Inilah Kucing Exotic Shorthair yang Terkenal Itu

Kucing Exotic Shorthair atau yang biasa disebut kucing Exotic adalah kucing ras Persia yang berambut pendek. Kucing ini sangat sesuai untuk mereka yang suka dengan penampilan kucing Persia namun tak ingin direpotkan dengan segala urusan perawatan rambut Persia yang panjang. Kucing Exotic ini juga kadang disebut “Persia-nya orang pemalas” – bukan tidak mungkin julukan ini menginspirasi sifat karakter Garfield yang mengambil kucing Exotic sebagai modelnya.

garfield kucing exotic

Sejarah

Kucing Exotic ini pertama kali dikembangbiakkan karena para peternak kucing American Shorthair ingin mendapatkan warna rambut perak dan warna mata hijau milik ras Persia. Persilangan ini menghasilkan keturunan kucing yang berambut pendek dan berwajah lucu. Karena warna perak yang dimiliki kucing hasil persilangan ini, pada awalnya nama Sterling diberikan untuk ras baru ini, tetapi karena warna rambut kucing Sterling ini mulai beragam, maka namanya pun diganti menjadi kucing Exotic Shorthair. Kucing Exotic mewarisi rambut pendek dari American Shorthair karena gen rambut pendek adalah gen dominan.

BACA JUGA  8 Penyebab Bulu Rontok Pada Kucing Peliharaan

Pada tahun 2005, kucing Exotic diperkenalkan di Indonesia. Kucing ini tidak langsung meraih popularitas di Indonesia karena rambutnya yang pendek dinilai mirip dengan kucing kampung. Belakangan ini popularitas kucing Exotic meningkat tajam karena kepopuleran dan sulitnya perawatan kucing Persia, bahkan kucing Exotic ini adalah ras terpopuler kedua di Indonesia.

Karakteristik

Seperti kucing Persia, kucing Exotic mudah dikenali dari hidungnya yang pendek, alias pesek – bentuk hidungnya ini menjadi pembeda antara kucing Exotic dan domestik. Kucing berwajah manis ini berkepala bulat, bermata besar, berbulu pendek, halus, dan padat. Badannya cenderung kotak dengan kaki yang relatif pendek. Berat badannya dapat mencapai sekitar 3,5 – 6 kg. Meski kucing ini terlihat gemuk, namun sesungguhnya ia memiliki otot besar dan tulang yang kuat. Telinga kucing ini bulat, pendek, kecil, dan berjauhan dari telinga sebelahnya. Bulunya yang pendek dan tubuhnya yang chubby membuatnya terlihat seperti boneka teddy bear.

BACA JUGA  Inilah Foto 10 Kucing Termahal di Dunia

kucing exotic abu-abu

Kepribadian

Kucing Exotic mewarisi sifat penuh perhatian, lembut, dan pendiam dari kucing Persia. Saking pendiamnya, jarang sekali anda mendapati ia mengeong. Meski demikian, kucing ini termasuk manja, anda tidak akan mampu menolaknya saat ia meminta pelukan dengan tatapan imut dari mata besarnya. Dia akan terus mengikuti anda kemanapun anda pergi dan melompat ke pangkuan anda untuk mendapatkan perhatian yang dia inginkan. Tak jarang pula ia tertidur di pangkuan anda saat anda mengerjakan hal yang lain. Dari sisi American Shorthair, kucing ini mendapatkan sifat senang bermain. Mereka akan melompat kegirangan jika anda mengajak mereka bermain lempar tangkap. Kucing Exotic ini juga mudah terpesona akan sesuatu yang sederhana, seperti terkesan air keran.

Itulah sekelumit tentang kucing Exotic Shorthair.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *