga. Bayangkan, dari kucing liar dari Afrika mereka bisa terdampar di Turki dan dibawa ke Italia lalu di impor ke seluruh negara. Nama panggilan mereka pun tercipta dari nama dia sendiri, dari bahasa Inggris yaitu Turkish Angora, bahasa turki Turkish Ankara dan bahasa yang telah diterjemahkan ke indonesia, kucing Anggora Turki.

Jenis-jenis kucing Anggora ini juga dibedakan sesuai dengan pola warnanya, dari yang polos hingga yang mempunyai corak seperti harimau. Walaupun jenis-jenis kucing Anggora dikelompokkan, tetapi cara perawatannya juga sama saja dan untuk nilai mereka sama nilainya. Oleh karena itu, jangan dibanding-bandingkan ya mana jenis Anggora yang lebih bagus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *