Inilah 6 Jenis Kucing Paling Digemari di Indonesia

Di dunia ini, dari berbagai macam hewan peliharaan, kucing adalah salah satu hewan yang paling banyak dipelihara. Tampangnya yang imut, bulunya yang lembut, ditambah dengan tingkah lakunya yang lucu dan mudah menurut, adalah beberapa faktor yang membuat banyak orang jatuh cinta pada hewan satu ini. Dari berbagai macam jenis ras kucing, ada beberapa jenis kucing yang ternyata banyak digemari di Indonesia, lho! Secara khusus, Meongku sudah merangkumnya untuk kamu. Inilah 6 jenis kucing paling digemari di Indonesia!

1. Kucing Ras Indonesia

kucing ras indonesiaJenis kucing ini juga banyak disebut ‘kucing kampung’. Meski seringkali sebutan itu ditujukan pada kucing-kucing liar yang banyak berkeliaran di kampung dan komplek perumahan, namun ternyata kucing ras asli Indonesia ini banyak digemari para cat lovers. Secara fisik, memang kucing jenis ini terlihat biasa saja, bahkan tak secantik kucing-kucing berbulu lebat lainnya. Namun ternyata, kucing asli Indonesia yang juga sering disebut dengan ‘Kucing Jawa’ ini memiliki daya tahan tubuh yang lebih baik dibanding kucing jenis Anggora maupun Persia. Karena produk Indonesia asli, kucing jenis ini lebih mudah beradaptasi di lingkungan manusia, meski tak bertuan.

2. Kucing Anggora

kucing anggora anakan

kucing anggora putih, via: https://www.flickr.com/photos/apnoto/

Jenis kucing ini terkenal sebagai salah satu ras kucing tertua di dunia. Nama Anggora diambil dari daerah asalnya, yaitu Angora, salah satu wilayah di Turki. Sejak 1930, nama wilayah Angora berubah menjadi Ankara. Ciri menonjol dari kucing Anggora adalah tubuhnya ramping, panjang, dengan kaki dan ekor yang panjang. Kucing Anggora juga dilengkapi dengan bulu-bulu panjang yang cantik dan hidung mancung elegan. Kucing Anggora asli hanya memiliki warna putih di tubuhnya dengan mata biru, namun saat ini jenis kucing ini memiliki beberapa varian warna seperti hitam, coklat, dan blangtelon (tiga warna). Kucing Anggora juga dikenal energik dan mudah beradaptasi dengan pemiliknya.

BACA JUGA  Inilah Gambar Snoopy, Kucing Persia Eksotik Paling Terkenal di Instagram

3. Kucing Persia

kucing persiaSesuai namanya, moyang kucing ini berasal dari Persia (sekarang bernama Iran). Dari catatan sejarah, dikatakan bahwa jenis kucing ini ditemukan pada 1600 SM. Sama seperti Anggora, kucing Persia juga memiliki bulu yang lebat, panjang, dan cantik. Ukuran tubuh kucing Persia lebih gemuk dibanding kucing Anggora, dengan kepala bulat, moncong pendek, dan hidung lebar serta pesek. Rahang kucing Persia juga terkenal kuat dan besar, sehingga membuatnya terlihat chubby menggemaskan. Pembawaan kucing Persia tenang, tidak berisik, dan lebih suka berada di dalam rumah. Kucing Persia juga dikenal dengan sifatnya yang manja dan dekat dengan anak-anak.

4. Kucing Exotic

exotic shorthairBanyak orang menilai, kucing Exotic adalah versi bulu pendeknya kucing Persia. Ya, tidak berlebihan memang, karena memang secara bentuk fisik (selain bulu), jenis kucing ini sangat mirip dengan kucing Persia. Bahkan, banyak juga yang mengawinkan kucing Exotic dengan kucing Persia. Meski secara fisik tampak seperti kucing Persia, namun kepribadian kucing Exotic berkebalikan. Jika kucing Persia tenang dan tidak berisik, kucing Exotic lebih lincah dan aktif, karenanya ia terkenal sebagai pemburu tikus yang handal. Dari segi perawatan, kucing Exotic lebih mudah dibanding kucing Persia. Ia lihai membersihkan bulunya sendiri. Namun, kamu tetap harus menyisir bulunya, minimal sekali seminggu, untuk membantunya melepaskan bulunya yang rontok.

BACA JUGA  Penyakit Kulit Scabies Pada Kucing

5. Kucing Himalayan

kucing himalayanJika kucing Exotic adalah versi bulu pendeknya kucing Persia, maka kucing Himalayan tampak sangat identik dengan kucing Persia. Kucing Himalayan sering juga disebut kucing Persia Himalayan. Jenis ini merupakan hasil perkawinan ras Persia dengan ras Siamese (kucing Siam). Secara fisik, yang membedakan kucing ini dengan kucing Persia adalah warna bola mata dan pewarnaan bulunya. Kucing Himalayan memiliki bola mata cantik berwarna biru, sedangkan bulunya seperti kucing Siam, yaitu dominasi putih dan abu-abu pada wajah dan cakar. Sifat kucing Himalayan juga sangat bertolak belakang dengan Persian.

6. Kucing Maine Coon

kucing maine coonBulu yang sangat tebal dan anti air merupakan ciri utama kucing jenis Maine Coon. Karenanya ia sering mendapat julukan kucing salju. Nama “Maine Coon” didapat dari “Maine” yang merupakan daerah asal kucing ini, yaitu negara bagian Maine, Amerika Serikat; dan “Coon” yang diambil dari kata ‘raccoon’ (musang) karena ekor kucing ini mirip ekor musang. Secara fisik, kucing Maine Coon terkenal memiliki ketahanan tubuh yang sangat kuat, sehingga dapat bertahan di cuaca ekstrim sekalipun, karena ia cepat beradaptasi dengan lingkungannya. Kucing ini bersifat aktif, senang berada di sekitar pemiliknya, dan senang tidur di pangkuan, juga senang diajak bermain.

Demikianlah keenam jenis kucing yang paling digemari di Indonesia. Sudahkah kamu memelihara salah satunya?

There is 1 comment for this article
  1. Sindy at 14:41

    Kalau saya sekarang ini cuma pelihara kucing lokal aja ya, sebenernya dulu pernah pelihara anggora cuma dah lama mati. Sekarang cuma pelihara kucing lokal aja. Yang penting ngerawatnya bagus dah mereka semua bakal lucu juga. hehhehe…
    duh suka banget dah sama kucing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *