Kandang Kayu vs Kandang Besi, Mana Yang Terbaik Untuk Si Kucing?

Memberikan yang terbaik untuk kucing kesayangan memang jadi hal yang wajib dilakukan. Mulai dari memilih makanan yang tepat, perawatan yang sesuai, sampai ke aksesoris atau permainan untuk si kucing. Lalu bagaimana dengan memilih kandang kucing yang paling sesuai untuk kucing kita? Berikut kita simak ulasannya.

Cara Memilih Kandang yang Tepat

Memilih kandang kucing yang tepat dan nyaman memang gampang-gampang susah. Ibarat rumah, kandang yang sesuai dan nyaman bagi kucing akan sangat berpengaruh terhadap tumbuh kembang si kucing. Jangan sampai kucing merasa tidak nyaman dan tertekan saat berada di dalam kandang.

kandang kucing portable

https://www.flickr.com/photos/armydre2008/3769927502/

Penting untuk diingat, jangan pernah memilih kandang kucing hanya karena harga kandang kucing itu murah. Karena kandang kucing murah belum tentu sesuai dengan kondisi kucing kita. Murah bukanlah segalanya, meski kandang yang mahal belum tentu juga cocok bagi si kucing.

Yang perlu kamu perhatikan saat memilih kandang kucing adalah ukuran tubuh si kucing. Jangan memilih kandang yang ukurannya terlampau sempit bagi kucing. Patokannya adalah kucing masih dapat bergerak bebas, mondar-mandir di dalam kandang, meski kandang telah terisi dengan perlengkapannya seperti, tempat makan, tempat minum dan toilet pasir.

Selain ukuran kandang, ukuran pintu kandang yang proporsional sesuai tubuh kucing juga jadi patokan yang sangat penting. Kucing harus bisa keluar masuk kandang dengan nyaman. Untuk itu ukuran pintu layaknya di buat dengan ukuran yang sesuai tinggi dan lebar tubuh kucing.

BACA JUGA  Tips Memilih Kandang Kucing Persia yang Baik dan Nyaman

Jenis-jenis Kandang Kucing dan Spesifikasinya

Kandang kucing dapat di buat dari 3 jenis bahan. Bahan-bahan ini masing-masing memiliki kelebihan dan kelemahannya. Pilihan bahan yang digunakan untuk kandang adalah alumunium, kayu dan besi.

1. Kandang kucing berbahan alumunium

kandang kucing alumunium

youtube.com

Alumunium terkenal dengan keutamaan bahannya yang ringan dan tidak berkarat. Sehingga memilih bahan ini menjadi kandang hewan kesayanganmu bisa jadi opsi yang cukup baik. Sayangnya, harganya pun relatif termahal di antara bahan kandang lainnya.

Kandang berbahan ini meski juga harus dibersihkan secara rutin, namun lebih tahan terhadap kondisi lembab. Sehingga kenyamanan kucing kamu lebih terjamin. Ketahanannya terhadap karat menambah nilai plus bahan ini, selain daya tahannya terhadap jamur.

2. Kandang kucing berbahan kayu

kandang kucing kayu

ternakkucing.blogspot.com

Kayu rentan dengan jamur. Jika terlambat membersihkan, kotoran dan bekas minuman yang mungkin tumpah di dalam kandang bisa mendatangkan penyakit bagi si kucing. Selain juga tentunya bisa merusak kandang.

Harga kandang berbahan kayu memang relatif lebih murah dibandingkan kandang berukuran sama dengan bahan besi atau alumunium. Namun, ketahanannya tentu berbeda. Kandang berbahan kayu memiliki usia yang lebih pendek. Jadi, meski berharga murah ketahanannya tak begitu lama.

BACA JUGA  Cara Cerdas Memilih Harga Kucing Persia Anakan

3. Kandang kucing berbahan besi

kandang kucing besi

ceriwis.com

Bahan ini cenderung umum dimiliki berbagai pedagang hewan kecil dan sedang. Keutamaan bahan ini adalah sifatnya yang kuat dan tahan lama. Harganya juga relatif bersahabat meski harus waspada jangan sampai kandang kucing mu berkarat.

Karatan dapat terjadi pada kandang kucing yang terbuat dari besi. Terlebih jika kamu kurang rajin dan tidak rutin membersihkannya dari kotoran. Kandang besi umumnya diberikan cat pelapis di bagian lapisan luarnya.

Yang penting untuk kamu perhatikan, jangan gunakan cat biasa yang mudah mengelupas. Pilihlah cat untuk kandang yang memang khusus cat untuk bahan besi. Sehingga tahan lama. Adanya cat ini nantinya dapat menghindarkan karatan terjadi pada kandang kucing kamu.

Nah, dari paparan ketiga bahan kandang di atas yang mana yang paling sesuai dengan kucing kamu. Perhitungkan budget juga ya, karena salah satu alasan mengapa kandang besi jadi pilihan umum, adalah karena harganya yang menengah. Ingat guys kandang adalah rumah bagi kucing. Jadi buat pertimbangan yang matang ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *