Jenis-jenis Makanan Kucing Pilihan

Memberi makan pada kucing peliharaan anda tidaklah boleh sembarangan. Terutama jika kucing yang anda pelihara tersebut adalah kucing ras. Kucing ras memerlukan jenis-jenis makanan kucing pilihan untuk memenuhi asupan makanan mereka per-harinya. Jenis-jenis makanan kucing pilihan ini merupakan jenis makanan kucing unggulan yang banyak beredar di pasaran.

Ada banyak merk makanan kucing yang bisa anda pilih sesuai dengan kebutuhan kucing anda. Kebanyakan makanan kucing  untuk tiap merknya menyediakan jenis-jenis makanan kucing yang bervariasi. Beberapa merk bahkan menggolongkan jenis makanan yang di berikan pada jenis ras kucing yang berbeda. Berikut akan dibahas mengenai jenis dan karakteristik makanan kucing yang bisa anda pilih untuk kucing anda.

1. MAKANAN KERING (DRY FOOD)

Makanan kucing jenis ini adalah makanan yang paling mudah anda temukan dan anda pilih untuk menjadi makanan harian kucing kesayangan anda. Makanan Kering atau Dry Food yang diperuntukkan khusus kucing memiliki bentuk seperti sereal dengan bau yang khas dan disukai kucing. Pilihlah makanan kering yang sesuai untuk kebutuhan pertumbuhan dan perkembangan kucing anda. Perhatikan pula asupan gizi dan nutrisi yang ada di label belakang kemasan.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memberikan makanan kering pada kucing anda adalah anda harus tahu kualitas dari bahan dasar makanan itu sendiri. Jangan memilih makanan kering dengan label by-product yang merupakan tanda bahwa makanan tersebut memiliki bahan dasar dari bagian daging binatang yang memiliki manfaat kurang bagus, seperti dari bagian ceker, atau tulang. Konsultasikan hal tersebut dengan pemilik petshop atau dengan dokter hewan terdekat untuk memberikan makanan terbaik bagi kucing anda.

BACA JUGA  Cara Merawat Anakan Kucing Anggora dengan Mudah

makanan kucing kering

2. MAKANAN BASAH (WET FOOD)

Makanan Basah atau Wet Food adalah jenis makanan kucing yang biasanya dipilih menjadi makanan harian untuk kucing dibawah umur 5 bulan (kitten). Makanan basah dipilih untuk kittten karena makanan basah memiliki tekstur yang lembut, mirip seperti kornet yang disesuaikan dengan cara kitten mengunyah. Makanan basah yang lembut diharapkan tidak mengganggu pertumbuhan gigi pada kitten di usia dini. Pemberian makanan basah bisa dicampurkan dengan makanan kering apabila diperlukan.

3. MAKANAN ALAMI (RAW FOOD)

Makanan kucing jenis ini tidak lain adalah makanan kucing yang dapat kita buat sendiri. Makanan Alami atau Raw Food adalah makanan yang berasal dari daging yang kita masak sendiri untuk menjadi makanan kucing kita. Daging yang dipilih bisa berasal dari daging ikan, ayam, atau sapi. Pastikan daging yang anda berikan pada kucing anda sudah matang dan berukuran tidak terlalu besar agar dapat muat di mulut si kucing.

Pemberian makanan pada kucing kesayangan anda tentunya harus disesuaikan pula dengan kebutuhan gizinya. Kucing dengan usia 0-1 tahun (kitten) membutuhkan perhatian lebih dalam pemberian nutrisi dan gizi lewat makanannya. Berikan makanan basah atau makanan kering khusus kitten yang direndam dengan air hangat agar kitten dapat mengunyah makanan tersebut dengan baik. Olesi makanan tersebut pada mulut si kucing secara perlahan karena kitten tidak bisa langsung makan dengan sendirinya tanpa diajari.

makanan alami kucing

makanan alami kucing via: https://www.flickr.com/photos/finnfrode/

Untuk kucing dengan usia diatas 1 tahun (adult), pemberian makanan sudah bisa sepenuhnya menggunakan makanan kering atau jika diperlukan bisa dengan menggunakan makanan alami. Sediakan makanan dalam piring si kucing dan usahakan untuk terus mengisi piring tersebut jika makanan kucing telah habis. Berikan makanan pada kucing usia adult dengan nutrisi yang seimbang. Makanan yang memiliki jumlah nutrisi seimbang untuk kucing usia ini biasanya mencantukan kata ‘balanced’  atau ‘complete’ pada kemasannya.

BACA JUGA  5 Hal Ini Dapat Menyebabkan Suara Kucing Anggoramu Hilang

Pemberian makanan juga perlu diperhatikan bagi kucing betina yang sedang dalam tahapan hamil dan menyusui. Berikan makanan khusus kitten pada kucing betina dalam tahapan ini. Makanan kitten memiliki jumlah kandungan gizi yang lebih banyak daripada makanan khusus adult. Kucing betina pada masa hamil dan menyusui membutuhkan cakupan gizi yang tidak sedikit agar terus sehat dan dapat memberikan ASI yang baik bagi anaknya.

Makanan kucing yang baik tentunya diharapkan bagi para pemiliknya untuk dapat mendukung daya kembang dan tumbuh si kucing dengan maksimal. Perhatikan selalu asupan gizi dan kesehatan si kucing pada usia yang dihadapinya. Jenis-jenis makanan kucing pilihan tentunya dapat mendukung pertumbuhan si kucing jika diberikan dengan prosedur yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *