5 Kesalahan Dalam Memelihara Kucing Ini Harus Kamu Hindari

“Jika cinta, buktikanlah! Karena kata-kata seringkali tidak berguna.” Kira- kira mungkin begitulah ungkapan yang ada di hati si kucing lucu peliharaanmu, jika caramu memeliharanya tidak benar. Besarnya kasih sayang dan cinta catlovers haruslah dibuktikan dengan kesungguhan dalam merawat mereka. Caranya? Tentu saja dengan mencari informasi tentang memelihara kucing yang benar, seperti juga catlovers yang telah dengan benar mencari info seputar memelihara kucing di sini. Kenali kesalahan-kesalahan dalam memelihara kucing sehingga kamu bisa menghindarinya agar kucing lucumu tumbuh sesuai harapan. Oke, berikut ini beberapa kesalahan dalam memelihara kucing yang perlu dihindari, yaitu:

1. Membiarkan stock makanan kucing terbuka

makanan kucing terbuka

https://www.flickr.com/photos/ghost_of_anja/5466454983/

Seperti halnya jenis makanan manusia atau hewan peliharaan lainnya, makanan kucing juga bisa terkontaminasi oleh bakteri dan kuman. Jika catlovers menyimpan makanan kucing kesayangan dalam jumlah agak banyak, usahakan ditempatkan di wadah yang kering dan tertutup. Wadah yang basah dapat menyebabkan makanan berjamur begitu juga jika wadah makanan terbuka. Dalam lima belas menit makanan yang terbuka akan segera dihinggapi bakteri. Karena kadang jamur dan bakteri ada jenis-jenisnya yang tidak terlihat maka catlovers harus sangat perhatian dalam masalah ini. Makanan yang sudah terkontaminasi bakteri dan jamur sangat berbahaya bila masuk ke tubuh kucing. Kucing biasanya akan muntah jika mengkonsumsi makanan ini. Namun keracunan yang fatal akan berdampak pada kematian kucing kesayanganmu dengan cepat.

BACA JUGA  3+4 Hal yang Wajib Diketahui Sebelum Memelihara Kucing Persia

2. Memberi makanan lain

makanan anjing bukan untuk kucing

https://www.flickr.com/photos/madcitycat/2109607911/

Pada saat-saat tertentu, saat kamu sedang sangat sibuk dan di waktu yang sama makanan kucingmu habis, tanpa berpikir panjang biasanya kamu akan memilih cara cepat dengan memberikan makanan hewan peliharaan lain untuk kucingmu. Jika hal ini berlangsung berulang-ulang, hal ini dapat berbahaya bagi metabolisme tubuhnya dan membuka kemungkinan kucing mengidap penyakit. Segeralah membeli makanan kucing di petshop terdekat, jangan lupa untuk mencatat waktu pembelian agar diketahui berapa lama makanan kucing tersebut habis.

3. Memberikan obat manusia saat kucingmu sakit

obat untuk manusia

https://www.flickr.com/photos/jonathansilverberg/9194590737/

Setiap obat dipergunakan dengan takaran dan frekuensi yang sudah ditentukan. Melebihi kadar yang ditetapkan dapat menimbulkan efek samping yang tidak kita inginkan. Bagi manusia, efek samping terhadap kelebihan takaran obat dapat segera diatasi karena manusia bisa berkomunikasi. Massa tubuh manusia yang relatif besar juga lebih mampu untuk menetralisir efek samping tersebut. Bagaimana kalau obat manusia itu kita minumkan ke kucingmu? Berapa takarannya dan seberapa sering frekuensinya? Kita bahkan tidak tahu apakah parasetamol misalnya sudah diteliti mampu dikonsumsi kucing. Obat manusia hanya untuk manusia, begitu pula sebaliknya. Jangan sampai kucingmu yang sedang sakit malah bertambah sakit dengan mengkonsumsi obat manusia.

BACA JUGA  Makanan Kucing Persia yang Bagus dan Sehat untuk Peliharaan Anda

4. Membiarkan kucing banyak main di luar

kucing bermain di luar

https://www.flickr.com/photos/55293400@N07/7822622690/

Kucing peliharaan seperti Angora maupun Persia berbeda dengan kucing liar. Kemampuannya menghadapi infeksi bakteri dan virus tentu lebih rendah dari kucing liar. Membiarkan kucing bermain lama di luar rumah apalagi pada lingkungan yang kotor dapat menyebabkan kucingmu terpapar berbagai penyakit. Kebersihan badannya juga bisa terganggu apalagi kalau dia main dengan kucing liar lainnya. Kucingmu yang awalnya bersih mungkin saja saat pulang malah membawa kutu.

5. Tidak rutin merawat kebersihan dan memeriksa kesehatannya

cek kesehatan kucing peliharaan

https://www.flickr.com/photos/62896794@N02/6926764111/

Kucing adalah hewan, bagaimanapun ia tidak mampu berbicara dengan manusia. Maka catlovers harus menjadi yang paling tahu tentang keadaannya. Buatlah agenda rutin membawa kucingmu ke dokter hewan untuk check up. Dengan begitu kamu bisa mengantisipasi potensi penyakit yang kemungkinan diderita kucingmu. Rajinlah menjaga kebersihan badannya misalnya dengan rutin grooming. Grooming selain berguna untuk membebaskan kucingmu dari kutu juga sangat penting untuk menjaga kesehatan bulunya, terutama kucing berbulu panjang seperti Anggora. Tidak rutin merawat kebersihan dan memeriksa kesehatan kucing dapat membawa ketidakmampuan kita mengatasi masalah kesehatan kucing kesayanganmu. Bukankah lebih baik mencegah daripada mengobati?

Itulah 5 kesalahan yang dapat berakibat buruk dalam memelihara kucing kesayangan kamu. Semoga informasi ini bisa bermanfaat buat catlovers.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *