Jenis Makanan Kucing Kaya Nutrisi

Kaum pecinta kucing atau Meongers pasti tahu kucing termasuk karnivora, omnivora, atau herbivora? Jawabannya ya kucing termasuk hewan karnivora. Hewan manis ini berbeda dengan karnivora lainnya, ia hanya dapat memproses protein dan lemak untuk menjadi zat yang dibutuhkan tubuhnya.

Kaum meongers yang pernah memberi makan kucingnya nasi harap hati-hati, kucing memang dapat memakan makanan yang mengandung karbohidrat tetapi pencernaannya tidak dapat memproses karbohidrat dengan baik. Hal ini dapat menyebabkan Si Meong obesitas dan kegemukan yang beresiko diabetes. Oleh karena itu kita patut memilah dan memilih jenis makanan kucing kaya nutrisi tapi tidak sembarangan

Sobat Meongers pasti bertanya-tanya jenis makanan apa sih yang nutrisinya baik untuk Si Meong. Pada umumnya ada dua jenis makanan kucing yang sering Sobat Meongers jumpai di pasaran yaitu makanan kering dan makanan basah yang biasa dibungkus dalam kaleng.

  1. Makanan kering (dry food). Makanan ini biasanya cocok bagi Si Meong. Pemberian makanan kering baik untuk kesehatan gigi, lebih tahan lama, dan umumnya lebih bergizi karena mengandung gizi tambahan.
  2. Makanan basah (kalengan atau wet food). Makanan basah atau kalengan kurang baik diberikan untuk jangka panjang. Makanan ini biasanya lebih berupa junk food bagi kucing. Makanan ini kurang baik bagi kesehatan gigi karena menyebabkan timbulnya plak dan karang gigi juga nutrisinya yang kurang lengkap. Kucing yang biasa diberi makanan basah atau kalengan biasanya agak susah berganti makanan terutama ke jenis makanan kering. Bagi Sobat yang sudah biasa memberinya makanan basah, perlahan harus dialihkan ke makanan kering, tapi jika sudah menimbulkan gejala-gejala mencret diharapkan untuk segera menggantinya. Lebih baik Sobat jangan dibiasakan memberi makanan basah atau kalengan.
BACA JUGA  Cara Memberi Makan Kucing Kesayangan

kucing dengan makanan pilihan

Diantara Sobat Mongers ini pasti sudah banyak yang menggunakan produk makanan kucing dalam bentuk kemasan. Sobat diharapkan jangan terpengaruh pada makanan kucing yang berharga murah, karena murah belum tentu baik. Jika sobat sering memberikan makanan dalam bentuk kemasan, biasakan teliti kandungan makanan yang tercetak pada makanan. Berikut ini beberapa acuan nutrisi yang perlu bagi kucing:

  • Kandungan protein tinggi, minimal 25 %. Semakin tinggi kandungannya biasanya lebih baik.
  • Rendah lemak, pencernaan lemak pada kucing sangat rendah.
  • pH rendah atau pH < 7 ( derajat asam tinggi)
  • Magnesium rendah. Kandungan magnesium tinggi dapat menyebabkan gangguan pada saluran kencing.
  • Asam arakidonat (arachidonic acid)
  • Vitamin dan mineral (Vit. A, B12, Niacin,Thiamin)

Sebagian dari Sobat ada juga yang tidak suka memberi makan kucingnya dengan produk-produk kemasan. Ya bagi Sobat yang memberi makan kucingnya dengan makanan non industri bisa memilih makanan yang mengandung protein seimbang. Berikut makanan-makanan yang mempunyai protein seimbang:

  • Daging : daging sapi, daging ayam, daging kelinci, bisa diberikan dalam bentuk daging mentah, tapi sebaiknya yang sudah masak, ya minimal direbus lah karena dimasak enak memerlukan biaya tinggi juga Sobat.
  • Ikan : ikan mengandung beberapa nutrisi yang dibutuhkan untuk Si Meong, tetapi jangan terlalu banyak memberikan ikan tuna karena tinggi asam lemak tak jenuh gandanya cukup tinggi dan dapat menguras asupan vitamin E pada kucing. Perlu diperhatikan ya Sobat, ikan yang diberikan berupa ikan segar bukan ikan-ikan sisa karena akan membuat sistem pencernaannya terganggu.
  • Kuning Telur : Sobat hanya boleh memberi kuning telurnya saja, putih telurnya mungkin bisa digunakan oleh kita contohnya sebagai masker jika dicampur dengan madu
  • Keju : keju merupakan sumber protein yang baik untuk Si Meong, karena terbuat dari susu. Jika Sobat tertarik untuk memberinya keju, maka lakukanlah secara bertahap, karena ada beberapa kucing yang tidak cocok memakan keju. Bila terjadi diare maka pemberian keju harap dihentikan, mendingan kejunya dimakan pemiliknya.
BACA JUGA  Makanan Paling Ampuh untuk Kucing Persia

makanan bukan untuk kucingSobat harus mengetahui juga makanan apa yang dilarang untuk Si Meong. Salah memberi makan sama dengan memberi penyakit kepadanya bahkan hampir membunuhnya. Sobat pasti gak mau kucingnya jatuh sakit dan meninggal. Makanan yang paling dilarang untuk kucing alias haram adalah cokelat. Makanan ini salah satu larangan yang paling di prioritaskan.

Cokelat bisa menstimulasi sistem saraf dan jantung semua spesies binatang. Efek yang ditimbulkan adalah muntah-muntah, kehausan, gelisah, peningkatan atau detak jantung tidak beraturan, demam, hingga kejang. Cokelat dilarang memasuki area tubuh Si Meong nih. Selanjutnya pemberian anggur dan kismis pada Si Meong akan menimbulkan gejala rasa haus yang meningkat, sering buang air kecil, lesu, dan muntah-muntah. Selain itu, bawang merah, bawang putih, xylitol pada permen karet contohnya, minuman beralkohol, dan alpukat dilarang diberikan pada kucing karena dapat menyebabkan Si Meong sakit bahkan kurus.

makanan kucing sehatSalah satu faktor penentu kualitas Si Meong adalah pemberian jenis makanan kucing kaya nutrisi. Pastinya sebagai penggemar kucing yang lucu, manis, sehat dan gemuk perlu memperhatikan jenis makanan yang diberikan dan asupan nutrisi yang diberikan. Jangan tertipu dengan makanan junk food  atau makanan kucing yang berharga murah, karena yang terpenting adalah kesehatan kucing Sobat Meongers.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *