Kucing Peliharaan Kamu Hilang? Coba 4 Cara Ini Untuk Menemukannya

Kucing peliharaan kamu hilang? Tetaplah tenang. Panik tidak akan menyelesaikan masalah. Segeralah mencari sebelum hewan peliharaan kesayangan kamu pergi menjauh. Bagaimana cara mencarinya? Temukan 4 cara mencari kucing peliharaan yang hilang di bawah ini:

1. Lakukan Pencarian Secara Efektif

mencari dengan efektif

https://www.flickr.com/photos/westmidlandspolice/7976035551/

  • Lakukan pencarian di sekitar rumah terutama di tempat-tempat favorit kucing peliharaan kamu dengan membawa senter, agar dapat melihat pantulan matanya jika dia bersembunyi di tempat gelap. Kamu juga dapat membawa mainan kesukaan kucing peliharaanmu, untuk memancingnya keluar.
  • Apabila kamu baru pindah rumah, disarankan mencari kucing peliharaan yang hilang di rumah lama. Jika tidak memungkinkan, kamu bisa menghubungi teman atau tetangga lama yang kamu kenal.
  • Panggil dengan suara lembut dan pelan agar kucing peliharaanmu yang tersesat tidak ketakutan.
  • Luangkan waktu untuk mendengar kucing kamu mengeong di setiap tempat yang di
  • Sterilkan suasana sekitar pencarian dari hewan peliharaan lain. Mintalah tetangga yang memiliki hewan peliharaan untuk masuk ke dalam rumah masing-masing.
  • Mintalah bantuan dari teman dan atau tetangga, namun beri arahan agar mereka tidak membuat kucing kamu yang sedang bersembunyi takut dengan gerakan yang tiba-tiba.
  • Tunjukkan foto kucing peliharaanmu pada orang-orang yang banyak menghabiskan waktu di luar rumah seperti anak-anak, pedagang mangkal dan lain-lain.
  • Teruskan pencarian di malam hari dengan menggunakan senter. Sebagian besar kucing peliharaan memilih bersembunyi dikala tersesat atau ketakutan. Mereka biasanya berpindah dari satu tempat ke tempat persembunyian lain pada malam hari.
BACA JUGA  Mitos dan Fakta Seputar Kucing Hitam

2. Mencari Berdasarkan Lokasi

mencari lokasi kucing

https://www.flickr.com/photos/richardghawley/3689989155/

Kucing biasanya bersembunyi pada tempat pertama yang dilihatnya seperti di bawah meja, lemari, tumpukan dedaunan dan tempat-tempat sejenis lainnya. Kucing peliharaan juga suka bersembunyi di tempat yang tinggi, tempat yang hangat terutama ketika cuaca dingin, di rumah atau halaman tetangga. Kucing peliharaan juga bisa saja terjebak di puing-puing, ruangan yang terkunci atau kamu bisa mencoba mencarinya di bawah mobil.

3. Memancing Kucing Untuk Kembali

memanggil kucing pulang

https://www.flickr.com/photos/aigle_dore/6225537439/

Doronglah kucing peliharaan kamu untuk kembali ke rumah di malam hari dengan melakukan panggilan lembut, menggoyangkan kotak kardus berisi makanannya, menaruh makanannya di depan rumah atau benda-benda berbau yang akrab dengan hidungnya. Kalau kamu memiliki alat monitor bayi, taruhlah di depan rumah terutama pada malam hari agar suara mengeongnya saat kucing kembali dapat terdengar jelas. Di siang hari, kamu dapat meminta bantuan anggota keluarga lain untuk menunggu di rumah sekiranya kucing kamu datang. Pada dasarnya, kucing adalah hewan teritorial sehingga ia akan datang kembali ke daerah kekuasaannya. Namun jika saat kucing kembali ternyata rumah kamu kosong, tidak menutup kemungkinan kucingmu akan kembali pergi berkeliaran.

BACA JUGA  Kucing Persia, Peliharaan Rumah yang Menggemaskan

4. Menyebarkan Berita

sebarkan kabar kucing

https://www.flickr.com/photos/mobilestreetlife/5026571976/

Genapkan pencarian kucing peliharaan yang hilang dengan menyebar berita kehilangan. Sertakan foto kucing, ciri-ciri spesifiknya, tanggal hilang dan nomor telepon kamu (usahakan nomor baru, menghindari penipuan) tanpa perlu memberi alamat rumah. Media penyebaran saat ini cukup beragam. Selain menyebarkan brosur di lingkungan sekitar rumah, kamu juga dapat memanfaatkan media sosial, komunitas pecinta hewan peliharaan, koran lokal, melaporkan ke polisi atau bahkan menyewa detektif pencari hewan. Memberi hadiah berupa uang dapat memotivasi orang lain mencarikan kucing peliharaan kamu yang hilang. Saat ada yang mengaku menemukannya, bertemulah di tempat ramai seperti taman untuk menghindari diri dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Demikian beberapa langkah yang bisa diambil saat kucing peliharaan kesayangan kamu hilang. Buat kamu para penyayang kucing, informasi ini cukup penting, bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *