Ingin Membuat Kandang Kucing Sendiri? Ikuti Cara Ini

Sebagai pencinta kucing, sangat penting untuk menjaga kenyamanan hewan kesayangan. Selalu menyediakan makanan yang sehat serta kandang kucing yang baik dan layak, adalah hal yang patut untuk dilakukan.

Bila kamu perhatikan dari tahun ke tahun, kandang kucing terus mengalami perubahan. Dari sisi desain memang menjadi lebih baik, tapi hal ini diikuti dengan kenaikan harga yang kadang mengundang dilema.

Di pasaran harga kandang kucing yang ada berkisar pada nominal Rp800.000,00 sampai jutaan. Memang ada beberapa jenis kandang dengan harga yang lebih terjangkau, tetapi kualitasnya agak meragukan.

Tentu kamu ingin memberikan yang terbaik untuk kucing kesayangan. Namun, harga kandang tidak sesuai kemampuan kantong. Jangan cemas, artikel ini bisa mengatasi kegundahan kamu.

Namun sebelum itu, kamu pun perlu mengetahui alasan kenapa kucing membutuhkan kandang yang sesuai. Simak ya.

Mengapa Kandang Penting untuk Kucing Peliharaan?

Pertama adalah karena kucing termasuk binatang yang sering diajak bersosialisasi oleh para pemiliknya. Untuk itu, peran kandang kucing sangat penting agar kucing kamu merasa nyaman di perjalanan. Ketimbang menggunakan tempat yang tidak standar untuk membawa kucingmu, jelas kandang adalah pilihan yang lebih layak.

Kedua, kandang kucing berperan penting sebagai tempat kucing beristirahat. Bila akan ditinggal untuk pergi sesaat tanpa pengawasan, menaruh kucing kamu di kandang adalah pilihan yang tepat.

Selain memudahkan dia memperoleh pakan dan minum, kandang akan meminimalisasi kemungkinan kucing kamu hilang. Kucing yang dibiarkan lepas terkadang naik ke tempat-tempat berbahaya bahkan hilang dari sekitar kediaman. Tidak jarang pula, kucing terperangkap di pekarangan orang lain.

kandang kucing ideal

petsworld.in

Sebagaimana yang sempat disebutkan sebelumnya, kamu akan memperoleh cara membuat kandang yang efektif. Jelas ini akan lebih hemat, tetapi menjamin kenyamanan kucing kamu.

Langkah paling awal yang harus kamu lakukan adalah menentukan bahan kandang. Perlu kamu ketahui, ada cukup banyak pilihan material sebagai bahan kandang. Namun, kamu harus memperhatikan kesesuaian bahan kandang dengan karakteristik kucing.

Material untuk Membuat Kandang Kucing

Ada banyak pilihan material yang bisa kamu gunakan untuk membuat kandang kucing sendiri. Bila kamu kreatif, kandang kucing buatan tangan tidak hanya terasa nyaman tapi juga enak dipandang.

Berikut adalah beberapa pilihan material yang bisa kamu gunakan untuk membuat kandang sendiri:

1. Kandang Kucing dari Alumunium

Alumunium termasuk sebagai material terbaik dalam membuat kandang kucing karena ringan dan tidak berkarat. Hal ini tentu menjadi salah satu pertimbangan penting. Bahan yang baik diharapkan akan memberikan kenyamanan dan kucing pun terjaga kesehatannya.

Namun sayangnya, bahan alumunium termasuk cukup tinggi. Harganya terbilang mahal untuk digunakan sebagai material pembuat kandang kucing.

membuat kandang kucing

i.ytimg.com

2. Kandang Kucing dari Kayu

Sebagai material pembuat kandang kucing, harga bahan kayu lumayan terjangkau. Kalau ingin lebih hemat. Kamu juga bisa menggunakan kayu-kayu sisa tidak terpakai disekitar rumah. Tentunya kayu-kayu sisa ini harus dibersihkan terlebih dulu, ya.

Kelemahan dari penggunaan material ini adalah masa pemakaian yang lebih singkat dibandingkan dengan jenis bahan kandang lain. Belum lagi, kayu cenderung mudah berjamur dan lapuk.

Bisa kamu bayangkan di dalam kandang itu kucing kamu akan makan, minum, dan buang kotoran. Hal-hal tersebut akan meningkatkan kelembapan kandang.

kandang kucing ekoomis

s4.bukalapak.com

Tidak hanya itu, sisa-sisa makanan dan kotoran yang menempel dalam kandang berpotensi menjadi lokasi tumbuhnya jamur. Efek sampingnya, si kucing bisa terinfeksi jamur dan jatuh sakit.

Kamu tentu tidak mau membiarkan kucing kamu yang lucu tinggal di kandang yang dipenuhi dengan jamur, kan?

3. Kandang Kucing dari Besi

Material besi adalah yang paling umum dan paling sering digunakan dalam membuat kandang kucing. Besi lebih kuat, tahan lama, dan masih terjangkau harganya.

Namun, bukan berarti pemilihan material ini sebagai bahan pembuatan kandang kucing tidak memiliki kekurangan. Material besi identik dengan karat.

Bila kamu kurang rajin dan teliti dalam membersihkan sisa makanan atau kotoran yang ada di dalam kandang kucing, karat bisa muncul dalam waktu yang singkat.

Tenang saja, karat tetap bisa dijauhkan dari kandang kucing berbahan baku besi. Caranya adalah dengan memilih cat yang baik untuk melapisi kandang kucing dari besi.

kandang kucing anti karat

ecs7.tokopedia.net

Cat khusus ini bisa menahan besi dari kemungkinan kandang untuk berkarat. Kucing kesayangan nyaman, kamu pun senang.

4. Kandang Kucing dari Pipa

Pipa juga adalah salah satu material yang bisa kamu pilih sebagai bahan pembuat kandang kucing. Harganya termasuk murah dengan daya tahan yang kuat, sehingga tahan lama.

BACA JUGA  Ini Dia 7 Cara Merawat Kucing Persia Dengan Benar

Hal yang perlu kamu perhatikan dari memilih bahan ini adalah proses pembuatan kandang. Jika kamu menggunakan pipa, terdapat kemungkinan kesalahan dalam menyatukan antar pipa. Akibatnya adalah membuat kandang mudah rusak dan hancur.

Jadi dengan kekurangan dan kelebihan masing-masing, manakah bahan yang paling sesuai dengan kebutuhan kucing kamu? Pastikan untuk menyesuaikan kemampuan dan kebutuhan saat memilih material. Dalam hal ini pertimbangkan pula kondisi iklim di wilayah domisili kamu.

kandang kucing yang aman

omkicau.com

kandang kucing yang aman

omkicau.com

Dalam membuat kandang kucing sendiri, kamu tidak hanya perlu mempertimbangkan mengenai bahan baku. Kamu juga harus memikirkan segala aspek yang mampu memenuhi kenyamanan kucing peliharaan selama berada di kandang.

Berikut kami pilihkan informasi mengenai hal penting yang perlu diperhatikan untuk membuat kandang kucing sendiri:

1. Ukuran Kandang Kucing

Selain material, hal yang penting untuk kamu perhatikan adalah ukuran kandang yang akan kamu buat. Salah satu cara menentukan ukuran kandang kucing yang baik adalah dengan melakukan pengukuran atas berat, panjang dan tinggi kucing yang akan kamu buatkan kandang.

Sesuaikan juga ukuran kandang dengan jumlah kucing yang akan menempati kandang tersebut. Bila kandang akan ditempati lebih dari seekor kucing, maka perhitungkan perbandingan antara berat, panjang, dan tinggi kandang, dengan luas kandang.

Jangan lupa untuk membuat ukuran kandang kucing pas dengan kebutuhan. Pastikan kandang tidak terlalu besar atau terlampau sempit.

kandang kucing yang luas

i0.wp.com

Kamu juga harus memastikan bahwa kucing merasa nyaman di dalam kandangnya. Ruangan di dalam kandang harus cukup luas, meski telah diletakkan tempat tidur, wadah makanan, dan minuman, serta litter box.

Bukan cuma itu, ruangan dalam kandang sebisa mungkin masih menyediakan tempat untuk kucing meregangkan tubuh. Kasihan, kan kalau kucing kamu merasa sesak di tempat tinggalnya sendiri.

2. Alas untuk Kandang Kucing

Memilih alas yang akan digunakan pada kandang kucing juga penting untuk kamu pertimbangkan. Usahakan memilih alas kandang kucing yang nyaman.

Beberapa alas kandang punya kemampuan untuk menyerap bau. Bahkan beberapa merek juga menyediakan alas yang beraroma wangi.

Jika kamu memutuskan menggunakan alas kandang dari plastik yang biasanya di jual di pasaran, maka pilihlah alas kandang dengan celah yang lebih kecil dibanding ukuran kaki kucing kamu. Hal ini bertujuan untuk mencegah kaki kucing masuk dan terjebak di antara celah.

Kamu juga bisa memilih alas kandang kucing dari bahan keramik, lho. Selain kuat, alas kandang dari keramik juga mudah dibersihkan dan tidak menimbulkan kotoran-kotoran seperti karat.

bersihkan alas kandang kucing dengan teratur

kandangkucingimut.files.wordpress.com

Setelah memilih alas untuk kandang kucing, jangan lupa juga untuk memilih alas untuk tempat-tempat tertentu di kandang. Seperti alas untuk tempat tidur, wadah makanan dan tempat buang air. Dalam hal ini, potongan-potongan kardus dan karpet bisa kamu gunakan.

Contohnya dalam membuat area untuk tidur di kandang kucing. Kamu bisa membuatnya dari potongan kardus dengan ukuran lumayan besar. Sebaiknya sesuaikan dengan ukuran tubuh kucingmu.

Jangan lupa untuk tetap memberikan potongan karpet di atas alas kardus yang sudah kamu buat. Hal ini bisa menjaga kucing tetap dalam keadaan hangat dan nyaman.

Untuk alas wadah makan dan minum di kandang kucing, kamu hanya perlu menggunakan karpet, kardus, atau mungkin keduanya. Dengan adanya alas tersebut, maka ceceran makanan akan lebih mudah dibersihkan.

Pada area pembuangan kotoran dalam kandang kucing, sebagiknya gunakan kardus sebagai alasnya. Alas kardus lebih mudah untuk ditumpuk pasir dan dibuang saat pasir sudah terlihat dipenuhi kotoran.

3. Jenis Kandang Kucing

Jenis kandang kucing dibedakan menjadi 2 yakni kandang untuk harian atau kandang untuk pengembangbiakkan (diternak). Sangat penting untuk mengetahui dan menentukan kandang apa yang akan kamu butuhkan sebelum memutuskan untuk membuat kandang kucing buatanmu sendiri.

Berikut ini adalah perbedaan kandang kucing harian dan kandang kucing ternak:

Kandang Kucing Harian

Berukuran kecil atau biasanya cukup menampung 2 ekor kucing dalam satu kandang. Di dalamnya hanya berisi tempat tidur, area untuk makan dan tempat untuk buang kotoran. Dalam kandang juga biasanya disisakan sedikit ruang kosong untuk kucing berjalan atau bersantai.

Kandang Kucing Ternak

Kandang kucing ternak memiliki ukuran dengan standar tertentu yang telah ditentukan oleh CFA (Cat Fanciers Association). Kandang ukuran dtandar adalah 4 x 6 meter persegi. Pada ukuran kandang ini, jumlah maksimal kucing yang boleh menempatinya adalah 12 ekor.

kandang kucing untuk beternak

4.bp.blogspot.com

Karena kandang kucing ini akan dimanfaatkan sebagai wadah beternak maka ada banyak lainnya peraturan yang harus kamu penuhi. Diantaranya adalah temperatur udara yang diatur sekitar 20 sampai dengan 25C, ventilasi udara yang baik, dan adanya pemisahan antara kucing jantan dewasa dari sesamanya. Hal ini akan menghindarkan kemungkinan berkelahi antara sesama pejantan.

BACA JUGA  5 Cara Mengenali Suara dan Tanda-tanda Kucing Ingin Kawin

Baiknya juga dalam satu kandang dibuat sekat-sekat tertentu. Tujuannya adalah sebagai bentuk antisipasi jika kucing tiba-tiba terinfeksi penyakit.

Terlebih bila kandang terisi dengan lebih dari 1 kucing. Keberadaan sekat akan meminimalisasi penyebaran dan penularan penyakit antar kucing yang tinggal dalam kandang yang sama.

 

Sesudah membaca penjelasan di atas dan mengetahui hal apa saja yang diperlukan untuk membuat kandang sendiri, kamu bisa mengikuti panduan membuat kandang kucing kayu, kandang kucing besi, dan kandang kucing pipa.

Kandang Kucing Kayu

membuat kandang kucing sendiri

ecs7.tokopedia.net

Alat dan Perlengkapan:

  • Kayu balok
  • Papan kayu
  • Kawat strimin
  • Kardus
  • Engsel pintu
  • Palu
  • Gergaji
  • Paku
  • Keramik
  • Karpet
  • Pasir
  • Wadah makan

Cara Membuat:

  1. Ukur panjang dan berat kucing kamu untuk disesuaikan dengan kandang yang akan digunakan. Contoh yang bisa kamu jadikan referensi, misalnya si kucing memiliki berat 4 kg maka ukuran kandang yang ideal dibuat adalah 95 cm panjangnya, 70 cm lebar dan tingginya.
  2. Pastikan ukuran yang kamu dapatkan disesuaikan dengan banyaknya kucing yang akan kamu letakkan dalam 1 kandang.
  3. Tentukan dimana kamu akan meletakkan tempat tidur yang dialasi dengan kardus dan karpet, tempat makan dengan meletakkan mangkuk makannya dan kardus berpasir untuk si kucing membuang kotoran.
  4. Potong kayu dan papan sesuai ukuran. Bentuk menjadi kandang.
  5. Jangan lupa membuat pintu yang sesuai ukuran untuk kucing keluar masuk.
  6. Dan kandang kucing pun sudah siap digunakan.
  7. Jangan lupa untuk meletakkannya di tempat yang teduh dan masih dalam pengawasan kamu ya.

 

Kandang Kucing Besi

kandang kucing besi buatan sendiri

ndikhome.com

Alat dan Perlengkapan:

  • Besi
  • Kawat strimin
  • Cat
  • Keramik
  • Karpet
  • Pasir
  • Wadah makan
  • Cat
  • Gergaji
  • Kardus

Cara Membuat:

  1. Beli besi ukuran 10 mm sebanyak 10 buah.
  2. Ukur dan potong menjadi tinggi 0,5 meter dengan panjang 1 meter atau sesuaikan dengan berat, tinggi dan banyaknya kucing yang akan dimasukkan dalam satu kandang.
  3. Susun dan bentuk menjadi persegi panjang.
  4. Satukan besi-besi dengan menggunakan kawat strimin.
  5. Beri alas dengan keramik agar kandang lebih mudah dibersihkan nantinya.
  6. Sama seperti dengan membuat kandang kucing dari kayu, tentukan juga letak kasur untuk tidur lalu letakkan kardus dan karpet di atasnya.
  7. Tentukan letak tempat makan dan letakkan wadah makan minum.
  8. Dan juga tentukan letak kucing untuk membuat kotoran lalu letakkan alas kardus dengan tumpukan pasir.
  9. Jangan lupa buat pintu dengan menggunakan engsel.
  10. Jika sudah selesai dan menyatu semua, cat keseluruhan kandang kucing menggunakan cat khusus besi.
  11. Letakan kandang di tempat yang sejuk.

 

Kandang Kucing Pipa

cara membuat kandang kucing

2.bp.blogspot.com

Alat dan Perlengkapan:

  • Pipa
  • Kawat jaring
  • Pipa T
  • Pipa L
  • Triplek
  • Engsel pintu
  • Gergaji

Cara Membuat:

  1. Potong pipa dengan ukuran 50 dan 20 cm .
  2. Buat kerangka kandang kucing berbentuk persegi panjang.
  3. Sambungkan pipa-pipa kecil yang telah dipotong dengan pipa T dan pipa L.
  4. Membuat engsel untuk pintu dengan memanfaatkan pipa T dan potongan pipa berukuran 3 cm.
  5. Ikat triplek pada pipa dengan menggunakan kawat jaring
  6. Sama seperti sebelumnya, tentukan dimana letak tempat tidur, tempat makan dan tempat membuang kotoran pada bagian dalam kandang.
  7. Beri alas keramik di bagian bawah kandang, agar kotoran lebih mudah dibersihkan.
  8. Letakkan karpet dengan alas kardus berbentuk persegi sebagai alas tidur kucing.
  9. Taruh wadah makan dan minum di tempat yang diinginkan.
  10. Isi kardus dengan pasir dan letakkan di dalam kandang sebagai tempat buang air kucing.
  11. Terakhir tempatkan kandang di tempat yang teduh dan bisa dipantau.

Itulah cara membuat kandang kucing dengan memanfaatkan tiga material yang mudah ditemukan dengan harga yang terjangkau. Kamu juga bisa mempertimbangkan membuat kandang dengan bahan lain, selama material yang akan digunakan aman bagi kucing kesayangan.

kandang kucing terbaik

i.pinimg.com

Membuat kandang kucing sendiri memang hemat, cepat, murah. Namun, jangan ragu untuk meminta bantuan mereka yang sudah pernah membuatnya.

Bahkan kamu bisa juga menanyakan pendapat sesama penyuka kucing di forum-forum hewan peliharaan. Jadi, sudah siap untuk mencoba membuat kandang kucing sendiri?

There is 1 comment for this article
  1. Diana aja at 17:15

    pengennya sih bikin kandanganya sendiri. tapi gak tau dimana beli-beli bahannya dan gak bisa merakit gak punya ketrampilan buat bikin kandang kucing. Jadinya cuma bisa beli aja kandangnya yang udah jadi. Padahal aku punya imajinas yang keren buat model kandang kucing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *