Ingin Tahu Jenis Kucing Peliharaan Terpopuler dan Berapa Harganya? Ini Pembahasannya

Memiliki kucing lucu dan menggemaskan pastilah menjadi dambaan setiap pecinta kucing. Karena itulah, berapapun harga yang harus dibayar seringkali membuat para pecinta hewan ini tak keberatan. Tidak hanya harga kucingnya, namun juga biaya perawatan dan makannya, rela disiapkan oleh mereka yang menggilai binatang lucu ini. Nah, ingin tahu jenis kucing peliharaan terpopuler dan berapa harganya? ini pembahasannya!

Kucing Anggora

kucing anggoraJenis kucing satu ini menjadi primadona bari para pecinta kucing. Tubuhnya yang panjang ramping, dihiasi dengan bulu-bulu panjang, lebat, dan halus, adalah daya tarik dari kucing Anggora. Ia juga dikenal sebagai kucing yang cantik dengan hidung mancung elegan. Sifatnya yang enerjik dan mudah beradaptasi membuat banyak pecinta kucing ingin memilikinya. Jika kamu termasuk salah satunya, siapkan kantongmu dari sekarang ya.

Harga kucing Anggora ras asli bisa mencapai kisaran 4 juta hingga 7 juta rupiah untuk usia 3 bulan; dan kisaran 9 juta hingga 15 juta rupiah untuk usia 6 bulan. Jika ingin lebih murah, maka pilihlah hasil perkawinan kucing Anggora dengan kucing Persia, yaitu berkisar antara 600 ribu hingga 2,8 juta rupiah. Sedangkan hasil perkawinan kucing Anggora dengan kucing lokal adalah yang paling murah harganya, yaitu antara 200 ribu hingga 700 ribu rupiah.

Kucing Persia

kucing persiaSetelah Anggora, kucing Persia adalah ras kucing berikutnya yang memiliki banyak penggemar di Indonesia. Sama seperti Anggora, kucing ini juga berbulu panjang dan lebat. Hanya bedanya, badan kucing Persia lebih bulat dibanding Anggora. Jika Anggora adalah kucing yang enerjik, maka kucing Persia lebih tenang dan tidak berisik, serta lebih suka berada di dalam rumah.

BACA JUGA  Tips dan Trik Membeli serta Harga Kucing Anggora Anakan

Jika kamu ingin memiliki ras kucing menggemaskan yang satu ini, harga ras aslinya berkisar antara 5 juta hingga 8 juta rupiah untuk usia 3 bulan, dan 10 juta hingga 16 juta rupiah untuk ras Persia asli berusia 6 bulan. Jika kucing Persia sudah dikawinkan dengan Anggora, harganya berkisar antara 650 ribu hingga 2,2 juta rupiah. Dan, yang paling murah adalah jika kucing Persia dikawinkan dengan kucing lokal. Hasil perkawinannya dibandrol dengan harga 250 ribu hingga 700 ribu rupiah saja.

Kucing Himalayan

kucing himalayaJenis kucing hasil perkawinan ras Persian dengan kucing Siam ini memiliki bentuk fisik mirip dengan kucing Persia. Hanya bedanya, kucing Himalayan memiliki bola mata berwarna biru. Kekhasannya yang lain adalah ia memiliki bulu yang didominasi warna putih dan abu-abu di sekitar wajah dan cakar.

Sifat kucing Himalayan juga bertolak belakang dengan kucing Persia. Jenis kucing ini biasa dijual di pasaran dengan harga berkisar antara 10 juta hingga 15 juta rupiah untuk usia 6 bulan; dan 5 juta hingga 8 juta rupiah untuk usia 3 bulan.

BACA JUGA  Sekelumit Sejarah tentang Kucing Persia

Kucing Maine Coon

Kucing MaineCoonKucing cantik ini dipercaya sebagai nenek moyang dari ras Anggora. Bulunya yang tebal dengan perawakan panjang dan gagah, juga bentuk ekornya yang mirip musang adalah kekhasan kucing yang berasal dari Amerika ini. Kucing Maine Coon juga dikenal memiliki ketahanan tubuh sangat kuat. Kucing ini bersifat sangat aktif dan suka diajak bermain.

Tertarik untuk memilikinya? Harga jual kucing Maine Coon ras asli dan sudah bersertifikat adalah berkisar antara 12 juta hingga 15 juta rupiah di pasaran. Jika si kucing sudah pernah memenangkan kompetisi harganya bisa tembus hingga 100 juta rupiah.

Kucing Exotic

kucing exoticKucing ini juga memiliki ciri fisik sama dengan kucing Persia, hanya saja rambutnya lebih pendek. Kucing Exotic memiliki kepribadian lincah dan aktif, karenanya ia terkenal sebagai pemburu tikus yang handal. Dari segi perawatan, kucing Exotic juga relatif lebih mudah dari kucing Persia. Harga kucing Exotic di pasaran adalah berkisar antara 1 juta hingga 6 juta rupiah, tergantung dari kualitas, umur, warna bulu, dan ciri fisik si kucing.

Itulah penjelasan singkat tentang jenis kucing peliharaan terpopuler beserta kisaran harganya. Kamu berminat memiliki kucing-kucing tersebut?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *