Jenis-jenis Ras kucing terpopuler di dunia

Kucing merupakan hewan terpopuler di dunia yang sering dijadikan sebagai hewan peliharaan dan tidak jarang juga menjadikannya sebagai peluang bisnis. Berbagai jenis ras kucing berasal dari berbagai Negara yang dikembangbiakan maupun dipelihara baik untuk kebutuhan hobi maupun kebutuhan pasar. Jenis ras kucing tertentu di setiap Negara memiliki bentuk dan karakter yang berbeda dan unik, seperti kelincahan, kecerdasan, keindahan dan ciri khas maupun sifatnya. Namun, tidak semua penggemar kucing mengetahui jenis ras kucing di dunia, karena lebih memperhatikan tampilannya.

Penting bagi penggemar kucing untuk mengetahui jenis ras kucing karena tiap ras memiliki karakter berbeda sehingga dapat memudahkan memilih kucing berdasarkan ras sesuai dengan karakter yang diminati. Ras kucing tertentu dapat menjadi terpopuler, dapat pula menjadi ras kucing termahal, begitu pun dengan sebaliknya. Terdapat sekitar 35 jenis ras di dunia yang dianggap paling sering diminati kalangan pecinta kucing, beberapa diantaranya menjadi populer di kalangan penggemar kucing, juga diantaranya terdapat harganya yang melambung tinggi dan harga yang paling rendah. Tulisan kali ini akan memfokuskan beberapa jenis ras kucing terpopuler di dunia diantaranya adalah,

  • Ras Persia atau kucing yang berasal dari Persia merupakan jenis kucing yang paling digemari karena memiliki rambut yang panjang, bentuk wajah bulat dan moncong pendek. Kucing jenis Persia sangat terkenal dengan karakternya yang bersahabat dan sangat setia dengan pemiliknya. persian putihUsia jenis kucing Persia ini dianggap paling tertua di antara semua ras kucing karena awal kemunculannya sejak akhir abad 19 yang saat itu pertama kali dikembangkan inggris dan juga dikembangkan oleh peternak Amerika setelah perang dunia ke dua. Secara nilai jual, harga jenis kucing Persia di pasaran cukup tinggi karena peratawat/pemeliharaannya yang rutin dan membutuhkan lingkungan yang nyaman
Baca juga 3+4 Hal yang Wajib Diketahui Sebelum Memelihara Kucing Persia
  • Ras Siamese, merupakan kucing yang dianggap sangat oriental karena belum diketahui asalnya, sedangkan Siamese modern terlihat ramping, fleksibel, elegan, serta memiliki tubuh yang berotot. Pada bagian kepala, terlihat seperti bentuk segitiga, moncong tipis dan matanya yang berbentuk unik. kucing siameseKekhasan yang dimiliki ras Siamese ini terletak pada bulu rambut pendek, lembut dan halus yang ditandai dengan skema warna khas. Karakter yang dimiliki ras Siamese ini adalah kecerdasan dan rasa penuh perhatian meski kadang suka berisik
  • Ras The Maine Coon, merupakan kucing dengan struktur tulang yang cukup besar, memiliki bentuk`tubuh persegi dan dikelilingi bulu panjang di sekujur tubuhnya. miane coonTerdapat perbedaan berat badan antara jantan dan betina, pada jantan rata-rata memiliki berat tubuh berkisar 12-18 pon sedangkan pada betina berkisar 10-14 pon. Jenis ras kucing ini dikenal dengan lembut, tangguh dan penuh kasih sayang. Sangat berbeda dengan ras Persia, ras the maine coon tidak memerlukan banyak perawatan terhadap bulu panjang seperti ras Persia.
  • Ras Abyssinian, merupakan jenis kucing peliharaan paling populer di kalangan shorthair Amerika Serikat. Rambut ras Abyssinian ini terlihat panjang, memadat, dan sangat lembut jika disentuh. Warna rambut pada ras ini sangat tidak biasa karena pada akar rambut berwarna lebih terang sedangkan pada ujung rambut berwarna gelap.
  • Ras Rogdoll merupakan ras kucing peliharaan yang berukuran besar, bertubuh kokoh, bingkai kaki yang besar juga proporsional. Pada bagian kepalanya sangat khas karena tampak matanya yang biru, selain itu berbulu halus dan lembut. Ras Rogdoll dikenal dengan sifatnya yang tenang, lembut, dan juga sangat jinak.
  • Ras Exotic Shorthair, merupakan jenis ras kucing dengan kepribadian lebih lembut dan tenang dibanding ras Persia. exotic shorthairKucing ras ini juga memiliki keunikan lain, misalnya jarang mengeluarkan suara seperti kucing pada umumnya dan sifatnya yang lembut ternyata memiliki keahlian memburu tikus.
Baca juga 7 Ras Kucing Tanpa Bulu yang Belum Kamu Ketahui
  • Ras Savannah merupakan jenis kucing berukuran paling besar diantara kucing peliharaan ada umumnya. Ras savannah terbentuk dari hasil perkawinan silang antara kucing serval dan kucing domestik. Di samping itu, kucing ini dapat dilatih berjalan di atas tali, memiliki jiwa sosial yang tinggi serta kepribadian yang ramah. Pada kesehariannya, kucing ras Savannah sudah sangat mirip dengan aktivitas manusia pada umumnya seperti membuka pintu, membuka lemari, senang mandi bersama pemiliknya dan segala hal lainnya.
  • Ras Burmesse merupakan jenis kucing yang dianggap shorthair asing di Negara Amerika Serikat memiliki mata seperti emas atau tampak kuning, berpeluang tampak mata biru atau hijau jika dikembangkan lebih lanjut. Hal ini pernah ada sebelumnya pada kucing ras asli burmesse yang memiliki mata biru nyata (Aqua). Selain itu, pada bagian kepala terdapat rambut lembut dan halus seperti kain satin serta berambut pendek sehingga tidak memerlukan perawatan tambahan. Kelebihan yang dimiliki ras burmesse ialah ras ini sangat percaya pada pemiliknya dan benar-benar memiliki ikatan kuat.
  • Ras manx, merupakan jenis kucing yang tulang belakangnya termutasi secara alamiah. Kondisi mutasi ini mengakibatkan ekornya berukuran pendek dibanding dengan kucing lainnya. Tipe jenis ras manx ini adalah tipe pemburu terampil, penangkap mangsa ukuran besar yang sudah terbentuk saat usianya masih muda. Ras kucing ini juga menjadi favorit para petani untuk menghalau hewan-hewan pengerat. Ras manx terlihat unik karena secara keseluruhan tampak bulat, seperti kepala bundar.
  • Ras Sphynx, yang biasa dikenal dengan kucing kanada meksiko adalah ras kucing dengan mantel bulu yang kurang sehingga membuatnya cukup hangat saat disentuh. Secara perilaku ras Sphynk berbeda dengan jenis ras lainnya karena mereka berperilaku ekstrovert (tertutup).
BACA JUGA  Apa Makanan Terbaik Bagi Kucing Persia? Ini Jawabannya

Ke sepuluh jenis ras kucing yang telah dijelaskan sebelumnya, dapat menjadi acuan/referensi tambahan bagiĀ  pecinta maupun pebisnis kucing yang menyukai karakter-karakter khusus. Ke sepuluh jenis ras kucing tersebut memiliki peluang bisnis yang sama, walaupun saat ini ras kucing Persia masih mendominasi pasaran bukan sesuatu yang mustahil dapat menjadi trend di komunitas pecinta kucing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *