Inilah 8 Cara Mudah Merawat Kucing Persia

Setiap pecinta kucing pasti mengetahui jenis-jenis kucing. Nah kali ini adalah pembahasan mengenai perawatan kucing persia. Banyak masyarakat yang menyukai kucing jenis ini dikarenakan kucing ini sangat lucu dan menggemaskan. Setiap hal yang ada dalam kucing ini membuat kita selalu ingin membeli kemudian merawatnya. Kucing persia tergolong kucing yang mempunyai harga cukup mahal dibandingkan ras kucing yang lain. Masa hidup kucing persia temasuk kucing yang mempunyai umur panjang yang umurnya berkisar  sampai 15 atau 20 tahun, sehingga membutuhkan semangat yang sangat tinggi untuk memeliharanya. Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya bahwa kucing persia tergolong kucing yang harganya mahal, jadi untuk anda yang berniat membeli tentu harus tau bagaimana cara merawat kucing ini. Berikut ini adalah beberapa hal dan tips yang penting untuk diketahui tentang cara mudah merawat kucing persia.

1. Kebersihan kandang kucing persia

Pastikan kandang kucing persia tetap bersih. Kucing persia adalah kucing yang tidak menyukai kandang yang kotor, kandang yang kotor dapat menyebabkan kucing persia menjadi mudah terserang penyakit. Kandang kucing persia juga harus kering dan tidak becek. Suhu kelembaban yang ada dalam kandang tidak bisa lebih dari 24 derajat. Kandang harus mempunyai velintasi yang cukup untuk memastikan kucing ini tidak terganggu saat bernapas dan juga mempunya makanan dan minuman yang cukup dan sehat. anak kucing persia di dalam kotak

2. Memandikan kucing persia

Usahakan kucing persia dimandikan 2 minggu sekali agar kucing ini dapat selalu sehat dan wangi.

3. Kebersihan pasir dan tempat membuang kotoran

Kemudian hal yang paling penting lainnya adalah kebersihan pasir untuk membuang kotoran kucing, tempat menaruh pasir ini harus dibersihkan dan di cuci dengan desinfektan atau cairan anti kuman agar tidak ada sisa kuman yang menempel pada tempat atau wadah tersebut dan harus dikeringkan dibawah sinar matahari langsung yang terik dan harus dipastikan bahwa tempat tersebut kering secara keseluruhan. Setelah dapat dipastikan tempat tersebut kering barulah kemudian di isi dengan pasir yang baru. Pasir yang baru juga dipastikan bersih tidak ada kutu didalamnya.

BACA JUGA  3 Kucing Ras Terfavorit di Dunia

4. Membawa kucing persia ke salon binatang

Usahakan kucing persia dikeramas kurang lebih satu bulan sekali dengan shampoo khusus kesehatan kucing yang dapat dibeli di pet shop. Potong kuku kucing dalam dua minggu sekali ketika kuku kucing mulai kembali tajam. Jika sedikit kesulitan untuk melakukan ini bawalah kucing ke salon binatang agar para ahli yang melakukannya.

5. Jenis pola makan kucing persia

Makanan kucing jenis ini tidak bisa sembarangan, harus diberikan makanan yang sehat seperti daging sapi mentah ataupun daging ayam yang sudah digiling agar sama seperti makanan pada habitat aslinya dan jangan memberikan ikan asin kepada kucing persia karena dapat menimbulkan kerontokan pada bulu kucing. Kemudian dindari obesitas atau kelebihan berat badan pada kucing dengan cara memberikan makan kucing tidak dengan porsi yang banyak melainkan sedikit namun berulang kali.

6. Menghilangkan kejenuhan pada kucing persia

Rajinlah membawa kucing ini bermain agar kucing tidak merasa jenuh atau bosan karena kucing bisa stress apabila terlalu lama mengalami kejenuhan. Biasakan kucing ini berjemur pada matahari pagi agar si kucing selalu sehat. Rajin menyisirkan bulu kucing dengan sisir khusus agar kucing tetap rapi. kucing persia lompat

BACA JUGA  Cara Merawat Bulu Kucing Persia Kesayangan Kamu

7. Vaksinasi

Usahakan satu bulan sekali kucing diperiksa ke dokter hewan agar diperiksa kesehatannya dan diberikan vaksin yang berguna agar kucing tidak mudah sakit dan tertular virus.

8. Jaga kebersihan mata, gigi, telinga dan bulu

Kemudian untuk yang memelihara kucing persia harus rajin membersihkan mata kucing karena mata kucing mudah kotor, dapat menggunakan tisu untuk membersihkan mata kucing. Lakukan pemeriksaan setiap hari apakah telinga kucing bersih atau terdapat kotoran. Gigi kucing yang sering memakan pakan basah rentan terhadap masalah gigi yaitu karang gigi dan gusi yang memerah dan harus segera dibersihkan.  Jika ada bulu kucing yang gimbal jangan mencabut bulu gimbal tersebut karena dapat menimbulkan luka pada kulit kucing dan dapat menyebabkan iritasi, cukup menggunting saja pada bulu yang gimbal.

Banyak yang harus diperhatikan pada cara perawatan kucing persia agar kucing selalu dalam kondisi yang baik dan sehat. Kucing persia merupakan ras kucing yang cukup sensitif dengan adanya gangguan pada dalam tubuhnya. Beberapa tips diatas semoga dapat membantu agar dapat merawat kucing persia dengan cara yang cukup mudah dan terjangkau. Semoga dapat bermanfaat dalam merawat kucing persia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *