Kebiasaan Si Kucing Sebagai Hewan Peliharaan

Bila kita bertanya pada orang saat ini, hewan yang populer di kalangan masyarakat ialah hewan peliharaan kucing. Meski tergolong hewan yang malas, sikapnya yang suka bermain dan tingkahnya yang manja menjadikannya hewan yang tepat sebagai teman bermain. Namun, sebelum memutuskan untuk memelihara, kita perlu tahu si “kucing” terlebih dahulu.

Kucing itu…
Hewan pemakan daging (karnivora) yang termasuk dalam bangsa kucing kecil. Selain ukuran yang membedakan dengan bangsa kucing besar, seperti harimau dan singa, bangsa kucing kecil memiliki suara mengeong (bagaimana dengan bangsa kucing besar?).

Kebiasaan si kucing
Suka menghabiskan sebagian besar kegiatannya dengan tidur. Tidak salah bila hewan ini dijuluki sebagai hewan pemalas. Selain itu, kucing sangat suka mandi atau yang biasa disebut grooming dengan cara menjilati bagian tubuhnya. Cara menjilati ini juga dapat menjadi ilustrasi ikatan antara anak kucing dengan sang induk. Kucing juga lebih menyukai suhu ruang, terutama bila di tempat yang memiliki 4 musim. Pada usia 30 hari biasanya anak kucing mulai mampu mengenali litter box sebagai tempat untuk buang air kecil (urinasi) dan buang air besar (defekasi). Kucing sangat menyukai belaian sehingga pada kucing sudah mengenal pemilik, biasanya dia akan meminta belaian dengan menyentuhkan kepalanya pada tangan pemilik. Jangan heran bila kucing juga suka berputar-putar dekat kaki sebagai bentuk mencari perhatian. Bahkan saat pemilik sedang tidur, diam-diam si kucing akan tidur disebelah pemilik bila tidak berada di kandangnya.
kucing bos tidur
Pemberian pakan untuk si “kucing”
Anak kucing atau biasa disebut kitten lebih sering makan dari kucing dewasa karena kebutuhan nutrisi yang diperlukan selama proses pertumbuhan. Tidak hanya usia kucing yang menentukan frekuensi makan, namun juga kondisi tubuh dari kucing tersebut. Bila kucing dalam kondisi menyusui, maka akan lebih sering makan daripada kucing yang bunting. Kucing juga memiliki beberapa hal yang unik berkaitan dengan selera terhadap pakan, yaitu kucing lebih peka terhadap aroma pakan daripada rasa pakan. Bila dibandingkan dengan manusia, penciuman kucing 10x lebih kuat dari manusia sedangkan pengecap kucing 19x lebih lemah dari manusia. Hal ini juga yang menyebabkan kucing tidak peka terhadap rasa manis.
memberi makan kucing
Selain itu, saat makan kucing lebih menyukai “sedikit demi sedikit” sehingga terkesan sebagai cemilan. Kucing akan makan 10-16 kali perhari dengan durasi 2-3 menit setiap kali makan. Hal ini berbeda dengan anjing yang “pasti habis” seberapapun banyaknya pakan yang diberikan.

BACA JUGA  Makanan Paling Ampuh untuk Kucing Persia

Hati-hati bila si kucing sakit
Bila si kucing yang biasanya suka bermain menjadi lesu dan lebih sering diam, mungkin si kucing sedang ingin bermalas-malasan. Namun, bila disertai nafsu makan yang menurun, maka kita harus mulai curiga bahwa mungkin kucing merasa tidak enak dengan kondisi badannya (sakit). Sebagai pemilik, sudah menjadi keharusan dalam memperhatikan kondisi umum si kucing. Beberapa hal yang dapat diamati oleh seorang pemilik adalah feses kucing yang dapat memberikan gambaran umum pada kondisi tubuh terutama bagian pencernaan melalui bentuk, konsistensi dan warna feses. Selain itu, adanya leleran pada hidung dan mata dapat menjadi indikasi juga seperti pada kasus demam. Hal-hal tersebut sangat membantu dalam mendiagnosa penyakit yang diderita si kucing ketika kita memeriksakan ke dokter hewan.

Pada beberapa situasi, biasanya pemiliki tidak sempat atau enggan membawa si kucing ke dokter hewan dan melakukan pertolongan pertama dengan memberikan obat sebagai salah satu media penyembuhan. Namun, tidak semua jenis obat dapat diberikan pada si kucing. Beberapa jenis obat yang dilarang pemberiannya pada kucing ialah obat yang berbahan paracetamol dan aspirin. Bila kucing sengaja diberikan obat-obat ini, bukannya sembuh, melainkan semakin parah bahkan dapat menimbulkan kematian akibat alergi terhadap obat-obat tersebut.

BACA JUGA  Jenis Makanan Kucing Kaya Nutrisi

Vaksinasi kucing itu penting
Mencegah itu lebih baik dari pada mengobati, begitu pula untuk si kucing. Vaksinasi sangat membantu menurunkan resiko si kucing terjangkit penyakit, terutama yang juga dapat beresiko menular terhadap pemilik, seperti rabies. Waktu yang tepat pemberian vaksin adalah setelah imun dari induk dalam tubuh anak kucing sudah hilang pada umur 9 minggu sehingga bila pada kucing yang sejak lahir sudah kita rawat, dibeli di petshop atau breeder, pada umur 8-10 minggu kucing disarankan memeroleh vaksinasi Tricat (Feline Panleucopenia, Rhinotracheitis,Calici) atau Tetracat (Tricat + Chlamydia). Kemudian pada umur 12-14 minggu, vaksinasi ulang (booster) dilakukan untuk mempertahankan sistem imun terhadap penyakit tersebut. Pada umur 20 minggu, booster dilakukan kembali disertai dengan vaksinasi rabies. Setelah itu, seluruh booster dilakukan setiap setahun sekali. Namun, untuk kucing yang liar, pemilik biasanya tidak mengetahui umurnya. Sehingga bila merasa ragu dengan vaksinasi, pemilik dapat mengonsultasikannya pada dokter hewan terkait jenis vaksinasinya.

Setelah mengenali si kucing, pemilik juga harus mempersiapkan diri dalam memeliharanya. Selain menyisihkan biaya dalam merawat kucing. Sikap bertanggung jawab dan peduli merupakan hal terpenting dalam memelihara hewan seperti kucing. Karena sifat yang dimilikinya, tentu pemilik harus menyisihkan waktu untuk mengajaknya bermain serta melakukan perawatan seperti grooming, kuku, telinga dan sebagainya. Sehingga kesejahteraan hidup hewan peliharaan kucing dapat terjamin dengan baik tanpa menurunkan kesehatan pemilik kucing. Komitmen dan perhatian dalam memelihara seekor kucing sangat dibutuhkan karena sifat yang dimilikinya.
vaksin kucing
Description : Hewan peliharaan kucing merupakan hewan favorit di masyarakat yang menjadi
teman bermain karena sifatnya yang manja, namun mengenal si kucing terlebih dahulu dapat menjadi langkah terbaik untuk dapat memberikan yang terbaik bagi si
kucing.

Sumber:
http://drhsubaedy.blogspot.com/2009/09/sebelum-anda-memilih-kucing-sebagai.html
http://www.kucingkita.com/perawatan-kucing/jadwal-vaksinasi-kucing
http://www.mohlimo.com/2014/04/keunikan-kucing-yang-mengagumkan.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *